Comscore Tracker

Literally, 10 Pekerjaan Luar Biasa Ini Pernah Dijabat oleh Para Kucing

Kamu kalah sama mereka

Kamu percaya tidak kalau hewan pun punya pekerjaan layaknya kita manusia? Lebih mengerikan, pekerjaan mereka malahan bisa menghasilkan uang yang jauh lebih banyak daripada pekerjaanmu.

Berikut ini adalah pekerjaan-pekerjaan yang pernah dijabat kucing selain sebagai model foto produk dan ilustrasi. FYI, this is real!

1. Kepala penangkap tikus

Literally, 10 Pekerjaan Luar Biasa Ini Pernah Dijabat oleh Para Kucingid.pinterest.com

Kucing bernama Larry ini tinggal di 10 Downing Street, kantor perdana menteri Inggris. Jabatannya adalah Chief Mouser, kepala penangkap tikus.

Jabatan untuk kucing ini sudah ada di Inggris sejak lama. Diperkirakan sejak abad ke-15.

2. Pengantar surat

Literally, 10 Pekerjaan Luar Biasa Ini Pernah Dijabat oleh Para Kucingmentalfloss.com

Pada 1876, kota bernama Liege di Belgia menyepakati jika kucing adalah hewan yang cocok untuk mengantarkan surat. Nantinya surat itu akan diletakkan di pengikat leher. Rekor pengantaran surat adalah lima jam, tetapi ada juga yang sampai dalam waktu 24 jam.

3. Awak kapal

Literally, 10 Pekerjaan Luar Biasa Ini Pernah Dijabat oleh Para Kucinglaughingsquid.com

Pada zaman peperangan, banyak orang yang harus tinggal di kapal. Dalam kendaraan besar terebut, banyak terdapat tikus.

Untuk mengatasi hal tersebut, awak-awak kapal pun membawa kucing demi bekerja membasmi tikus. Satu kucing yang terkenal adalah Pooli, yang mendapatkan beberapa penghargaan.

4. Informan CIA

Literally, 10 Pekerjaan Luar Biasa Ini Pernah Dijabat oleh Para Kucingdailymail.co.uk

Pada 1960, CIA pernah mencoba memanfaatkan kucing yang terlatih untuk memata-matai pemerintahan Soviet. Nama programnya adalah Project Acoustic Kitty, yang mana si kucing dipasang microphone dan penyadap untuk merekam secara rahasia pembicaraan. Proyek ini gagal. Kasihan juga sih kalau kucingnya ditanami benda-benda seperti itu.

5. Astronaut

Literally, 10 Pekerjaan Luar Biasa Ini Pernah Dijabat oleh Para Kucingreddit.com

Pada 1961, Prancis membuat program luar angkasa yang menerbangkan tikus ke atmosfer bumi. Beberapa tahun kemudian, mereka mencoba hewan yang lebih besar: kucing.

Pada 18 Oktober 1963, kucing bernama Felicette diterbangkan menggunakan Veronique AG1. Dia terbang sampai 161 kilometer dan kembali ke bumi selamat. Dia menjadi satu-satunya kucing yang bisa selamat dari penerbangan ke luar angkasa.

Baca Juga: Kucing 101: Ini Nama dan Asal-usul "Kucing Kampung" Indonesia!

6. Komposer musik

Literally, 10 Pekerjaan Luar Biasa Ini Pernah Dijabat oleh Para Kucinganndziemianowicz.com

Pada 1996, Rabbi Moshe Cotel mencatat notasi-notasi yang dibuat kucingnya, Ketzel, ketika berjalan di keyboard. Satu tahun kemudian, Paris New Music Review mengadakan kompetisi lagu di bawah 60 detik dan Cotel pun memasukkan lagu Ketzel tersebut yang diberi nama Piece for Piano: Four Paws. Karyanya itu mendapat honorable mention.

7. Walikota

Literally, 10 Pekerjaan Luar Biasa Ini Pernah Dijabat oleh Para Kucingkatzenworld.co.uk

Talkeetna punya walikota yang unik bernama Stubbs. Dia adalah kucing yang menduduki jabatan sejak 1998. Tentu saja perannya lebih ke arah simbolik ketimbang fungsional. Stubbs meninggal karena tua pada 2017 di rumahnya. Belum ada penggantinya sampai sekarang.

8. Pegawai bea cukai

Literally, 10 Pekerjaan Luar Biasa Ini Pernah Dijabat oleh Para Kucinglistverse.com

Ada kucing di Rusia bernama Rusik. Dia diadopsi oleh pegawai bea cukai di sana dan suatu hari dia berhasil mencium keberadaan caviar Caspian Sea yang diselundupkan. Setelah itu dia dipekerjakan sebagai pendeteksi barang selundupan, walaupun tidak lama karena posisinya digantikan anjing pelacak.

9. Asisten perpustakaan

Literally, 10 Pekerjaan Luar Biasa Ini Pernah Dijabat oleh Para Kucingreddit.com

Kamu bisa menemui beberapa kucing yang menjabat posisi ini di dunia. Salah satu yang terkenal adalah kucing bernama Kuzya yang bekerja di perpustakaan anak-anak negeri Novorossiysk.

Agar resmi diterima menjadi pegawai, dia harus mendapatkan passport hewan dan harus datang dengan seragam berupa dasi kupu-kupu. Bayarannya 30 kaleng Whiskas dalam sebulan.

10. Aktor

Literally, 10 Pekerjaan Luar Biasa Ini Pernah Dijabat oleh Para Kucingmirror.co.uk

Ada banyak pula kucing yang menerima tugas ini. Film-filmnya pun terkenal.

Contoh saja Ted Nude-Gent yang memerankan Mr. Bigglesworth di film Austin Powers: International Man of Mystery dan Crackerjack serta Pumpkin sebagai Crookshanks di Harry Potter and the Prisoner of Azkaban. Ada penghargaan untuk mereka bernama Picture Animal Top Star of the Year Awards (PATSY).

Kucing saja bisa mendapatkan pekerjaan seperti ini. Bagaimana denganmu? Pernah jadi aktorkah? Ayo, jangan kalah sama si kaki empat berbulu ini. Memangnya kamu mau diketawain mereka?

Baca Juga: 7 Kucing Imut Ini Diam-diam Berbahaya, Bak Serigala Berbulu Domba

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya