Comscore Tracker

Inspiratif, Sejarah Singkat 10 Brand Sepatu Populer Dunia

Sebelum koleksi, kenali kisah brand favoritmu

"Sebuah sepatu bisa mengubah hidupmu." — Cinderella, tokoh protagonis fiksi.

Jika berbicara soal sepatu, zaman sekarang mayoritas sudah gak berbicara sekedar tentang pelindung atau alas kaki saja. Sepatu sudah menjadi bagian fesyen dan gaya hidup. Karenanya banyak yang memilih brand sepatu sesuai kecocokan model dan kenyamanannya.

Nah, apakah kamu mengenal brand sepatu favoritmu secara mendalam? Inilah 10 sejarah singkat brand sepatu ternama di dunia!

1. Adidas

Inspiratif, Sejarah Singkat 10 Brand Sepatu Populer Duniagq.com

Pada tahun 1920, dua bersaudara Adolf "Adi" Dassler dan Rudolf Dassler mendirikan perusahaan yang nantinya dikenal memiliki merk Adidas. Namun di tengah jalan, Rudolf berpisah bisnis dan mendirikan Puma. Adidas kini dikenal dengan ciri khas garis tiga yang menjadi ikon fesyen pada sepatu, parfum, pakaian, tas dan jam tangan.

2. Vans

Inspiratif, Sejarah Singkat 10 Brand Sepatu Populer Duniavans.com

Salah satu pilihan terbaik anak muda sebagai ikon street fashion. Vans memproduksi sepatu untuk keperluan berbagai olahraga ekstrem, seperti: BMX, skateboarding dan snowboarding. Brand ini sangat terkenal di kalangan para pencinta sneakers.

Awalnya sepatu ini dibuat untuk menunjukkan gaya hidup anak muda perkotaan, tapi yang anti nampak mapan. Kemudian ia keluar gengan tagline "Vans Off The Wall" yang sangat dikenal sekarang.

3. Nike

Inspiratif, Sejarah Singkat 10 Brand Sepatu Populer Duniablog.size.co.uk

Logo "swoosh" menjadi ciri khas Nike yang dikenal banyak orang. Perusahaan ini didirikan oleh Philip Knight, yang saat itu mahasiswa asal Universitas Oregon dengan dibantu pelatihnya, Bill Bowerman.

Nike kini telah menjadi salah satu pemimpin pasar sepatu olahraga dunia. Nike selalu menggunakan atlet terkenal kelas dunia dalam promosinya dan berkembang pesat karenanya.

4. Asics

Inspiratif, Sejarah Singkat 10 Brand Sepatu Populer Duniasolecollector.com

Kihachiro Onitsuka membuat sepatu Asics pertama kali di bawah nama Onitsuka Co., Ltd. untuk para atlet basket. Produksinya dipusatkan di Kobe, Jepang.

Di tengah perjalanan, bisnisnya sempat hampir bangkrut, tapi kini Asics telah dikenal di seluruh dunia. Jangkauan sepatu Asics adalah berbagai usia dengan keperluan mulai kasual, trendi sampai sporty.

5. New Balance (NB)

Inspiratif, Sejarah Singkat 10 Brand Sepatu Populer Duniasneakernews.com

Brand ini diproduksi di Belmont, Massachusetts, Amerika Serikat. Daya tahannya yang kuat hingga bertahun-tahun membuatnya dipakai untuk berbagai keperluan olahraga dari yang biasa hingga yang ekstrem.

Inspiratif, Sejarah Singkat 10 Brand Sepatu Populer Duniasneakernews.com

Desainnya tergolong modis dan elegan sehingga disukai berbagai kalangan masyarakat. Kamu bisa memilih berbagai model dan kombinasi warna yang cocok dipadupadankan dengan busana seperti apapun.

Baca juga: 13 Perusahaan yang Kamu Gak Tahu Dimiliki oleh Disney

6. Reebok

Inspiratif, Sejarah Singkat 10 Brand Sepatu Populer Duniareebok.com

Pada tahun 1895, Reebok lahir dari perusahaan yang awalnya bernama J.W. Foster and Sons, di Inggris. Sepatu ini mulai populer di tahun 90-an ketika salah satu pemain basket Boston Celtic, Dee Brown, memamerkannya dalam salah satu pertandingannya.

Akhirnya sepatu ini terkenal di kalangan para pemain basket. Karena persaingan industri sepatu yang ketat, Adidas akhirnya membeli Reebok untuk bisa bersaing dengan raja industri ini, Nike. Kini Reebok makin dikenal dengan produk sepatu untuk jogging, lari dan basket.

7. Converse

Inspiratif, Sejarah Singkat 10 Brand Sepatu Populer Duniaebay.co.uk

Converse didirikan oleh Marquis M. pada tahun 1908 di Amerika. Sepatu sneakers keren ini juga sempat mendapat bantuan desain dari Chuck Taylor, pebasket Amerika, untuk keperluan Olimpiade 1936.

Sepatu Converse umumnya dominan berbahan kanvas dan menjadi favorit pencinta sneakers dan fesyen street style. Converse akhirnya dibeli oleh Nike dan menjadi makin populer sejak saat itu.

8. Macbeth

Inspiratif, Sejarah Singkat 10 Brand Sepatu Populer Duniadresscodeclothing.com

Macbeth terbilang brand sepatu baru dibandingkan lainnya. Brand ini dibuat oleh duo pemain band punk Blink182, Tom DeLonge dan Mark Hoppus.

Sebelum Macbeth, mereka sudah mendirikan distro fesyen bernama Atticus. Macbeth didesain sangat ringan, penuh pilihan warna yang mencerminkan anak muda dan sangat pas untuk merajai fesyen streetwear.

9. DC Shoes

Inspiratif, Sejarah Singkat 10 Brand Sepatu Populer Duniasneakerstop.erichinenglish.org

Brand ini didirikan oleh Damon Way dan Ken Block. Awalnya sepatu ini dibuat untuk keperluan berbagai olahraga ekstrem seperti BMX, skateboarding, motocross dan snowboarding.

Sepatu ini semakin terkenal seiring mereka terus mensponsori kegiatan olahraga-olahraga ekstrem. Akhirnya DC Shoes berkembang membuat varian produk fesyen lainnya seperti tas, aksesori, pakaian dan masih banyak lagi.

10. Puma

Inspiratif, Sejarah Singkat 10 Brand Sepatu Populer Duniathesource.com

Puma adalah merek sepatu yang didirikan oleh Rudolf Dassler setelah berpisah dari bisnis saudaranya sendiri, Adolf Dassler. Awalnya mereknya adalah Ruda, kemudian diganti menjadi Puma. Seperti yang dilakukan oleh saudaranya, Puma melakukan promosi gencar melalui atlet olahraga kelas dunia. Sampai akhirnya kini Puma memproduksi berbagai varian atribut fesyen lainnya.

Inspiratif, Sejarah Singkat 10 Brand Sepatu Populer Duniarunnersworld.com

Di antara semua brand sepatu di atas, mana yang menjadi favoritmu? Pada akhirnya memang alangkah baiknya memilih sepatu bukan karena brand-nya, tapi karena kecocokannya dengan diri kita masing-masing. Setidaknya yang membuat kita bisa lebih percaya diri dan nyaman saat memakainya.

Baca Juga: 10 Kegiatan Hiburan Unik Sebelum Ada TV dan Internet

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya