Masuk Poster Reuni 212, Rizieq Shihab dan Abdul Somad Bakal Hadir?

Reuni 212 mulai digelar Jumat dini hari di Masjid At-Tin

Jakarta, IDN Times - Sejumlah ulama muncul dalam poster seruan Reuni 212 bertajuk 'Munajat Akbar Indonesia Bersholawat'. 

Reuni itu direncanakan bakal digelar di Masjid At-Tin, Jakarta Timur (Jaktim), pada Jumat (2/12/2022) dini hari. Agendanya, mendoakan Indonesia hingga korban bencana gempa di Cianjur, Jawa Barat.

Baca Juga: Tak Dukung Pencapresan Anies, PA 212: Takut Pecah Belah Umat

1. Rizieq, Bahar Smith, dan Abdul Somad ada di poster Reuni 212

Masuk Poster Reuni 212, Rizieq Shihab dan Abdul Somad Bakal Hadir?Poster digital Reuni 212 (dok istimewa)

Poster digital Reuni 212 yang beredar luas di jejaring media sosial, memperlihatkan sejumlah tokoh. Di antaranya Rizieq Shihab, Bahar Smith, hingga Abdul Somad.

Terkait hal tersebut, Penanggung Jawab Reuni 212, Yusuf Martak mengaku tak mengetahui lebih lanjut apakah tokoh-tokoh yang ada pada poster digital itu bakal hadir. Dia menegaskan, kehadiran sejumlah tokoh di Reuni 212 tergantung kebersedian masing-masing pribadi.

Meski begitu, dia memastikan foto tokoh yang terdapat dalam poster digital Reuni 212 itu sudah atas izin mereka.

"Foto-foto yang kita tampilkan itu atas persetujuan yang bersangkutan, adapun mengenai kehadiran atau ketidakhadirannya itu tergantung pada masing-masing personel yang ada di dalam foto itu," ucap dia saat dihubungi IDN Times, Kamis (1/12/2022).

"Jadi kita tidak bisa memastikan, atau wajibkan mereka hadir," sambung dia.

Baca Juga: FPI dan PA 212 Demo 411 di Istana, GNPR: Ini Bukti Cinta ke Indonesia

2. Acara Reuni 212 dimulai sejak dini hari

Masuk Poster Reuni 212, Rizieq Shihab dan Abdul Somad Bakal Hadir?Penanggung Jawab Reuni Aksi 212 Yusuf Martak dalam konferensi pers Reuni 212 (dok Istimewa)

Yusuf lantas menuturkan, acara direncanakan akan mulai digelar sejak dini hari pukul 02.00 WIB, dimulai dengan salat tahajud.

"Acara pada hari Jumat (2/12), mulai pukul 02.00 WIB, yang dimulai dengan salat tahajud, hingga pukul 09.00 WIB. Bawa alat salat, pakai masker, jaga protokol kesehatan, dan diharapkan mengenakan pakaian putih," kata dia.

Panitia acara saat ini terus berkoordinasi demi terselenggaranya acara Reuni Mujahid 212. Saat ini, persiapan acara sendiri sudah hampir rampung.

Dia menjelaskan, terkait masalahan perizinan, panitia 212 saat ini sudah mengantongi izin dari sejumlah pihak terkait, termasuk aparat kepolisian.

"Alhamdulillah, hingga kini persiapan panitia Reuni Mujahid 212 dengan mengusung tema Munajat Akbar dan Indonesia Bershalawat untuk Keselamatan NKRI hampir mencapai 90 persen. Sejumlah pemberitahuan dan perizinan telah dikantongi panitia," ucap dia.

Baca Juga: Tak Undang Anies, Panitia Reuni 212: Kita Hindari Politik Praktis

3. Dinilai ada pihak yang ingin menggagalkan Reuni 212

Masuk Poster Reuni 212, Rizieq Shihab dan Abdul Somad Bakal Hadir?Suasana Aksi Reuni 212 pada Kamis (2/12/2021). (IDN TImes/Irfan Fathurohman)

Sementara itu, Ketua Pelaksana Reuni 212, Abdul Qohar Al Qudsy menyayangkan, jelang acara tersebut digelar masih ada sejumlah pihak yang menggangu hingga mengancam membubarkan Reuni 212.

"Kami sangat menyesalkan masih ada sekelompok kecil yang secara sengaja dan sistematis, melakukan aksi-aksi ingin membatalkan kegiatan mulia ini," kata dia.

Abdul menjelaskan, beberapa upaya dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab supaya Reuni 212 batal digelar, di antaranya mengancam, provokasi massa, hingga mempersulit izin acara.

"Seperti ada pernyataan yang mengancam dan provokatif terkait penolakan dan ajakan untuk tidak menghadiri acara ini, tidak mengizinkan tempat, dan tak sedikit komentar-komentar negatif terutama di media sosial," ujar dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya