Comscore Tracker

5 Peristiwa Bersejarah dalam Islam di Bulan Jumadil Akhir

Banyak hikmah yang dapat kita petik dari peristiwa ini

Kalender Hijriah dianggap sebagai salah satu dari empat kalender utama yang saat ini digunakan di seluruh dunia. Keempat kalender tersebut termasuk kalender Miladi, Hijriah, Cina, dan Persia atau Masehi. Tahun Hijriah mengacu pada berpindahnya Nabi Muhammad SAW atau yang disebut sebagai peristiwa hijrah dari kota Mekah ke kota Madinah pada tahun 622 M.

Umar bin Khattab adalah sahabat Rasulullah SAW sekaligus khalifah yang menetapkan penggunaan kalender Hijriah pertama kali. Penanggalan kalender ini terdiri dari 12 nama bulan, di mana pada saat ini sudah masuk ke dalam bulan Jumadil akhir. Inilah 5 peristiwa bersejarah Islam di bulan Jumadil akhir. Yuk, disimak!

1. Kelahiran dan kematian Fatima Az-Zahra' RA

5 Peristiwa Bersejarah dalam Islam di Bulan Jumadil Akhirilustrasi muslimah (unsplash.com/🇸🇮 Janko Ferlič)

Fatima RA adalah anak bungsu dari Khadijah RA dan Muhammad SAW yang lahir di Mekah antara tahun 605 M dan 615 M pada hari Jumat 20 Jumadil akhir. Dia lahir lima tahun setelah kenabian ayahnya dan tiga tahun setelah peristiwa Isra' Mi'raj.

Beliau mendapat sebutan Az-Zahra karena kadar keimanan dan moralnya yang tinggi. Imam as-Shadiq (a.s.) berkata, "Ketika dia berdiri di mihrabnya (untuk beribadah), cahayanya bersinar untuk penghuni Surga seperti bintang bersinar untuk penghuni bumi."

Fatima yang menikah dengan Ali bin Abi Thalib RA wafat di bulan ini selang hanya beberapa bulan setelah ayahnya, Rasulullah SAW meninggal dunia. Beliau mungkin dimakamkan di kuburan Jannat al-Baqi (juga dikenal sebagai Baqi), tetapi posisi pastinya tidak diketahui.

2. Kematian Harun Al-Rashid

5 Peristiwa Bersejarah dalam Islam di Bulan Jumadil Akhirilustrasi pria sedang berdiri di depan masjid (unsplash.com/Artur Aldyrkhanov)

Hārūn al-Rasyd ibn Muḥammad al-Mahdī ibn al-Mansūr al-ʿAbbāsī atau yang dikenal Harun Al-Rashid lahir di Iran pada tahun 766M dan meninggal pada 3 Jumadil akhir 809M. Beliau adalah khalifah kelima dinasti Abbāsid yang memerintah Islam di Baghdad yang diabadikan dalam kisah legendaris Seribu Satu Malam.

Selama 23 tahun ia memerintah sebuah kerajaan yang luas membentang dari Cina hingga berbatasan dengan India dan Bizantium melalui Mediterania ke Samudra Atlantik. Pada masa pemerintahan Harun Al-Rashid merupakan zaman keemasan Islam. Hal tersebut dikarenakan kekuatan ide-idenya dan kontribusinya terhadap pemikiran manusia, di mana ia membangun sekolah yang mahsyur yang disebut Baitul Hikmah. Banyak ilmuan islam yang muncul pada zamannya.

3. Kemenangan Ali bin Abi Thalib RA dalam perang jamal (bassorah)

5 Peristiwa Bersejarah dalam Islam di Bulan Jumadil Akhirilustrasi kumpulan unta di padang pasir (unsplash.com/Fernando Jorge)

Perang Bassorah atau perang jamal (unta) adalah pertempuran yang terjadi di Basra, Irak pada tahun 655 M. Perang ini terjadi antara pasukan yang bersekutu dengan Ali bin Abi Thalib RA dengan pasukan yang bersekutu dengan Aisyah RA yang menentang status Ali bin Abi Thalib RA sebagai khalifah.

Pertentangan tersebut terjadi karena Ali bin Abi Thalib RA dianggap tidak segera mencari tahu dan menghukum siapa yang bertanggung jawab atas pembunuhan khalifah Utsman bin 'Affan RA. Peristiwa ini adalah perang saudara besar pertama dalam Islam, di mana beberapa sahabat Rasulullah SAW gugur seperti Talhah ibn Ubaydullah RA dan Zubayr ibn al-Awwam RA. Perang ini dimenangkan oleh kubu Ali bin Abi Thalib pada 10 Jumadil akhir.

4. Kematian Ummu al-Banin RA

5 Peristiwa Bersejarah dalam Islam di Bulan Jumadil Akhirilustrasi seorang wanita (unsplash.com/Mohamed Nohassi)

Beberapa tahun setelah wafatnya Fatima Az-Zahra RA, Ali bin Abi Thalib RA menyatakan keinginannya kepada saudaranya Aqil bin Abu Thalib untuk menikahi seorang perempuan dan dia segera mengusulkan nama Fatima binti Hazam bin Khalid kemudian pernikahan terjadi segera setelah itu.

Beliau dikenal dengan panggilan Ummu Al-Banin karena dari pernikahannya dengan Ali bin Abi Thalib RA, dia melahirkan empat orang anak laki-laki yakni Abbas, Abdullah, Ja’far dan Utsman. Beliau wafat pada 13 Jumadil Akhir dan dimakamkan di pemakaman Baqi.

5. Kematian Abu Bakar Ash-Shiddiq RA

5 Peristiwa Bersejarah dalam Islam di Bulan Jumadil Akhirilustrasi kuburan muslim (unsplash.com/Levi Meir Clancy)

Sahabat Rasulullah SAW ini adalah lelaki dari kalangan dewasa yang pertama kali memeluk Islam sekaligus menjadi khalifah pertama sepeninggal Nabi Muhammad SAW. Dalam masa pemerintahannya yang singkat selama dua tahun, beliau berhasil menyatukan kembali semenanjung Arab dan memulai penaklukan di Suriah dan Irak. 

Pada masa pemerintahan Abu Bakar RA juga pertama kalinya diperintahkan untuk menulis dan menyusun wahyu-wahyu yang diturunkan kepada Rasulullah SAW dalam bentuk mushaf seperti yang kita ketahui sekarang. Ayah dari Aisyah RA ini meninggal pada 22 Jumadil akhir dan dimakamkan di sebelah makam Rasulullah SAW.

Banyak yang dapat kita pelajari dari peristiwa bersejarah Islam pada bulan Jumadil akhir. Semoga kisah di atas dapat menginspirasi kita untuk terus mengamalkan nilai-nilai Islami dalam kehidupan sehari-hari, ya.

Aii gie Photo Verified Writer Aii gie

Seorang virgo bergolongan darah O.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya