Comscore Tracker

8 Ciri-Ciri Kucing Berahi, Bersiaplah untuk Musim Kawin!

Ada baiknya mensterilkan mereka agar tidak sering melahirkan

Ada alasan mengapa kucing peliharaanmu sebaiknya disterilkan, khususnya si betina. Alasan utamanya agar dia tidak terus melahirkan mengingat hewan berkaki empat itu punya siklus kawin yang cepat. Tak hanya itu, mereka juga bisa melahirkan banyak anak sekaligus.

Jika kamu punya kucing betina yang belum disterilkan, sebaiknya bersiap-siap dengan siklus berahinya. Tidak seperti anjing, tanda-tanda fisik kucing berahi tak terlalu menonjol. Sebaiknya kamu mengetahui tanda-tanda atau ciri-ciri kucing berahi biar bisa mengantisipasinya.

1. Kucingmu suka mengeong

8 Ciri-Ciri Kucing Berahi, Bersiaplah untuk Musim Kawin!ilustrasi kucing mengeong (unsplash.com/Marlon Soares)

Terkadang suara yang ia keluarkan terkesan sedang stres. Padahal, kondisi mengeong tersebut merupakan panggilan kawin kepada para pejantan. Kondisi ini bisa terjadi selama beberapa hari sampai ia akhirnya kawin.

2. Kucingmu suka kencing di mana-mana

8 Ciri-Ciri Kucing Berahi, Bersiaplah untuk Musim Kawin!ilustrasi kucing kencing (thesprucepets.com)

Seperti jantan, kucing betinamu tiba-tiba akan banyak mengencingi beberapa objek sebagai upaya menandai teritorialnya. Kelakuan ini akan ditunjukkan dengan melihat-lihat permukaan yang ia rasa cocok, menaikkan ekornya, lalu baru mengencinginya.

3. Kucingmu mencari perhatianmu

8 Ciri-Ciri Kucing Berahi, Bersiaplah untuk Musim Kawin!ilustrasi kucing (purewow.com)

Jika kamu merawat kucing dengan baik, ia pasti akan menunjukkan tanda-tanda ingin mencari perhatianmu dengan cara mengeluskan badannya ke kaki atau bagian tubuh yang lain. Dalam kondisi birahi, kelakuannya akan sangat intens dan tak hanya dilakukan kepadamu, tetapi juga objek-objek mati, seperti lemari atau kursi.

4. Kucingmu suka menjilat alat kelaminnya

8 Ciri-Ciri Kucing Berahi, Bersiaplah untuk Musim Kawin!ilustrasi kucing (cats.lovetoknow.com)

Kucing yang masuk masa berahi suka menjilat alat kelaminnya. Namun perlu diwaspadai mengingat kondisi ini juga bisa menjadi gejala adanya masalah pada saluran kemih. Jika kucingmu suka menjilat alat kelaminnya tanpa disertai gejala berahi lainnya, segera bawa ke dokter hewan.

Baca Juga: 7 Gejala Kucing Menderita Gangguan Saluran Kemih

5. Kucingmu selalu ingin ke luar rumah

8 Ciri-Ciri Kucing Berahi, Bersiaplah untuk Musim Kawin!ilustrasi kucing (catster.com)

Bagi mereka yang punya kucing rumahan, gejala berahi akan terlihat kentara. Kucingmu akan sering menunjukkan tanda-tanda ingin ke luar dari rumah walaupun sudah diberikan tempat kencing dan buang air  besar sendiri.

6. Kucingmu tampak suka meregangkan tubuhnya

8 Ciri-Ciri Kucing Berahi, Bersiaplah untuk Musim Kawin!ilustrasi kucing postur estrus (vivipet.com)

Bukan sekadar meregang. Bahasa tubuh yang ditunjukkan kucing betinamu ini menunjukkan bagaimana dia siap untuk kawin dan mencari pasangan. Ini merupakan kode kepada para pejantan. Postur ini juga disebut lordosis.

7. Kucingmu tidak mau makan

8 Ciri-Ciri Kucing Berahi, Bersiaplah untuk Musim Kawin!ilustrasi kucing makan (scitechdaily.com)

Dalam kasus berahi, kehilangan selera makan bukan tanda kucingmu sedang sakit melainkan lebih ke arah memikirkan hal lain. Insting alaminya membawa tubuhnya untuk bersiap kawin, bukan  mencari makan. Umumnya kondisi tidak mau makan ini hanya terjadi kurang lebih selama dua minggu.

8. Kucingmu tidak bisa diam

8 Ciri-Ciri Kucing Berahi, Bersiaplah untuk Musim Kawin!ilustrasi kucing (min.news)

Kucing betinamu tidak bisa berhenti bergerak dan tampak tidak tenang. Entah itu dilakukannya dengan berguling-guling di lantai atau menggaruk-garuk pintu.

Itulah 8 tanda-tanda atau ciri-ciri kucing berahi yang bisa kamu antisipasi. Kondisi berahi ini bisa berjalan selama kurang lebih satu minggu dan dapat terulang bila sang betina tidak mendapat pasangan. Cara terbaik menanggulangi hal ini tentu saja dengan mensterilkannya. Dokter umumnya akan menunggu waktu berahi tersebut selesai terlebih dahulu sebelum melakukan upaya medis.

Baca Juga: 7 Fakta Virus Panleukopenia yang Mematikan, Pecinta Kucing Wajib Tahu!

Topic:

  • Abraham Herdyanto
  • Umi Kalsum
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya