Comscore Tracker

5 Fakta Alpaca, Hewan yang Menjadi Inspirasi Jin untuk Karakter BT21

#ANGPOIN Alpaca dan llama masih bersaudara, lo, sudah tahu?

Alpaca adalah hewan yang masih dalam famili Camelidae dan tampilannya mirip dengan llama. Keduanya juga hewan khas dari pegunungan Andes, Amerika Selatan.

Alpaca memiliki keunikan pada bulunya dan biasanya bulunya akan dicukur tiap tahun. Di balik bentuk dan rupanya yang menggemaskan, tidak banyak orang yang tahu fakta unik hewan berbulu mirip domba ini. Dilansir dari lama Live Science, berikut beberapa fakta uniknya yang perlu kamu tahu.

1. Merupakan salah satu hewan purba

5 Fakta Alpaca, Hewan yang Menjadi Inspirasi Jin untuk Karakter BT21www.cbc.ca

Alpaca sudah dipelihara oleh Suku Inca sejak 6 ribu tahun yang lalu. Kebanyakan dari mereka diternak karena bulu supernya.

2. Memiliki bulu luar biasa

5 Fakta Alpaca, Hewan yang Menjadi Inspirasi Jin untuk Karakter BT21https://pixabay.com/HOerwin56

Bulu alpaca mirip seperti bulu domba, namun memiliki kekuatan yang super. Bulu hewan ini bahkan tahan terhadap api, lo. Bahkan, bulu alpaca lebih unggul dari wol hewan lain. Dibandingkan dengan wol domba, bulu alpaca lebih hypoallergenic, jadi tidak membuat alergi.

Baca Juga: 7 Hewan Unik yang Bisa Ditemui di Korea Selatan

3. Dua spesies dengan beragam warna

5 Fakta Alpaca, Hewan yang Menjadi Inspirasi Jin untuk Karakter BT21www.surinetwork.org

Terdapat dua jenis alpaca, yaitu suri dan hucaya. Bulu alpaca suri tumbuh memanjang seperti rambut gimbal, sedangkan hucaya lebih mirip seperti wol pada domba. Uniknya, bulu alpaca ada 22 warna dengan ratusan nuansa yang berbeda.

4. Huarizo, persilangan antara alpaca dan llama

5 Fakta Alpaca, Hewan yang Menjadi Inspirasi Jin untuk Karakter BT21landmeterskop.com

Gen yang sama pada alpaca dan llama membuat mereka dapat kawin silang. Persilangan antara keduanya sering disebut huarizo atau llapaca. Bentuk huarizo mirip seperti alpaca dengan tubuh mirip llama.

5. Salah satu hewan makhluk sosial

5 Fakta Alpaca, Hewan yang Menjadi Inspirasi Jin untuk Karakter BT21pixabay.com/FraukeFeind

Manusia bukanlah satu-satunya makhluk sosial, alpaca juga termasuk salah satunya. Mereka selalu mengekspresikan perasaan mereka. Jika meludah, itu berarti mereka tidak suka, entah dengan manusia atau sesama alpaca yang lain.

Begitu pun sebaliknya, jika mengibaskan ekor atau mengeluarkan suara yang mirip dengan senandung, mereka juga dapat dilatih menjadi hewan peliharaan, lo.

Karena masih sejenis unta juga, alpaca dan llama menjadi hewan tunggangan untuk mengangkut barang. Bukan hanya itu, alpaca juga bisa digunakan layaknya mesin pemotong rumput karena mereka tidak memakan rumput hingga akar.

Itulah beberapa fakta mengenai alpaca, hewan lucu dengan bulu super.

Baca Juga: Miris! 5 Hewan Unik Ini Tercatat Alami Kepunahan Massal di Abad Ke-20

Astri Supriyati Photo Verified Writer Astri Supriyati

Daydreaming

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya