Anas Dinilai Akan Sampaikan Unek-Unek dan Berdamai dengan SBY

Anas bebas dari Lapas Sukamiskin 11 April 2023

Jakarta, IDN Times - Pengamat Politik dari Citra Institute, Efriza, menilai eks Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, akan berdamai dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Perdamaian kedua belah pihak yang disebut-sebut pernah bertikai terkait polemik Mega Proyek Wisma Atlet Hambalang itu, terjadi setelah Anas bebas.

"Diyakini nanti AU (Anas Urbaningrum) bertemu dengan SBY, maka keduanya akan menyelesaikan konflik. AU akan mengeluarkan unek-uneknya, sedangkan SBY akan mendengarkan dan merespons," kata dia saat dihubungi IDN Times, Rabu (12/4/2023).

Baca Juga: Hirup Udara Bebas, Anas Kembali Berpolitik dan Legowo ke Demokrat?

1. Anas dan SBY akan berdamai seperti polemik dengan kader Demokrat lain

Anas Dinilai Akan Sampaikan Unek-Unek dan Berdamai dengan SBYSusilo Bambang Yudhoyono (SBY) (Twitter/@SBYudhoyono)

Fenomena politik damai antara SBY dengan kader Demokrat lain yang pernah terjerat kasus juga pernah terjadi. Di antaranya, SBY dengan Angelina Sondakh dan Andi Mallarangeng.

"Keduanya (Anas dan SBY) akan berdamai dalam konflik, seperti Angelina Sondakh dan Andi Mallarangeng," tutur dia.

Baca Juga: Anas: Politik 2024, Saya Ada di Depan, Tengah dan Belakang Teman-Teman

2. Anas tak akan adu polemik dengan SBY

Anas Dinilai Akan Sampaikan Unek-Unek dan Berdamai dengan SBYANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

Efriza menilai, Anas yang digadang-gadang akan garang pasca-bebas hanyalah emosional belaka, dan ingin menyenangkan pendukungnya. Oleh sebab itu, rencana Anas membuka halaman baru pertikaiannya dengan SBY tak akan terjadi.

"Pasca Anas Urbaningrum (AU) menghirup udara bebas, diyakini awal saja AU akan terlihat emosional, itu hanya untuk menyenangkan loyalis AU saja," ucap dia.

Baca Juga: Pulang ke Blitar, Anas Urbaningrum Tidak Akan Sampaikan Pidato 

3. Rencana Anas mengungkap kebenaran agar pesonanya tak redup di penjara

Anas Dinilai Akan Sampaikan Unek-Unek dan Berdamai dengan SBYMantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum (IDN Times/Santi Dewi)

Dosen ilmu pemerintahan Universitas Sutomo itu mengatakan, Anas digadang-gadang akan mengungkap kebenaran kasus Hambalang hanya sebagai upaya pesonanya tak redup di penjara.

"Itu hanya upaya AU saja saat masih dibui agar pesonanya tidak redup, masyarakat masih mengingatnya dan ia tetap diperhitungkan sebagai politisi kawakan," imbuh dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya