Survei: Mayoritas Santri, Abangan, Priyayi Jawa Pilih Ganjar di 2024

Ganjar mendominasi kalahkan Prabowo dan Anies

Jakarta, IDN Times - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru terkait pilihan politik kelompok santri dari etnis Jawa pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Hasilnya, mayoritas santri Jawa memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pendiri SMRC, Saiful Mujani, mengatakan dalam riset itu juga menunjukkan bahwa pada masyarakat muslim beretnis Jawa, kelompok warga yang mengidentifikasi dirinya sebagai santri semakin dominan. Namun santrinisasi kultural dan sosial tersebut tidak muncul dalam bentuk santrinisasi politik.

"60 persen warga Muslim Jawa yang mengaku santri memilih kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo," kata dia dalam konferensi pers hasil survei bertajuk Santri, Abangan, dan Pilpres 2024, Kamis (13/4/2023).

 

Baca Juga: Anas Urbaningrum Diprediksi Gabung PKN dan Dukung Anies di Pemilu 2024

1. Mayoritas santri, abangan, priyayi dukung Ganjar

Survei: Mayoritas Santri, Abangan, Priyayi Jawa Pilih Ganjar di 2024Ilustrasi santri di pondok pesantren. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Saiful Mujani juga menjelaskan secara rinci hasil dari temuan surveinya. Di kalangan santri Jawa, Ganjar unggul jauh dari lawan kuatnya, Prabowo hanya mendapat 20 persen, dan Anies 15 persen.

"Dalam tabulasi silang, dari 52,4 persen santri Muslim Jawa, 60 persen memilih Ganjar, 20 persen Prabowo Subianto, dan 15 persen Anies Baswedan. Ada 5 persen yang belum menjawab," ucap Saiful Mujani.

Sementara, di kalangan abangan, juga lebih dominan ke Ganjar sebanyak 58 persen, Prabowo mendapat 11 persen, Anies 14 persen, dan tidak jawab 16 persen.

"Kemudian terdapat 59 persen kalangan priyayi yang memilih Ganjar, 0 persen memilih Prabowo, 19 persen memilih Anies, dan tidak jawab 22 persen," tutur Saiful Mujani.

Baca Juga: PSI Terbuka Jika Koalisi Besar Tak Usung Ganjar sebagai Capres

2. Survei digelar pada Maret 2023

Survei: Mayoritas Santri, Abangan, Priyayi Jawa Pilih Ganjar di 2024ilustrasi survei (IDN Times/Aditya Pratama)

Saiful Mujani menegaskan, hasil survei SMRC itu digelar pada Maret 2023 yang fokus pada warga muslim yang beretnis Jawa di seluruh Indonesia. Ada 52,4 persen yang mengaku santri, 22,3 persen abangan, dan 1,4 persen priyayi. Namun masih ada 23,9 persen yang tidak menjawab.

"Saiful menjelaskan bahwa warga Indonesia yang beretnis Jawa sekitar 40 persen dari total populasi dan mayoritasnya adalah Muslim," jelas dia.

Baca Juga: Mahfud Dinilai Sulit Diduetkan Ganjar, Lebih Baik Jadi Cawapres Anies

3. Konsep tipologi priyayi, santri, dan abangan

Survei: Mayoritas Santri, Abangan, Priyayi Jawa Pilih Ganjar di 2024ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Guru besar ilmu politik Universitas Islam Negeri tersebut menjelaskan, bahwa tipologi priyayi, santri, dan abangan merupakan konsep antropologis. Konsep itu merupakan hasil penafsiran dari Clifford Geertz terhadap gejala keagamaan muslim di Jawa.

"Ada studi mutakhir tentang itu dan mengusulkan agar memperhatikan secara lebih serius konsep tipologi priyayi, santri, dan abangan. Katanya konsep itu masih berguna untuk membantu menjelaskan perilaku memilih di Indonesia," sambung Saiful Muzani.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya