Comscore Tracker

10 Hewan paling Beracun dan Berbisa di Dunia, Selain Ular

Malah ada yang dari burung

Sedari dulu beberapa hewan memang terkenal digunakan sebagai senjata. Entah itu tulangnya yang dijadikan tombak, entah itu dagingnya yang dijadikan umpan. Dari beragam komponen itu, komponen yang ampuh dan sering pula dijadikan andalan senjata adalah racun.

Ada beberapa hewan terkenal yang punya racun sangat mematikan. Begitu fatalnya sampai manusia yang terkena tidak bisa bertahan lebih dari lima menit sebelum merenggang nyawa. Pertanyaannya, hewan apakah itu? Berikut ini 10 besar hewan paling beracun di dunia.

1. Platipus

10 Hewan paling Beracun dan Berbisa di Dunia, Selain Ularaljazeera.com

Pejantannya punya bisa racun di kakinya. Untuk manusia, racun tersebut bisa menimbulkan rasa sakit yang bisa bertahan hingga berminggu-minggu.

2. Katak panah beracun

10 Hewan paling Beracun dan Berbisa di Dunia, Selain Ularwonderopolis.org

Sesuai namanya, katak ini sering digunakan sebagai bahan baku racun panah. Ukurannya yang kecil, namun punya corak warna yang mencolok, memberikan peringatan kepada predatornya untuk tidak memakannya jika tidak mau celaka.

3. Ikan buntal

10 Hewan paling Beracun dan Berbisa di Dunia, Selain Ularkids.nationalgeographic.com

Ginjal, hati, dan hati ikan ini mengandung racun saraf. Manusia yang tidak sengaja memakan racun itu akan mengalami kelumpuhan dan gangguan fungsi organ. Karena berbahaya inilah, ikan buntal menjadi hidangan makanan yang mahal dan tidak bisa disajikan sembarang koki.

4. Kalajengking Merah India

10 Hewan paling Beracun dan Berbisa di Dunia, Selain Ularworldatlas.com

Tingkat kematian dari racun yang diberikan hewan ini mencapai 40 persen. Dengan cara menyerang kardiovaskular, seseorang akan mengalami sesak napas terlebih dahulu sebelum terenggut nyawanya.

5. Laba-laba funnel-web

10 Hewan paling Beracun dan Berbisa di Dunia, Selain Ularlivescience.com

Potensi tingkat berbahaya racun dari laba-laba ini dua kali lipat dari racun sianida. Untuk manusia sendiri, efek yang dirasakan adalah peningkatan tekanan darah, detak jantung yang tak beraturan, koma, lalu berujung kematian.

Baca Juga: 10 Racun Paling Berbahaya di Dunia, Membunuh dalam Hitungan Menit

6. Gurita cincin biru

10 Hewan paling Beracun dan Berbisa di Dunia, Selain Ularvistapointe.net

Ukuran gurita ini kecil. Kira-kira seukuran bola golf. Hanya saja racunnya mampu mengganggu fungsi pernapasan dalam waktu 10 menit.

Jika tidak diatasi selama 30 menit, maka kematian dipastikan datang. Permasalahannya hingga sekarang tidak ada anti racunnya.

7. Ular taipan darat

10 Hewan paling Beracun dan Berbisa di Dunia, Selain UlarInstagram/nicks_animal_facts

Dari berbagai macam ular berbisa, ular taipan darat adalah yang paling berbahaya. Satu tetes bisanya cukup membunuh 100 pria dewasa dan itu cukup berdurasi 45 menit saja.

8. Ubur-ubur kotak

10 Hewan paling Beracun dan Berbisa di Dunia, Selain Ularnationalgeographic.com

Karena transparan dengan warna air, ubur-ubur kotak menjadi sangat berbahaya karena banyak orang yang tidak sadar mendekatinya. Padahal racun satu ubur-ubur bisa membunuh 60 orang.

9. Bintang laut sisir

10 Hewan paling Beracun dan Berbisa di Dunia, Selain Ulari.pinimg.com

Bintang laut ini mengandung tetrodotoxin, racun saraf yang masuk dalam jajaran racun paling berbahaya di dunia. Racun ini terkandung dalam dagingnya.

10. Burung Pitohui berkerudung

10 Hewan paling Beracun dan Berbisa di Dunia, Selain Ularreddit.com

Sangat jarang ada burung yang beracun. Burung Pitohui punya racun neurotoxin di kulit dan bulunya, bernama homobatrachotoxin. Diperkirakan kandungan racun itu didapat burung Pitohui dari pola makannya, yaitu serangga.

Tidak mengagetkan kalau hewan-hewan paling beracun merupakan ular. Tapi burung? Siapa yang menyangka, bukan? Faktanya masih banyak hewan beracun yang berbahaya, tapi belum masuk di daftar ini. Apakah kamu tahu salah satunya?

Baca Juga: 5 Fakta Tikus Belalang, Hewan Kebal Racun yang Bisa Melolong

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya