Comscore Tracker

Sejarahnya Misterius, Inilah 9 Fakta Berlian Biru Terbesar di Dunia

Sempat menghilang selama 75 tahun

Beberapa berlian terkenal karena ukurannya, seperti "Bintang Afrika", yang ditemukan di Transvaal, Afrika Selatan, dan tercatat memiliki berat 530,20 karat. Ada juga berlian Tereshchenko. Sebelum dipotong, berlian Tereshchenko diduga menjadi berlian biru terbesar di dunia. Dan berlian besar seringkali memiliki warna yang lebih pekat. 

Tetapi beberapa daya tarik dari berlian Tereshchenko juga berasal dari kisah latar belakangnya yang misterius. Berlian ini muncul dan menghilang sepanjang sejarah. Berikut ini adalah kisah tentang berlian Tereshchenko. 

1. Apa yang membuat berlian berwarna biru? 

Sejarahnya Misterius, Inilah 9 Fakta Berlian Biru Terbesar di Duniawikisource.org

Warna kuning dan coklat adalah warna yang paling sering muncul pada berlian murni, tetapi berlian dapat ditemukan di hampir semua warna. Menurut Quartz, warna berlian terjadi ketika berbagai elemen bercampur dengan karbon atau ada variasi dalam strukturnya.

Sebenarnya, berlian murni tidak berwarna dan hanya terbuat dari karbon. Tapi ketika berlian memiliki nitrogen yang tercampur, warnanya menjadi kuning. Sementara berlian hijau terbentuk dari radiasi alam,  berlian merah dan merah muda diyakini terbentuk oleh tekanan yang terjadi pada kerak bumi. Berlian biru, seperti berlian Tereshchenko, dihasilkan dari boron yang terperangkap dalam struktur karbon, sedangkan berlian ungu terbentuk dari hidrogen. 

Meskipun berlian biru jarang ditemukan, dengan warna biru samar yang hanya muncul sekali dalam setiap 200.000 berlian, berlian dengan warna merah adalah yang paling langka dari semuanya. Boron menghasilkan rona biru karena banyaknya elektron. Karena boron hanya memiliki tiga elektron yang saling terkait dibandingkan dengan empat elektron, ketika berikatan dengan karbon, atom karbon tertinggal dengan elektron yang tidak terpakai. Elektron ini akhirnya menyerap cahaya merah, dan akibatnya, cahaya yang dipancarkan berlian akan menjadi kebiruan. Namun, tidak perlu banyak boron untuk mewujudkannya. Berlian Hope yang memiliki 45,5 karat kemungkinan besar hanya memiliki beberapa atom boron per juta karbon.

2. Berlian biru sangat langka

Sejarahnya Misterius, Inilah 9 Fakta Berlian Biru Terbesar di Duniaabluediamond.com

Berlian dengan warna, diklasifikasikan menjadi Tipe I dan Tipe II pada tahun 1930-an; di dalamnya ada enam subset. Berlian tipe I adalah berlian yang mengandung atom nitrogen, berlian Tipe Ia mengandung banyak kelompok nitrogen, menyebabkan berlian menyerap cahaya biru dan mengeluarkan warna kuning pucat.

Menurut LEIBISH, berlian Tipe Ib jauh lebih langka dan hanya terdiri sekitar 0,1% berlian berwarna alami. Atom nitrogennya berbentuk tunggal dan bukan berkelompok, oleh karena itu, mereka menyerap cahaya biru dan hijau serta memiliki warna yang lebih intens. 

Berlian tipe II tidak memiliki atom nitrogen dan dihasilkan karena penggabungan unsur lainnya. Mereka jauh lebih langka daripada berlian Tipe I dan seringkali lebih besar. Berlian tipe IIa dikaitkan dengan berlian "Golconda", yang dinamai berdasarkan salah satu tambang berlian pertama di India, di mana sebagian besar jenis berlian ini ditemukan. Berlian tipe II lebih jarang daripada tipe I, dan berlian Tipe IIa mewakili sedikitnya 1-2% dari semua berlian.

Berlian tipe IIb adalah berlian dengan boron yang mengeluarkan warna abu-abu atau biru, seperti biru Tereshchenko. Berlian tipe IIb sangat langka dan mewakili 0,1% dari semua berlian. Menurut Gemological Institute of America, berlian Tipe IIb juga dapat menghantarkan listrik. Pada abad ke-21, laboratorium mulai menumbuhkan berlian dengan warnanya sendiri. 

3. Berlian biru yang berasal dari India

Sejarahnya Misterius, Inilah 9 Fakta Berlian Biru Terbesar di Duniagemsociety.org

Seperti berlian Hope, berlian Tereshchenko juga berasal dari India. Menurut Famous Diamonds, kedua berlian tersebut kemungkinan besar berasal dari tambang Kollur di Golconda. Secara historis, tambang Kollur terkenal dengan produksi berliannya yang berwarna-warni dan besar. Meskipun ada beberapa spekulasi bahwa berlian Tereshchenko berasal dari Tambang Premier di Afrika Selatan, Tambang Premier tidak pernah menghasilkan permata serupa, dan pada saat itu, merupakan tambang yang relatif baru. Beberapa orang mengklaim bahwa ketika berlian Tereshchenko ditemukan, beratnya sekitar 150 karat, yang menjadikannya berlian biru terbesar di dunia saat ditemukan. 

Ada juga rumor bahwa berlian itu berasal dari mata patung Hindi kuno yang dikutuk, yang tidak berbeda dengan berlian Hope. Namun, teori ini tidak pernah dibuktikan kebenarannya. Menurut The Gemmological Association of Great Britain, pada awal abad ke-20, sejumlah surat kabar menulis asal mula berlian Tereshchenko. Beberapa orang mengatakan bahwa berlian Tereshchenko ada di Rusia sejak pemerintahan Peter Agung pada akhir abad ke-17. Ada juga yang mengisukan bahwa berlian itu menghiasi jari Buddha di Kuil Hindu. 

Pada abad ke-20, berlian Tereshchenko mendapatkan namanya dari Mikhail Tereshchenko. Mikhail Tereshchenko lahir dari keluarga industrialis gula Ukraina yang kaya raya. Menurut Kamus Sejarah Revolusi Rusia oleh Jonathan Davis, Tereshchenko sendiri memiliki banyak pabrik gula. 

4. Keluarga Tereshchenko 

Sejarahnya Misterius, Inilah 9 Fakta Berlian Biru Terbesar di Duniaencyclopediaofukraine.com

Keluarga Tereshchenko dari Ukraina disebut memiliki hak pertama atas kepemilikan berlian. Meskipun tidak jelas kapan tepatnya Tereshchenko memiliki berlian itu. Publik mengetahuinya pada tahun 1913, ketika ia menyimpan berlian biru tersebut di Paris, tepatnya di toko perhiasan Cartier.

Menurut Imperial Urbanism in the Borderlands: Kyiv, 1800 - 1905 oleh Serhiy Bilenky, Tereshchenkos adalah keluarga Cossack yang berasal dari Hlukhiv, Ukraina. Mereka awalnya berdagang roti dan kayu, tetapi mereka berinvestasi di industri gula. Menurut penulis Jonathan Davis, kekayaan Tereshchenko diperkirakan mencapai lebih dari 70 juta rubel. Tereshchenko bahkan digambarkan sebagai "oligarki Rusia pertama".

Tereshchenko menempuh studi hukum di Universitas St. Vladimir di Kyiv dan memperoleh gelar sarjana hukum dari Universitas Moskow. Tereshchenko membantu mengatur Rumah Sakit Palang Merah selama Perang Dunia I dan terpilih untuk Komite Industri Perang sebagai wakil ketua.

Pekerjaan inilah yang membawanya dengan kaum liberal seperti Pavel Milyukov dan Alexander Guchkov, Tereshchenko pun terlibat dengan konspirasi untuk menggulingkan Tsar Nicholas II. Dan meskipun rencana mereka tidak membuahkan hasil, Leon Trotsky mencatat dalam History of the Russia Revolution bahwa revolusi yang mencegah konspirasi itu sangat berkontribusi dalam kehidupan Tereshchenko.

Baca Juga: Miliki Cadangan Berlian Berlimpah, Ini 5 Fakta Republik Afrika Selatan

5. Mikhail Tereshchenko memotong dan memasang berlian biru 

Sejarahnya Misterius, Inilah 9 Fakta Berlian Biru Terbesar di Duniafoochia.com

Setelah Tereshchenko menyimpan berliannya di Cartier pada tahun 1913 selama dua tahun, menurut Famous Diamonds, pada tahun 1915 Tereshchenko menginstruksikan Cartier untuk memotong dan memasang berlian ke kalung. Kalung itu terdiri dari bermacam-macam permata tambahan, yang digabungkan 46 berlian bulat, marquise, pir, dan hati yang berkisar antara 0,13 hingga 2,88 karat.

Menurut Mart Diamonds, berlian Tereshchenko sendiri dipotong menjadi bentuk buah pir dan setelah dipotong memiliki berat sekitar 43 karat, kurang dari setengah berat aslinya. Namun, berlian itu tetap mempertahankan warna biru yang berkilau dan mewah. Dan setelah dipotong, berlian Tereshchenko menjadi berlian biru terbesar keempat di dunia. Hingga hari ini, permintaan berlian Tereshchenko adalah salah satu pesanan terbesar yang pernah diterima Cartier. Setelah dipasang, kalung itu dikirim ke Tereshchenko di Rusia antara tahun 1915 dan 1916. 

6. Revolusi Rusia dan bangkitnya Tereshchenko 

Sejarahnya Misterius, Inilah 9 Fakta Berlian Biru Terbesar di Duniatheculturetrip.com

Revolusi Februari terjadi di Rusia dari 8 Maret hingga 16 Maret 1917. Disebut Revolusi Februari karena pada saat itu Rusia masih menggunakan kalender Julian, dimana revolusi terjadi dari tanggal 23 Februari hingga 3 Maret. Revolusi dimulai ketika pengunjuk rasa marah dan menuntut hak-hak warga sipil, yang dirayakan sebagai Hari Perempuan Internasional. Pengunjuk rasa diikuti oleh wanita dan pria yang bekerja di pabrik terdekat.

Pada tanggal 2 Maret, sebuah kabinet untuk Pemerintahan Sementara dibentuk, dan dalam dua minggu Tsar Nicholas II setuju untuk turun tahta. Menurut Kamus Sejarah Revolusi Rusia, Mikhail Tereshchenko menjadi bagian dari Pemerintahan Sementara yang menjabat sebagai menteri keuangan dari Maret hingga Mei, dan sebagai menteri luar negeri dari Mei hingga Oktober dalam pemerintahan koalisi. Dia bahkan diangkat menjadi wakil perdana menteri pada bulan September. 

Sayangnya, baik otoritas Tereshchenko maupun Pemerintahan Sementara tidak bertahan lama. Setelah Revolusi Februari, Pemerintahan Sementara berurusan dengan birokrasi, sementara Soviet Petrograd memiliki kekuatan di perkeretaapian, layanan telegraf, dan pasukan. Akibatnya, Pemerintahan Sementara menuai kritik dari banyak orang. 

Pada akhirnya, kembalinya Vladimir Lenin dan penggemblengan Bolshevik menyebabkan Pemerintah Sementara dan Soviet Petrograd digulingkan pada tanggal 7 November 1917, memulai Revolusi Oktober. Dan ketika pemerintah jatuh, Tereshchenko juga mengalami nasib yang serupa. 

7. Tereshchenko dan berlian birunya yang meninggalkan Rusia

Sejarahnya Misterius, Inilah 9 Fakta Berlian Biru Terbesar di Duniageopolitica.ru

Setelah Istana Musim Dingin direbut oleh kaum Bolshevik pada 8 November 1917, Menurut Kejatuhan Tsarisme oleh Semion Lyandres, Tereshchenko bersama dengan anggota Pemerintahan Sementara lainnya, ditangkap dan dipenjarakan di Benteng Peter and Paul selama beberapa bulan. Ibu Tereshchenko segera membebaskannya pada musim semi tahun 1918 dengan membayar sejumlah uang tebusan / jaminan, meskipun ia juga dipaksa untuk membayar pembebasan mantan menteri lainnya juga. 

Setelah dibebaskan, Tereshchenko dan ibunya melarikan diri dengan menaiki kereta api ke perbatasan Finlandia. Beberapa sumber mengklaim bahwa Tereshchenko melarikan diri ke Norwegia dengan membawa berlian biru yang kemungkinan besar dibawakan ibunya. Beberapa juga berteori bahwa berlian itu diam-diam diambil dari Rusia pada tahun 1916, dibawa ke tempat yang aman bahkan sebelum Revolusi dimulai.

Meskipun meninggalkan sebagian besar kekayaannya, Tereshchenko memulai usaha barunya dengan mengelola bank dan perkebunan. Selama bertahun-tahun, ia membagi waktunya antara Portugal dan Madagaskar hingga pensiun di Monako pada awal 1950-an. Namun, menurut catatan kaki di Autographs Don't Burn oleh Vera Tsareva-Brauner, kecintaan Tereshchenko pada budaya Rusia tidak pernah hilang, dia bahkan melindungi seni Rusia saat di pengasingannya. 

8. Misteri hilangnya berlian Tereshchenko hingga muncul kembali

Sejarahnya Misterius, Inilah 9 Fakta Berlian Biru Terbesar di Duniaistockphoto.com

Yang diketahui secara pasti, setelah menghilang selama hampir 75 tahun, berlian Tereshchenko tiba-tiba muncul kembali di lelang Christie pada tahun 1984. Dan pada saat itu, Tereshchenko sudah meninggal selama hampir 30 tahun. Menurut Gemmological Association of Great Britain, hal itu pertama kali diketahui pada musim panas 1984, Senior International Jewelry Director di Christie, David Warren, di hubungi oleh klien yang ingin menjual berlian biru. Saat dilihat, berlian besar ini tidak lain adalah berlian Tereshchenko. 

Beberapa hari sebelum penjualan, Christie dihubungi oleh empat dealer yang ingin membeli berlian secara langsung sebelum pelelangannya, mereka menawarkan antara tiga hingga empat juta franc Swiss. Namun, Christie menolak. Christie disarankan oleh sekelompok pedagang berlian agar berlian biru tersebut dinilai oleh Gemological Institute of America. Kali ini, Christie setuju dan menerbangkan berlian itu ke New York City untuk dinilai di laboratorium GIA untuk mendapatkan dokumen atau sertifikat persetujuannya. Hal itu untuk memudahkan penjualan di Timur Tengah atau Asia karena sertifikat GIA lebih dikenal di sana. 

9. Berlian Tereshchenko berganti nama

Sejarahnya Misterius, Inilah 9 Fakta Berlian Biru Terbesar di Duniamartdiamonds.com

Pada 14 November 1984, berlian Tereshchenko dijual di pelelangan Christie di Jenewa. Menurut Famous Diamonds, pada pukul 10 malam di Hotel Richmond, harga Lot 454 dihargai tiga juta franc Swiss dan dalam waktu 40 detik, tawarannya sudah mencapai enam setengah juta franc Swiss.

Penawaran berlanjut sampai sepuluh juta franc Swiss, yang membuat juru lelang mengetok palunya. Pada saat itu, berlian Tereshchenko memiliki pemilik baru dan namanya diganti menjadi Mouawad Blue, yang dibeli oleh pengusaha miliarder dan pedagang berlian Robert Mouawad dengan harga setara dengan 4,6 juta US dolar.  

Menurut Mouawad, pada saat itu adalah harga tertinggi yang pernah dibayarkan untuk sebuah berlian di pelelangan. Tapi sekarang diperkirakan bahwa nilai berlian Mouawad setidaknya sepuluh kali lebih tinggi daripada yang awalnya dibayarkan Robert Mouawad pada tahun 1984. Menurut Forbes, Mouawad mewarisi bisnis perhiasan kelas atas keluarganya dan dia pun menyerahkan kepada anak laki-lakinya untuk mengelola perusahaannya pada tahun 2010. Saat ini dia memiliki salah satu koleksi perhiasan terbesar di dunia, yang mencakup beberapa berlian terbesar di dunia. 

Keindahan berlian memang dikagumi banyak orang di dunia. Tidak heran, jika beberapa sejarah dan keberadaan berlian tersebut menjadi misteri. Tak terkecuali berlian Tereshchenk, yang pernah menjadi berlian terbesar di dunia. 

Baca Juga: Berkilau Terang, 20 Batu Ini Jauh Lebih Indah daripada Berlian

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya