KPU Rapat Lanjutan Bareng Timses Besok, Bahas Format Debat Pilpres

Rapat lanjutan rencananya digelar di Kantor KPU RI, Jakpus

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana menggelar rapat lanjutan dengan perwakilan tim sukses (timses) paslon presiden dan wakil presiden untuk membahas format debat, pada Rabu (6/11/2023) besok.

"Rencana rapat lanjutan Rabu siang, 6 Desember 2024. Nanti kita komunikasikan dengan tim paslon," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam keterangan singkat, Selasa (5/11/2023).

Baca Juga: Bawaslu Usut Dugaan Pelanggaran Kampanye Gibran Libatkan Anak

1. Bahas format hingga moderator debat

KPU Rapat Lanjutan Bareng Timses Besok, Bahas Format Debat PilpresIlustrasi debat calon presiden dan wakil presiden jelang pemilihan presiden (pilpres) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Hasyim menuturkan, dalam rapat lanjutan itu akan membahas mengenai berbagai persiapan debat capres dan cawapres.

Selain itu, juga dibahas mengenai pematangan tema debat, panelis, hingga moderator.

"Rencana pembahasan, pertama format debat. Kedua, tema debat. Ketiga, panelis, dan keempat, moderator," ucap dia.

Baca Juga: Ini Jurus Prabowo-Gibran Atasi Persoalan Lapangan Kerja di Indonesia

2. Mau debat pilpres menarik, KPU tetapkan kriteria utama moderator

KPU Rapat Lanjutan Bareng Timses Besok, Bahas Format Debat PilpresIlustrasi penyelenggara pemilu. (IDN Times/Sukma Shakti)

Sebelumnya, Anggota KPU Idham Holik mengungkap syarat utama moderator debat capres dan cawapres pada Pemilu 2024.

Dia menuturkan, KPU menginginkan agar debat Pilpres 2024 berjalan menarik dan berkualitas.

Oleh sebab itu, KPU punya kriteria tersendiri dalam menentukan moderator debat. Idham menuturkan, figur yang jadi moderator tidak hanya punya keahlian berbicara di hadapan publik, tapi juga wajib punya kemampuan membujuk dan punya daya tarik.

"Yang jelas debat harus berkualitas dan menarik. Itu kriteria utama. Kira-kira agar itu menarik dan berkualitas perasyarat utamanya apa? Dia memiliki kemampuan public speaking yang persuasif, atraktif," kata Idham saat ditemui awak media di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (4/12/2023).

Baca Juga: Anies dan Muhaimin Akan Safari Natal 2023, Tepis Persepsi Intoleran

3. KPU akan tampung masukan dari semua paslon

KPU Rapat Lanjutan Bareng Timses Besok, Bahas Format Debat PilpresKomisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Idham Holik (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Idham mengungkapkan, KPU akan memutuskan nama yang menjadi moderator debat usai menggelar rapat koordinasi dengan perwakilan tiga paslon.

"Dalam pedoman teknis yang diterbitkan oleh KPU, berkenaan dengan moderator, KPU wajib menerima masukan dan tanggapan dari tim kampanye. Itulah pentingnya KPU mengadakan rapat koordinasi," ujar Idham.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya