Comscore Tracker

5 Fakta Fossa, Mamalia Karnivora Terbesar di Madagaskar

Binatang predator yang unik

Madagaskar merupakan pulau sekaligus negara yang terletak di sebelah timur Benua Afrika, yang ada di Samudera Pasifik. Serta menariknya menariknya pulau ini memiliki keanekaragaman hayati yang sangat besar, dengan berbagai macam hewan unik. Salah satu binatang terkenal dan endemik Madagaskar adalah Fossa, di mana hewan ini menjadi karnivora terbesar yang ada di pulau ini. 

Tentunya terdapat beberapa fakta yang meliputi berbagai hewan bernama latin Cryptoprocta ferox ini yang pastinya menarik banget untuk kalian ketahui. Maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini. 

1. Meskipun mirip dengan kucing, namun bukan termasuk jenis kucing

5 Fakta Fossa, Mamalia Karnivora Terbesar di Madagaskarhoustonzoo.org

Fossa memiliki kemiripan dengan kucing yang masuk dalam keluarga Felidae, akan tetapi kenyataannya binatang ini bukan termasuk keluarga tersebut. Mulanya terdapat kebimbangan untuk memasukan binatang ini dalam beberapa keluarga karnivora, karena memiliki kemiripan dengan kucing, musang dan civet.

Namun penelitian terbaru menyebutkan bahwa hewan berwarna coklat kemerahan ini masuk dalam genus Eupleridae yang memiliki bentuk layaknya musang. Nenek moyangnya sudah datang ke pulau ini sekitar 20 juta tahun yang lalu. 

2. Karnivora terbesar di Pulau Madagaskar

5 Fakta Fossa, Mamalia Karnivora Terbesar di Madagaskaraspinallfoundation.org

Mamalia ini menjadi binatang predator terbesar di Pulau Madagaskar yang ukuran panjang dari kepala hingga tubuhnya antara 60-80 cm, sedangkan panjang ekornya bisa mencapai 70 cm. Sementara berat Fossa bisa mencapai antara 7-12 kg, di mana pejantannya lebih besar dibandingkan betinanya. 

Karena menjadi predator terbesar di pulau ini, maka Fossa memiliki berbagai macam pilihan mangsa yang umumnya memangsa lemur, namun tak jarang pula memangsa mamalia kecil, kadal, burung bahkan serangga sekalipun. 

3. Menyukai tinggal di area hutan belantara

5 Fakta Fossa, Mamalia Karnivora Terbesar di Madagaskarkids.sandiegozoo.org

Fossa termasuk binatang yang tersebar di berbagai penjuru pulau Madagaskar, meskipun tidak merata penyebarannya. Binatang ini umumnya tinggal di area hutan lebat, karena keahliannya yang sangat lincah dalam menaiki dan melompat diantara pepohonan, serta banyak menghabiskan waktunya di atas pohon maupun di tanah. 

Di samping itu, hewan ini juga sangat solitary atau hidup dalam berkelompok, sehingga mereka umumnya menangkap dan memakan mangsanya bersama-sama. 

Baca Juga: 5 Hal tentang Harimau Jawa, Satwa  yang Telah Dinyatakan Punah

4. Mempunyai cara kawin yang unik

5 Fakta Fossa, Mamalia Karnivora Terbesar di Madagaskarforums.frontier.co.uk

Sementara cara kawin binatang ini cukup unik, karena mereka justru melangsungkannya di atas pohon. Tidak hanya itu saja, para betina Fossa yang dominan untuk melakukan aktivitas ini, di mana ia menempati tempat di atas pohon. Kemudian beberapa pejantan datang dan betinanya yang akan memutuskan pasangannya. Lalu setelah digunakan untuk kawin tempat tersebut akan digunakan kembali oleh para betina lainnya, hingga berlangsung dari tahun ke tahun.

Pada sekali masa kawin mamalia ini dapat melahirkan dua hingga empat anak sekaligus. Serta binatang ini dapat hidup selama lebih dari 20 tahun, serta mencapai masa dewasa ketika sudah mencapai usai empat tahun. 

5. Fossa termasuk binatang yang rentan punah

5 Fakta Fossa, Mamalia Karnivora Terbesar di Madagaskarkids.sandiegozoo.org

Sayangnya Fossa masuk dalam binatang yang rentan punah atau vulnerable menurut IUCN Red List. Penyebab berkurangnya populasi hewan ini akibat semakin berkurangnya habitat alaminya  dengan maraknya penggundulan hutan yang terjadi di Madagaskar. Selain itu Fossa juga kerap dianggap sebagai predator yang dapat menyerang peternakan milik warga.

Sedangkan jumlah Fossa yang ada di alam liar hanya sekitar kurang dari 2.500 ekor, di mana jumlahnya semakin menurun dari tahun ke tahun.  

Itu tadi fakta menarik dari Fossa, binatang mamalia endemik dari Pulau Madagaskar yang pastinya harus kalian ketahui. Yuk, sama-sama kita jaga kelestarian binatang langka ini. 

Baca Juga: Ada yang Seukuran Jari, Ini 7 Mamalia Mini di Dunia

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya