Comscore Tracker

9 Fakta Sejarah Sealand, Negara di Atas Benteng Laut Lepas

Luasnya dua kali lapangan tenis, bagaimana bisa terbentuk?

Setiap negara di dunia memiliki wilayah sebagai tempat tinggal penduduknya. Luas wilayah setiap negara pun beragam, mulai dari yang terluas sampai yang terkecil. Luasnya wilayah bukanlah menjadi halangan untuk terbentuknya sebuah negara. Seperti negara yang berada di 9,6 laut lepas dari pantai Suffok Inggris yaitu Sealand.

Umumnya sebuah negara berdiri kokoh di atas pulau, namun berbeda dengan Sealand, negara ini berdiri kokoh di atas sebuah benteng di atas laut. Uniknya lagi, luas negara ini hanya 550 meter persegi. Tidak ada apa-apa di sekitar benteng ini, hanya hamparan air laut yang terlihat.

Dilansir Britannica, Sealand tidak diakui sebagai negara secara resmi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa meskipun seringkali Sealand digambarkan sebagai negara terkecil di dunia. Lalu, bagaimana negara Sealand bisa terbentuk? Berikut beberapa fakta sejarah Sealand.

1. Sealand berdiri di atas benteng bekas yang bernama Fort Roughs

9 Fakta Sejarah Sealand, Negara di Atas Benteng Laut Lepasbenteng Fort Roughs (flickr.com/Ryan Lackey)

2. Fort Roughs merupakan salah satu dari beberapa bekas benteng pertahanan Inggris yang dibangun selama masa Perang Dunia Kedua 

9 Fakta Sejarah Sealand, Negara di Atas Benteng Laut Lepasbenteng Fort Roughs (flickr.com/Ryan Lackey)

3. Pada awal tahun 1950-an benteng yang didirikan di perairan internasional tersebut ditinggalkan Inggris karena dibangun secara ilegal 

9 Fakta Sejarah Sealand, Negara di Atas Benteng Laut Lepasbenteng Fort Roughs (flickr.com/Ryan Lackey)

4. Tahun 1960, Roy Bates (Mayor Inggris) mendirikan stasiun radio di benteng Knock John sebagai bentuk berontak atas perlakuan BBC yang membatasi penyiaran di Inggris

9 Fakta Sejarah Sealand, Negara di Atas Benteng Laut Lepasilustrasi pemancar frekuensi radio (flickr.com/Frans de Wit)

5. Roy Bates diancam pemerintah Inggris atas status legalitasnya di benteng Knock John yang menyebabkan Roy meninggalkan benteng tersebut 

9 Fakta Sejarah Sealand, Negara di Atas Benteng Laut Lepasbenteng Knock John (flickr.com)

Baca Juga: 10 Fakta Unik Negara Chechnya, Dipimpin Presiden Termuda di Dunia

6. Di akhir tahun 1966, Roy mencari benteng pengganti dan menempati benteng Fort Roughs sebagai tempat penyiaran stasiun radionya 

9 Fakta Sejarah Sealand, Negara di Atas Benteng Laut Lepasilustrasi Roy Bates mencari lokasi benteng pengganti (flickr.com)

7. Pada 2 September 1967, Roy memutuskan mendirikan negaranya sendiri di atas benteng Fort Roughs 

9 Fakta Sejarah Sealand, Negara di Atas Benteng Laut Lepasbendera Sealand (commons.wikimedia.org/El Saro 92)

8. Sealand memiliki mata uang, prangko, paspor, bendera kebangsaan, lagu kebangsaan, dan pemerintahannya sendiri 

9 Fakta Sejarah Sealand, Negara di Atas Benteng Laut Lepasmata uang Sealand (Onecanadasquarebishopsgatecommons/Wikimedia Commons)

9. Pendapatan Sealand didapatkan melalui penjualan souvenir, mug, kaos, prangko, bahkan gelar kebangsawanan diperjualbelikan

9 Fakta Sejarah Sealand, Negara di Atas Benteng Laut Lepasilustrasi dokumen gelar kebangsawanan di Sealand (sealandgov.org)

Sealand dihuni oleh Pangeran Roy beserta keluarganya. Namun, kabarnya sejak tahun 1999 keluarga Roy tidak lagi menempati Sealand dan menetap di tanah Inggris karena status Sealand dalam dunia internasional tidak diakui sebagai negara secara resmi.

Nah, itulah beberapa fakta sejarah Sealand. Jika ada kesempatan pergi ke Inggris, apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke Sealand?

Baca Juga: 5 Fakta dari Negara Bougainville, Negara Termuda di Dunia!

Aji Trio Pamungkas Photo Writer Aji Trio Pamungkas

Menulis untuk berbagi informasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya