Dari Rano Karno hingga Hary Tanoe Nyaleg, Banten III Jadi Dapil Neraka

Banten III dapat jatah 10 kursi DPR RI

Jakarta, IDN Times - Daerah Pemilihan (Dapil) Banten III digadang-gadang jadi daerah pemilihan atau 'dapil neraka' pada Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI 2024 mendatang.

Hal itu dikarenakan dapil tersebut diisi oleh sejumlah tokoh terkenal, mulai dari mantan kepala daerah, anggota DPR periode 2019-2024, ketua umum partai politik hingga elite parpol.

Baca Juga: KPU Diminta Tampilkan Data Keterwakilan Perempuan di Tiap Dapil

1. Banten III dapat jatah kursi terbanyak di Provinsi Banten

Dari Rano Karno hingga Hary Tanoe Nyaleg, Banten III Jadi Dapil NerakaIlustrasi anggota legislatif dipilih lewat Pemilihan Legislatif (Pileg) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Alokasi kursi DPR RI diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2023 tentang Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu 2024.

Adapun jumlah kursi di Provinsi Banten mendapat jatah 22 kursi DPR RI dan terbagi atas tiga dapil. Dapil paling banyak berada di Banten III dengan jumlah kursi per dapil sebanyak 10 kursi, sedangkan Dapil Banten I dan II masing-masing 6 kursi.

Baca Juga: Formappi: KPU Tidak Cermat Jumlahkan Caleg di DCS

2. Anggota DPR RI petahana kembali maju

Dari Rano Karno hingga Hary Tanoe Nyaleg, Banten III Jadi Dapil NerakaSuasana Kompleks Parlemen Senayan di Jakarta, Senin (16/8/2021). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar.

Sementara, berdasarkan daftar caleg sementara (DCS) yang ditetapkan KPU. Berikut ini sejumlah figur yang masuk dalam Banten III hingga dijuluki 'dapil neraka.'

Terdapat sejumlah Anggota DPR RI periode 2019-2024 yang kembali nyaleg pada 2024. Di antaranya, Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra), Andi Achmad Dara (Golkar), Martina (Gerindra), Mulyanto (PKS), Muhammad Rizal (PAN), M Rano Alfath (PKB), Marinus Gea (PDIP), dan Zulfikar Hamonangan (Demokrat).

Baca Juga: Mahfud Sepakat Kejagung Tunda Pemeriksaan Capres-Caleg 2024, Kenapa?

3. Dapil Banten III, ada Hary Tanoe hingga Rano Karno

Dari Rano Karno hingga Hary Tanoe Nyaleg, Banten III Jadi Dapil NerakaKetua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) mendaftarkan bakal caleg ke KPU, Minggu (14/5/2023). (IDNTimes/Melani Putri)

Selain itu, di Dapil Banten III juga tercatat ada mantan presenter dan pengurus PSI Ratu Ayu Isyana Bagoes Oka. Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo pun ikut meramaikan pertarungan di Dapil Banten III.

Ada pula tiga nama yang pernah menjabat sebagai kepala daerah, yakni mantan Gubernur Banten periode 2015-2017 Rano Karno dan Gubernur Banten periode 2017-2022 Wahidin Halim.

Rano Karno maju melalui PDIP, sedangkan Wahidin Halim nyaleg dari NasDem. Mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rahmi Diany juga maju di Pileg 2024 dari Golkar.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: KPU Diminta Gelar Fit and Proper Test Komisioner KPU Papua Pegunungan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya