Comscore Tracker

7 Tragedi Serangan Hewan Buas yang Fatal di Kebun Binatang, Naas!

Jangan langgar peraturan kalau gak mau terjadi hal macam ini

Pergi ke kebun binatang sangat menyenangkan. Melihat hewan-hewan dan belajar tentang mereka menjadi suatu perjalanan yang tak hanya menghibur, tetapi juga bermanfaat. Akan tetapi perlu diketahui saja ada peraturan yang harus diikuti para pengunjung, seperti menjaga jarak dengan kandang, khususnya yang menampung hewan agresif.

Bukan tanpa alasan, peraturan itu berguna untuk menjaga keselamatan pengunjung serta hewan sendiri. Tetapi yang namanya manusia selalu saja ada ulah untuk melanggar peraturan. Alhasil, terjadilah tragedi. Ini beberapa tragedi pelanggaran peraturan kebun binatang yang tercatat sejarah dan berakhir brutal.

1. Menerobos kandang harimau

7 Tragedi Serangan Hewan Buas yang Fatal di Kebun Binatang, Naas!wcpo.com

Maqsood dari India diterkam harimau pada Juni 2014 ketika dirinya mengunjungi Delhi Zoo. Pria tersebut terjauh dari pagar yang dia panjat dan masuk ke sarang harimau. Beberapa menit kemudian, Vijay, seekor harimau putih mendatanginya, menggigit leher Maqsood dan menyeretnya. Pria India tersebut meninggal karena luka yang dideritanya.

2. Mabuk dan menendang singa

7 Tragedi Serangan Hewan Buas yang Fatal di Kebun Binatang, Naas!dnaindia.com

Oregon Zoo ramai dibicarakan ketika 1970. Tiga pemuda yang mabuk menerobos masuk kebun binatang yang tutup tersebut dan berbuat bodoh kepada hewan-hewan di sana, seperti menendang penguin dan beruang. Tragedi terjadi ketika tiga pemuda itu masuk ke kandang singa.

Roger Dean Adams menendang kepala singa dan sangat disayangkan sang singa merespons hal itu. Kedua temannya mencoba menolong dengan melempar batu dan botol, namun tak berguna. Polisi datang dan menembak singa tersebut, tetapi Adam sudah ditemukan tak bernyawa.

3. Mencoba mengambil gambar harimau dari dekat

7 Tragedi Serangan Hewan Buas yang Fatal di Kebun Binatang, Naas!nypost.com

Demi mendapatkan gambar bagus dari dua harimau Bengal, Jayaprakash Bezbaruah rela melanggar peraturan kebun binatang Assam State Zoo. Dia memanjat pagar dan memasukkan tangannya ke kandang harimau itu dengan harapan bisa mengambil gambar.

Tiba-tiba saja dua ekor harimau menerkam dan mencabik-cabik tangannya, tepat di depan mata keluarga dan pengunjung kebun binatang. Bezbaruah dibawa ke rumah sakit, tapi tak selamat karena kehilangan banyak darah.

Baca Juga: 7 Hewan Ini Tak Disangka Pernah jadi Alat Transportasi dalam Sejarah

4. Jatuh ke sarang buaya

7 Tragedi Serangan Hewan Buas yang Fatal di Kebun Binatang, Naas!nzherald.co.nz

3 September 1977, anak berumur enam tahun David Mark Wasson terjatuh ke kandang buaya Miami Serpentarium dan diterkam buaya setempat. Tragedi tersebut terjadi ketika David digendong sang ayah dan diletakkan di atas pagar pembatas untuk bisa melemparkan anggur laut ke kandang.

Ketika sang ayah berbalik, David terjatuh. Seketika itu buaya bernama Cookie merespons secara instan, menancapkan taringnya ke dada David, mengoyak-oyak dan membantingnya ke tembok. David meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

5. Berenang di kandang beruang kutub

7 Tragedi Serangan Hewan Buas yang Fatal di Kebun Binatang, Naas!steppestravel.com

Juan Perez, anak berumur 11 tahun, bernasib naas. Dia kehilangan nyawanya akibat serangan beruang kutub karena mengikuti tantangan temannya untuk berenang di kandang hewan

Namun tak hanya sekedar berenang, Juan juga memprovokasi beruang setempat, membuatnya diserang. Butuh waktu lebih dari 20 menit untuk polisi tiba ke lokasi dan bisa menemukan dua beruang bertarung memperebutkan mayat Juan.

6. Dibanting gajah

7 Tragedi Serangan Hewan Buas yang Fatal di Kebun Binatang, Naas!lonelyplanet.com

Henry Vilas Zoo memiliki seekor gajah 23 tahun bernama Winkie. Winkie terkenal ramah di kalangan anak-anak, namun semua itu berubah pada 28 Juni 1966. Ruth Ellen Freedman ingin memberi makan gajah tersebut dan mendekati kandang gajah terlalu dekat.

Winkie meraih tangan Ruth lewat belalainya dan membanting gadis kecil tersebut ke terali. Tak hanya itu, Winkie pun menginjak-injaknya. Semenjak itu Winkie dibawa dan diasingkan ke pengembangbiakan hewan.

7. Dikepung anjing liar Afrika

7 Tragedi Serangan Hewan Buas yang Fatal di Kebun Binatang, Naas!wall.alphacoders.com

Kejadian ini terjadi pada 2012. Anak umur dua tahun bernama Maddox Derkosh memiliki nasib tragis di Pittsburgh Zoo. Maddox diletakkan di pagar pembatas dan tak sengaja terjatuh ke kandang anjing liar Afrika.

Terkenal sangat menjaga daerah kekuasaannya, 11 anjing liar langsung mengepung bocah kecil tersebut dan menyerangnya. Penjaga kebun binatang segera datang ke lokasi, namun sadar jika anak tersebut sudah kehilangan nyawanya.

Jika dipikir-pikir lagi, bukan salah hewannya menyerang karena orang-orang tersebut pun masuk ke wilayahnya tanpa izin. Serangan-serangan ini bisa dianggap sebagai tanda penjagaan wilayah saja.

Semenjak kejadian macam ini, peraturan kebun binatang semakin diperketat dan pengawasan diperkuat. Jadi coba pikir dua, tiga hingga lima kali lagi kalau ingin melanggar peraturan kebun binatang.

Baca Juga: Banyak Orang Baru Tahu 10 Fakta Tentang Hewan-hewan Kebun Binatang Ini

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya