Moderator Debat ke-4 Pilpres 2024: Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar

Tema debat soal pembangunan berkelanjutan, SDA, lingkungan

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan daftar nama moderator dan panelis debat pilpres keempat yang akan diselenggarakan pada Minggu (21/1/2024) mendatang.

Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan, moderator dipilih sesuai dengan media penyelenggara debat. Kedua moderator itu ialah pembawa berita dari SCTV, Retno Pinasti dan dari Metro TV, Zilvia Iskandar.

Mellaz memastikan, pemilihan moderator dan panelis sesuai dengan keputusan rapat yang digelar KPU bersama tim perwakilan paslon dan media penyelenggara debat.

"Hari ini teman-teman, kami rapat sekali lagi untuk finalisasi persiapan pelaksanaan debat keempat. Debat akan dilaksanakan sebagaimana tenggat waktu yang sudah ditetapkan oleh KPU," kata dia di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (17/1/2024).

Berikut ini daftar nama panelis debat keempat:

1. Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng, S.H, M.H (Ahli Hukum Agraria dan Sumber Daya Alam, Universitas Hasanuddin).

2. Dr. Arie Sujito, SP M.Si, (Sosiolog Pedesaan/Dosen Fisipol UGM).

3. Prof. Dr. Arif Satria, SP. MSi (Ahli Ekologi Politik dan Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam, Rektor Institut Pertanian Bogor).

4. Dewi Kartika (Ahli Agraria/Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria).

5. Fabby Tumiwa (Ahli Transisi Energi/Direktur Eksekutif Institute Presedential Services Reform).

6. Prof. Dr. Ir. Haryadi Kartodihardjo, MS (Ahli Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Fakultas Kehutanaan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor).

7. Prof. Dr. Ir. Ridwan Yahya, M.Sc, (Ahli Kehutanan dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Teknologi Hasil Hutan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu).

8. Rukka Sombolinggi, SP, M.A (Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara/Ahli Masyarakat Adat).

9. Prof. Sudharto, P. Hadi, Ph.D, (Pakar Manajemen Lingkungan/Rektor Universitas Diponegoro 2010-2015).

10. Prof. Dr. Sulistiyowati Irianto, M.A, (Guru Besar Antropologi Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia).

11. Ir. Tubagus Furqon Sofhani, M.A, Ph.D (Ahli Perencanaan Wilayah dan Perdesaan Institute Teknologi Bandung).

Sebagaimana diketahui, debat keempat ini akan diikuti oleh ketiga calon wakil presiden (cawapres) yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Nantinya, dalam debat yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) itu, para cawapres akan beradu gagasan membahas soal pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Debat akan digelar pada Minggu, 21 Januari 2024, pukul 19.00 WIB. Adapun, media penyelenggara debat keempat ini ialah SCTV, Indosiar, dan Metro TV.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Cerita di Balik Layar Debat: Tiga Anak Capres Asyik Ngobrol Saat Break

Topik:

  • Sunariyah
  • Mohamad Aria
  • Fahreza Murnanda

Berita Terkini Lainnya