Koalisi Prabowo-Sandi Minta Dana IMF Dialihkan untuk Bencana

Tim Prabowo-Sandi menilai dana penyelenggaraan boros

Jakarta, IDN Times - Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto mengumpulkan ahli dan pakar ekonomi di kediamannya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, pada Jumat (5/10) malam. 

Pertemuan tersebut membahas perihal dana pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia. Prabowo-Sandi meminta agar dana triliunan rupiah itu dialihkan membantu korban bencana yang ada di Lombok dan Sulawasi Tengah (Sulteng).

Baca Juga: Kritik Dana untuk Acara IMF, Koalisi Prabowo Tak Kirimkan Delegasi

1. Minta dana dialihkan untuk korban bencana

Koalisi Prabowo-Sandi Minta Dana IMF Dialihkan untuk BencanaANTARA FOTO/Akbar Tado

Anggota Tim Ekonomi Prabowo-Sandi, Rizal Ramli meminta pemerintah agar dana untuk penyelenggaraan pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia di Bali dihemat dan dialihkan untuk membantu korban bencana alam di Sulawesi Tengah dan Lombok.

"Kami mendesak agar biayanya dihemat dan dimanfaatkan untuk korban bencana di Palu, Lombok dan Donggala," kata Rizal Ramli di kediaman Prabowo pada Jumat malam, seperti dilansir Antara.

2. Bisa dihemat hingga US$10 juta

Koalisi Prabowo-Sandi Minta Dana IMF Dialihkan untuk BencanaANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Rizal mengatakan, dana penyelenggaraan pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia bisa dihemat dari US$70 juta menjadi US$10 juta. Dia menilai bahwa tugas penyelenggara hanya menyediakan tempat, makanan dan transportasi sehingga sektor-sektor pengeluaran bisa dihemat.

"Kami sedih sekali, dalam suasana keprihatinan bencana di Sulawesi Tengah dan Lombok namun pemerintah menunjukan kemewahan dalam penyelenggaraan tahunan IMF dan Bank Dunia," ujarnya.

Baca Juga: Perbandingan Krisis 1998 dan 2018 Menurut Rizal Ramli

3. Koalisi Prabowo-Sandi tidak kirimkan delegasinya ke Bali

Koalisi Prabowo-Sandi Minta Dana IMF Dialihkan untuk BencanaANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Dalam pertemuan ini juga Koordinator Juru Bicara Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan bahwa koalisi Adil Makmur (koalisi Prabowo-Sandi) tidak akan mengirimkan delegasinya untuk hadir dalam pertemuan tahunan di Bali tersebut sebagai bentuk empati kepada masyarakat yang terkena musibah bencana di Sulawesi Tengah dan Lombok.

"Koalisi Adil Makmur sepakat sebagai bentuk empati kita kepada saudara kita yang sedang tertimpa bencana di Lombok, Palu, Donggala, maka koalisi Adil dan Makmur bersepakat tidak mengirimkan delegasi ke Bali terkait pertemuan Tahunan IMF dan Bank Dunia," ujar Dahnil Anzar.

Baca Juga: Persiapan Sudah Final, Tamu IMF Bali Membeludak Capai 32 Ribu

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya