Menyingkap Kegiatan Seksual Manusia di Zaman Purba, Ini 5 Faktanya

Seks merupakan hasrat purba yang akan selalu ada

Nyaris semua spesies biologis yang ada di Bumi menggunakan metode seksual untuk melanjutkan keturunan. Meski masih ada spesies yang berkembang biak dengan cara aseksual (tanpa melibatkan hubungan jantan dan betina), kegiatan seksual masih mendominasi sebagai cara utama untuk bertahan di alam, misalnya sebagai bentuk reproduksi atau kepuasan biologis.

Nah, dalam sejarahnya, kegiatan seksual yang dilakukan manusia sudah menjadi begitu kompleks sejak zaman purba. Di sini, kita akan belajar tentang sejarah kegiatan seksual manusia di masa purba. Apa, sih, yang manusia ketahui mengenai seks di era ribuan sampai ratusan ribu tahun lalu? Yuk, simak artikelnya sampai habis, ya.

1. Kegiatan seksual pun mengalami evolusi

Menyingkap Kegiatan Seksual Manusia di Zaman Purba, Ini 5 Faktanyapatung Homo sapiens yang dipamerkan di Museum Naturhistoriches (wikimedia.org/Wolfgang Sauber)

Segala sesuatu yang berkaitan dengan seksualitas juga mengalami evolusi sejak zaman purba. Menurut informasi yang didapat dari laman Sapiens, kegiatan seksual untuk reproduksi dan melanjutkan keturunan sudah dilakukan spesies sederhana sejak 2 miliar tahun lalu. Namun, seiring berjalannya waktu, kegiatan seksual juga berevolusi menjadi sebuah metode untuk bersenang-senang.

Berbagai macam spesies di zaman purba sudah melakukan kegiatan seks untuk hiburan alias bersenang-senang. Beberapa contoh bisa diperoleh melalui fosil penis dari ikan dan hewan lain yang pernah melakukan hal tersebut. Nah, Homo sapiens merupakan spesies paling jago dalam kegiatan seksual. Sejak kemunculannya pada 200 ribu tahun lalu, nenek moyang kita tersebut sudah melakukan kegiatan seksual untuk kesenangan dan hiburan biologis.

2. Sex toys sudah ditemukan sejak zaman purba

Menyingkap Kegiatan Seksual Manusia di Zaman Purba, Ini 5 Faktanyaalat kuno yang digunakan untuk kepuasan seksual (allthatsinteresting.com/European Association of Urology)

Menurutmu, kapan alat-alat untuk kegiatan seksual (sex toys) ditemukan? Abad ke-18 atau seribu tahun lalu? Sekadar informasi, alat-alat seperti dildo dan lain sebagainya sudah ada sejak 28 ribu tahun lalu, seperti dicatat oleh All That's Interesting. Bentuknya tentu masih sangat sederhana, yakni terbuat dari batu atau tulang yang didesain mirip kelamin manusia.

Bahkan, mungkin saja kegiatan besenang-senang secara mandiri tersebut sudah dilakukan manusia purba sejak ratusan ribu tahun lalu. So, penemuan ini membuktikan bahwa manusia purba sudah berimajinasi dan dapat melampiaskan hasrat seksualnya secara mandiri dengan alat bantu yang mereka ciptakan.