Comscore Tracker

Kenapa Kucing Muntah Kuning? Cek Penyebabnya di Sini

Jangan disepelekan karena bisa jadi tanda penyakit serius

Bagi sebagian orang mungkin akan menganggap bahwa kucing yang muntah cairan kuning adalah hal biasa. Akan tetapi, kucing yang muntah bisa menunjukkan adanya sesuatu yang tidak beres di dalam tubuhnya. Nah, secara umum, muntahan kucing juga bermacam-macam jenisnya, mulai dari yang biasa hingga pertanda penyakit serius.

Kali ini, kita akan melihat beberapa penyebab kenapa kucing muntah kuning. Mengapa hal tersebut sampai terjadi? Bagaimana cara mengatasinya? Kalau penasaran, kamu bisa baca artikel ini sampai tuntas, oke!

Baca Juga: Kenapa Kucing Tidak Mau Makan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mulai dari sebab sepele hingga penyakit yang mematikan

Kenapa Kucing Muntah Kuning? Cek Penyebabnya di Siniilustrasi kucing sedang berbaring (publicdomainpictures.net/Vincent Groeneveld)

Ada beberapa penyebab utama yang membuat kucing muntah cairan berwarna kuning. Beberapa di antaranya bahkan mengindikasikan bahwa kucing sedang tidak sehat. Ini penyebabnya.

  1. The Spruce Pets dalam lamannya menerangkan bahwa muntahan berwarna kuning pada kucing adalah indikasi keluarnya cairan asam lambung dan empedu.
  2. Kekosongan perut pada pencernaan kucing juga bisa memicu muntahan berwarna kuning. Jika dibiarkan, cairan asam lambung akan mengiritasi bagian pencernaan lainnya.
  3. Kesulitan buang air besar bisa terjadi pada kucing dewasa dan biasanya membawa gejala muntah cairan berwarna kuning.
  4. Muntahan kucing yang berwarna kuning dan disertai dengan busa dapat dijadikan indikator bahwa kucing mungkin memakan sesuatu yang beracun.
  5. Kucing yang kerap memakan benda asing biasanya juga sering mengalami muntah. Makin sering muntah, warnanya juga akan berubah menjadi kuning.
  6. Berlebihnya kandungan gula dalam darah atau diabetes juga membuat kucing selalu mual dan muntah.
  7. Ada penyakit berbahaya, seperti kanker, lever, gagal ginjal, tumor di saluran pencernaan, dan lain sebagainya.

Nah, jika kucingmu mengalami muntah cairan kuning, beberapa cara ini bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

  1. Perhatikan perubahan pola makan dan minum setelah kucing muntah. Jangan biarkan kucing mengalami kekurangan cairan.
  2. Kalau kucing hanya satu atau dua kali muntah, mungkin tidak ada hal berbahaya yang perlu dikhawatirkan. Berikan porsi makanan sedikit demi sedikit dan jangan memaksanya untuk makan berlebihan.
  3. Jika muntah berlanjut dan menyebabkan kucing menjadi lemah, segera bawa ke dokter hewan untuk diperiksa lebih lanjut.
  4. Pengobatan dan terapi medis diperlukan jika kucing mengalami penyakit, baik itu ringan atau berat.

Itu tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi kucing yang muntah cairan kuning. Oh, ya, jangan biarkan benda-benda kecil berserakan di lantai karena sebagian anak kucing suka memasukkannya ke perut mereka. Rawat dan pelihara kucingmu dengan baik, ya!

Sumber:

https://www.thesprucepets.com/cat-throwing-up-yellow-liquid-4843491

https://www.hillspet.com/cat-care/healthcare/why-your-cat-is-vomiting

Baca Juga: Kenapa Bulu Kucing Rontok? Ini 6 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya