Duet Anies-Sandiaga Masih Berpotensi Terwujud di Pilpres 2024

Keduanya dinilai punya kapasitas dan kinerja baik

Jakarta, IDN Times - Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai duet Anies Baswedan dan Sandiaga Uno masih berpotensi terjadi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Pangi menjelaskan, pasangan Anies dan Sandiaga telah terbukti kompak memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017 lalu. Keduanya dinilai memiliki kemampuan berkampanye yang efektif dan mampu menarik elektoral.

Baca Juga: Kelakar Mardiono Merasa Rugi Sandiaga Hadiri Harlah ke-50 PPP

1. Kinerja Anies dan Sandiaga terbukti nyata

Duet Anies-Sandiaga Masih Berpotensi Terwujud di Pilpres 2024Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Instagram/@Aniesbaswedan)

Dia menilai, keduanya patut diperhitungkan bagi para elite politik sebagai penentu kebijakan di Indonesia. Pengalaman lima tahun terakhir memimpin Jakarta menempatkan Anies layak menjadi kandidat calon presiden (capres). Bahkan dalam berbagai survei, namanya selalu berada pada tiga besar kandidat capres paling potensial yang pada akhirnya diusung Nasdem.

Prestasi cemerlang juga terlihat pada kinerja Sandiaga sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

"Begitu juga dengan Sandiaga Uno, pengalamannya dan prestasinya di kementerian semakin membuat namanya tambah bersinar dan makin moncer, dan selalu menjadi sorotan media berkat kerja kerasnya membangkitkan kembali gairah pariwisata Indonesia pasca serangan wabah COVID-19," kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa (22/2/2023), mengutip ANTARA.

Baca Juga: Elektabilitas NasDem Naik Usai Deklarasi Anies, PKS dan Demokrat Turun

2. Duet Anies-Sandiaga punya potensi besar

Duet Anies-Sandiaga Masih Berpotensi Terwujud di Pilpres 2024Reno Esnir/ANTARA FOTO

Pangi mengatakan, kombinasi kedua tokoh itu sangat layak untuk dipertimbangkan. Mengingat prestasi dan kapasitas kinerja yang mereka miliki baik dari segi pengalaman, kapasitas intelektual, dan jaringan yang mereka miliki sangat relevan dengan kebutuhan Indonesia ke depan. Terlebih dalam menghadapi tantangan ekonomi yang semakin sulit.

"Temuan terbaru survei Voxpol Center Research and Consulting yang dilakukan pada November 2022 menunjukkan potensi yang sangat besar bagi pasangan Anies-Sandi untuk dipasangkan sebagai calon presiden dan wakil presiden," ucap dia.

Baca Juga: Fahri Hamzah Pilih Prabowo Ketimbang Anies, Ini Alasannya

3. Survei Voxpol ungkap elektabilitas Anies tertinggi

Duet Anies-Sandiaga Masih Berpotensi Terwujud di Pilpres 2024Anies Baswedan saat memberikan kuliah tamu di Universitas Oxford. (Dok/Anies Baswedan)

Dari sisi popularitas, Anies berada pada peringkat kedua dengan popularitas 80,7 persen dan Sandiaga berada pada peringkat ketiga dengan popularitas sebesar 77,4 persen. Sementara Prabowo berada pada peringkat pertama dengan popularitas 93 persen dan Ganjar berada pada peringkat keempat dengan popularitas 74,7 persen.

Dari sisi elektabilitas Anies meraih elektabilitas tertinggi sebagai capres dengan raihan 23,6 persen disusul Ganjar Pranowo 22 persen di peringkat kedua dan Prabowo subianto 18,6 persen diperingkat ketiga.

"Anies-Sandi akan naik kelas bukan hanya untuk Jakarta tapi untuk Indonesia," imbuh dia.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya