Comscore Tracker

10 Buah dan Sayur Ini Pasti Kamu Tak Tahu Dulunya Berbeda

Pernah makan pisang yang ada bijinya?

Industri makanan yang kita nikmati saat ini ternyata banyak mengubah alam. Buktinya, buah dan sayuran yang sering kamu makan ternyata tak lagi seperti dahulu.

Percaya tidak percaya, wortel pada zaman dulu ternyata ada yang tidak berwarna oranye. Berikut ini beberapa buah dan sayur yang jauh berbeda jika dibandingkan pada masa lampau.

1. Pisang

10 Buah dan Sayur Ini Pasti Kamu Tak Tahu Dulunya Berbedasciencealert.com

Banyak jenis pisang yang sudah punah dan kebanyakan yang sudah menghilang itu adalah pisang yang punya rasa sedikit hambar dan punya biji. Sekarang pisang yang banyak kamu temui punya nama Cavendish.

2. Jagung

10 Buah dan Sayur Ini Pasti Kamu Tak Tahu Dulunya Berbedapassel2.unl.edu

Dahulu ada jenis jagung yang punya nama teosinte. Jagung ini punya ukuran yang kecil dan kurus. Modifikasi buatan membuat kita tak melihat lagi jagung teosinte.

3. Wortel

10 Buah dan Sayur Ini Pasti Kamu Tak Tahu Dulunya Berbedaid.pinterest.com

Jenis sayuran ini sering diidentikkan dengan warna oranye. Kenyataannya, di zaman dulu wortel juga ada yang berwarna ungu dan gelap. Penelitian yang mengatakan kandungan vitamin A di wortel oranye-lah yang membuat sekarang kita hanya melihat wortel dengan oranye.

4. Semangka

10 Buah dan Sayur Ini Pasti Kamu Tak Tahu Dulunya Berbedanationalgeographic.com

Semangka zaman dulu punya daging merah yang kecil dan didominasi daging putih.

5. Tomat

10 Buah dan Sayur Ini Pasti Kamu Tak Tahu Dulunya Berbedagardensthatmatter.com

Mirip dengan jagung, tomat zaman dulu punya ukuran yang sangat kecil sampai-sampai seperti beri. Warnanya pun lebih gelap daripada yang sekarang.

Baca Juga: 6 Fakta Tentang Tanaman Hasil Rekayasa Genetik yang Perlu Kamu Tahu

6. Apel

10 Buah dan Sayur Ini Pasti Kamu Tak Tahu Dulunya Berbedajewishchronicle.timesofisrael.com

Mungkin kamu masih menemui apel yang berwarna hijau, tetapi sudah sangat jarang. Dulunya diketahui apel punya rasa yang lebih asam daripada saat ini.

7. Terong

10 Buah dan Sayur Ini Pasti Kamu Tak Tahu Dulunya Berbedagoodhousekeeping.com

Bahasa Inggrisnya adalah eggplant. Jika diterjemahkan secara harfiah, itu artinya tanaman telur. Faktanya pada zaman dulu terong memang berbentuk seperti telur yang bulat karena bundar.

8. Timun

10 Buah dan Sayur Ini Pasti Kamu Tak Tahu Dulunya Berbedatwitter.com

Dikatakan timun di masa lampau punya bentuk berduri dan penuh dengan biji. Tak hanya itu, dikabarkan pula timun juga dulu beracun.

9. Alpukat

10 Buah dan Sayur Ini Pasti Kamu Tak Tahu Dulunya Berbedavintagevisualizations.com

Apakah kamu tahu kalau alpukat dulu punya daging yang sangat sedikit dan biji super besar? Itu menjadikan buah ini kurang menyenangkan untuk dimakan.

10. Persik

10 Buah dan Sayur Ini Pasti Kamu Tak Tahu Dulunya Berbedajameskennedymonash.wordpress.com

Persik berukuran sangat kecil di masa lampau, hanya sekitar 25 milimeter. Setara dengan cherry. Rasanya pun tidak mengenakkan. Namun sekarang persik punya ukuran 64 kali lipat lebih besar.

Bukan tidak mungkin juga di kemudian hari, tanaman-tanaman ini bakal berubah lagi dan tak seperti yang kita jumpai saat ini. Menurutmu apakah perubahan ini hal yang baik ataukah tidak?

Baca Juga: 10 Fakta Rekayasa Genetik yang Bermanfaat Bagi Kehidupan Manusia

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya