Comscore Tracker

5 Misteri Sebuah Kasus yang Tak Terpecahkan di Era Wild West

Dari misteri harta karun, kematian, hingga pembunuh berantai

Masih banyak misteri yang belum terpecahkan di luar sana. Apalagi, sangat sulit untuk menemukan seseorang yang "menghilang" pada abad ke-19, karena identifikasi standar saat ini, seperti SIM atau kartu tanda kependudukan, tidak menyertakan foto hingga tahun 1958.

Baru pada tahun 2020, The New York Post melaporkan bahwa pihak berwenang dapat mengidentifikasi jenazah Joseph Loveless, yang dibunuh sekitar tahun 1916, tetapi baru ditemukan pada tahun 1979. Nah, selain itu, misteri apa saja ya yang belum terungkap di era Wild West?

1. Misteri kabin dan bongkahan emas

5 Misteri Sebuah Kasus yang Tak Terpecahkan di Era Wild WestCalifornia Street di Jacksonville pada pertengahan 1880-an. Pada tahun 1868, Sam Simpson dan Ted Harper datang ke sana untuk mencari emas dari Wilson bersaudara. (thenewsguard.com/Oregon Historical Society)

Kisah ini dimulai di kota tambang emas Jacksonville, Ore. Pada tahun 1853, tulis sejarawan Oregon, Finn J.D. John, dua bersaudara James dan Henry Wilson pergi bersama sekelompok pencari emas. Henry menemukan anak sungai terdekat yang penuh dengan bongkahan emas dan menyimpannya di lantai kabin yang mereka buat di bawah tebing setempat.

Namun, kedua penduduk asli muncul dan membunuh Henry. James melarikan diri ke California utara, karena kesehatannya yang memburuk, ia pun menulis surat tentang harta itu kepada sepupunya, Ted Harper, sebelum meninggal.

Lima belas tahun kemudian, Harper dan seorang penyair, Sam Simpson, pergi mencari kabin itu. Namun, mereka hanya menemukan reruntuhan yang terbakar bersama tubuh Henry di dalamnya, tepat ketika Harper secara tidak sengaja menembak dirinya sendiri dan tewas seketika. Simpson yang terguncang kembali ke rumah tanpa apa pun.

2. Duel misterius yang menewaskan Alfred Schlesinger 

5 Misteri Sebuah Kasus yang Tak Terpecahkan di Era Wild Westilustrasi tembak-menembak Wild West, Elm Creek, Manitoba, Kanada, 13 Agustus 1998 (commons.wikimedia.org/Bob's Wild West Adventures)

Pada bulan September 1876, Colorado Daily Chieftain melaporkan kasus Dr. S.E. Solly, seorang dokter terkemuka di Colorado Springs, Colorado, ia mengatakan bahwa dia menerima beberapa surat misterius dari Alfred Schlesinger. Saat itu, pemuda tersebut dipekerjakan oleh Colorado Springs dan pendiri Kereta Api Denver & Rio Grande, William Jackson Palmer. Schlesinger telah menjadi sekretaris pribadi Palmer sejak April. Surat Schlesinger menjelaskan bahwa dia ikut "pertarungan" di Peternakan Lawson. Jika dia tidak kembali, tulis Schlesinger, Solly akan datang mencari jenazahnya.

Benar saja, Solly dan yang lainnya pergi ke peternakan dan menemukan Schlesinger telungkup di tanah, dengan pistol di sisinya dan sapu tangan putih. Ia tewas karena peluru menembus jantungnya. Kemungkinan dia tewas setelah kalah duel, tetapi Schlesinger tidak pernah memberitahu siapa musuhnya.

Berita kematiannya menyebar hingga ke Minnesota, dan ada hadiah yang ditawarkan jika ada seseorang yang berhasil menangkap siapa pembunuhnya, tetapi hal itu tidak membuahkan hasil. Schlesinger diistirahatkan di Pemakaman Evergreen Colorado Springs, dan konon ia gentayangan di bangunan terkenal pada masanya, Briarhurst Manor dan Glen Eyrie.

3. Pembunuh berantai misterius 

5 Misteri Sebuah Kasus yang Tak Terpecahkan di Era Wild WestIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Mardya Shakti)

Antara tahun 1885 dan 1886, seperti yang dicatat Austin Culture Map, ada delapan pembunuhan mengerikan di Austin, Texas, yang dikaitkan dengan seorang pembunuh berantai. Dari para korban, sebagian besar adalah gadis pelayan rumah tangga.

PBS mencatat bahwa enam korban adalah orang kulit hitam. Begitu pula tiga perempuan yang diserang pada bulan Juli, Agustus, dan November, tetapi mereka selamat. Ada pula tubuh Mollie Smith yang dimutilasi dengan kapak dan ditemukan di sebelah pohon kakus pada bulan Desember. Pada Mei 1885, korban lain, Eliza Shelly, ditemukan dengan kepala hampir terbelah. Pembunuhnya sangat brutal, ia menyerang korbannya dengan pisau, kapak, batu, dan bahkan besi.

Lalu, Irene Cross, Clara Dick, dan Rebecca Ramey serta Mary Ramey yang berusia 11 tahun diserang. Hanya Rebecca yang selamat. Korban berikutnya adalah Gracie Vance dan kekasihnya, Orange Washington. Dua perempuan lagi yang bukan pembantu rumah tangga, Sue Hancock dan Eula Phillips, dibunuh pada Malam Natal 1885.

Lalu, pada Februari 1886, polisi menangkap dan membunuh Nathan Elgin, yang terbukti memukuli seorang gadis bar sampai tewas. Semenjak itu, serangan dari pembunuh berantai misterius itu berhenti, tapi Elgin tidak pernah terbukti sebagai orang yang membunuh gadis-gadis sebelumnya karena ia sudah meninggal.

4. Pembunuhan suami istri yang tidak terpecahkan

5 Misteri Sebuah Kasus yang Tak Terpecahkan di Era Wild WestIlustrasi Pistol (IDN Times/Mardya Shakti)

Pada tahun 1916, Coconino Sun melaporkan bahwa di Flagstaff, Ariz., pihak berwenang menemukan mayat Madam May Prescott dan suaminya, Fred, di kamar tidur di rumah mereka. Tenggorokan Fred disayat dari telinga ke telinga. Dia ditikam dari belakang dan kepalanya ditembak. Tenggorokan May juga disayat, dan dia ditembak dua kali. Lalu, kamar tidur mereka yang berlumuran darah dan bekas peluru dibakar.

Fred juga memegang pistol dengan satu peluru ditembakkan dan meninggalkan catatan bahwa dia habis bertengkar hebat dengan May sebelum menembaknya dan kemudian dirinya sendiri. Akan tetapi, bagaimana seorang laki-laki dengan tenggorokan tersayat lebar menembak kepalanya sendiri dan menyalakan api?

Selama berminggu-minggu, petugas koroner menuangkan banyak bukti. Hakim akhirnya menyimpulkan bahwa pasangan itu meninggal karena luka pisau dan tembakan yang disebabkan oleh seseorang yang tidak dikenal. Sayangnya, kasus itu tidak pernah terpecahkan. 

Menurut buku Quinta Scott, yang berjudul Along Route 66, rumah itu akhirnya dibeli oleh K.J. Nackard setelah pembunuhan terjadi, ia tinggal di rumah tersebut dan akhirnya membangun Downtowner Auto Court di sekitarnya.

Baca Juga: 11 Peristiwa Kelam Era Wild West, Tak Hanya Drama Koboi

5. Hilangnya Pearl Hart secara misterius 

5 Misteri Sebuah Kasus yang Tak Terpecahkan di Era Wild WestPistol dan foto Pearl Hart dipajang di museum Penjara Teritorial Yuma. (commons.wikimedia.org/Marine 69-71)

Pearl Hart adalah penduduk asli Kanada yang menikah dengan seorang penjudi bernama Fred Hart. Sayangnya, Fred adalah suami yang buruk, dia melakukan KDRT dan akhirnya mereka memutuskan untuk berpisah. Pria berikutnya dalam hidup Pearl adalah Joe Boot. Namun, pasangan ini justru melakukan banyak tindakan kriminal dan ditangkap pada tahun 1899. Boot dijatuhi hukuman 30 tahun penjara (dan kemudian melarikan diri), sedangkan Pearl mendapat hukuman lima tahun penjara. 

Pearl akhirnya dibebaskan karena dia hamil secara misterius saat di penjara. Gubernur Alexander Brodie memaafkannya pada tahun 1902. The Vintage News mengatakan bahwa dia akhirnya terkenal sebagai "Lady Bandit" sebelum ditangkap di Kansas City karena membeli barang curian. Dia ditangkap lagi pada tahun 1904, lalu dia tidak terlihat lagi sampai tahun 1924 di Florence, Ariz. Berbagai sumber mengatakan bahwa dia meninggal pada tahun 1925, atau sekitar tahun 1950-an, atau bahkan hingga tahun 1960-an. Akan tetapi, tidak ada yang tahu pasti.

Misteri akan selalu menyelimuti sebuah peristiwa, tak peduli seberapa canggih atau kunonya suatu zaman, misteri akan selalu ada.

Baca Juga: 9 Kontroversi Seputar Makam Raja Tutankhamun, Masih menjadi Misteri

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Write to communicate. https://linktr.ee/ameliasolekha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya