Comscore Tracker

Jenderal Sigit: Polri Siap Amankan Seluruh Tahapan Pemilu 2024

Hal itu ditegaskan Jenderal Sigit di fun bike Bhayangkara

Jakarta, IDN Times - Mabes Polri menggelar fun bike Bhayangkara dalam rangka HUT Polri ke 76 tahun pada 1 Juli Mendatang. Dalam acara ini, selain dihadiri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, juga hadir Kasum TNI Letjen Eko Margiyono; KSAL Laksamana Yudo Margono; Wakasad Letjen Agus Subiyanto; dan Wakasau Marsma Gustaf Brugman, di lapangan Mabes Polri, Jakarta, Minggu (19/6/2022).

“Acara fun bike ini diikuti 33 ribu peserta dari Polri, TNI dan masyarakat di seluruh Indonesia yang start dari masing-masing Polda, dimaksudkan untuk menjaga sinergitas dan soliditas menghadapi Pemilu 2024," ujar Kapolri Jenderal Polisi Sigit Prabowo dalam sambutannya.

Baca Juga: Jelang Pemilu, Kapolri Perkuat Solidaritas dengan Fun Bike 

1. Polri siap amankan seluruh tahapan Pemilu

Jenderal Sigit: Polri Siap Amankan Seluruh Tahapan Pemilu 2024Acara fun bike Bhayangkara di Lapangan Mabes Polri. Foto: IDN Times/Eko Ardiyanto.

Sebelum memulai gowes dari lapangan Mabes Polri ke Bunderan Hotel Indonesia, kepada wartawan Kapolri menjelaskan jajarannya telah bertemu dengan KPU dan Bawaslu membicarakan persiapan tahapan-tahapan Pemilu 2024 yang sudah dimulai per 14 Juni lalu.

“Polri sudah bertemu dengan KPU dan Bawaslu membicarakan apa yang perlu diamankan oleh Polri dalam persiapan tahapan Pemilu, termasuk mempersiapkan personel-personel Polisi dan banyak hal yang telah disiapkan, untuk memastikan Pemilu berjalan dengan baik," tegas Kapolri.

Lebih lanjut Kapolri juga menegaskan bahwa yang harus dijaga termasuk dalam pelaksanaan pemilu adalah menjaga kesatuan dan persatuan, karena itu Kapolri mengajak masyarakat untuk menghilangkan kegiatan-kegiatan yang menimbulkan polarisasi di masyarakat.

Baca Juga: Kapolri Direncanakan Hadir dalam HUT Bhayangkara ke 76 di IKN

2. Fun Bike Bhayangkara digelar di seluruh Polda

Jenderal Sigit: Polri Siap Amankan Seluruh Tahapan Pemilu 2024Fun Bike Bhayangkara dalam rangka HUT Polri ke 76 tahun. Foto: IDN Times/Eko Ardhiyanto.

Selain di Jakarta, acara fun bike Bhayangkara ini digelar di seluruh Polda di Indonesia. Kapolri bahkan sempat menyapa beberapa Polda, antara lain Polda Sumatera Utara, Polda Bali dan Polda Sulawesi Utara.

Saat menyapa Polda Sumut, Kapolri berbincang langsung dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang menjelaskan soliditas, sinergitas dan kekompakan pejabat daerah bersama Polri dan TNI.

Adapun rute fun bike bayangkara yang digelar di Jakarta diawali di lapangan Mabes Polri menuju Bundaran HI, melintasi jalur Sudirman – Thamrin yang hari ini juga menggelar car free day, sehingga rute sepeda santai ini sangat penuh dengan masyarakat yang berolahraga.

3. Bersepeda kurangi dampak lingkungan

Jenderal Sigit: Polri Siap Amankan Seluruh Tahapan Pemilu 2024Warga bersepeda di kawasan BSD City, Tangerang, Banten (28/6/2020) (IDN Times/Herka Yanis)

Sigit mengatakan, kegiatan bersepeda dapat mengurangi dampak lingkungan serta menjadi alternatif alat transportasi di masyarakat.

“Harapan kita akan menimbulkan UMKM atau industri terkait yang tentunya bisa membuka lapangan pekerjaan,” ujar dia.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya