Comscore Tracker

6 Fakta Soal Tungsten, Logam Paling Tahan Panas di Dunia

Sifat tahan panasnya ini membuatnya banyak dimanfaatkan

Bumi kita memiliki banyak jenis logam seperti emas, perak, dan tembaga. Namun diantara logam-logam tersebut, terdapat satu logam yangmemiliki titik lebur paling tinggi yaitu Tungsten. Logam satu ini jarang didengar karena terbilang cukup langka, tetapi kegunaannya cukup banyak untuk kehidupan manusia.

Pada artikel kali ini, IDN Times akan membahas fakta-fakta mengenai Tungsten yang mungkin saja belum kamu ketahui. Penasaran apa saja fakta-fakta mengenai logam satu ini? Yuk, kita langsung bahas bersama-sama.

1. Logam paling tahan panas

6 Fakta Soal Tungsten, Logam Paling Tahan Panas di Dunialivescience.com

Tungsten dikenal dengan karakteristiknya yang sangat tahan panas, bahkan paling tahan panas di dunia dimana titik leleh dari logam ini bisa mencapai 3,422°C. Sebagai perbandingan, logam dengan titik leleh tertinggi kedua adalah Rhenium sebesar 3,180°C dan besi yang merupakan logam paling sering ditemui sehari-hari sebesar 1,538°C.

2. Ditemukan tahun 1783

6 Fakta Soal Tungsten, Logam Paling Tahan Panas di Duniaresearchgate.net

Penelitian mengenai logam Tungsten dimulai tahun 1779 oleh Peter Woulfe  yang menyadari adanya senyawa logam baru yang tidak pernah diketahui setela memeriksa batu mineral dari Swedia. Penelitian ini kemudian dilanjutkan oleh Wilhelm Scheele pada tahun 1781 yang berhasil mengisolasi senyawa acidic white oxide, tetapi saat itu karakteristik nyawa tersebut belum diketahui dengan jelas.

Barulah pada tahun 1783, Juan dan Fausto Elhuya awalnya mengisolasi senyawa metal oxide dari mineral bernama wolframint. Proses ini kemudian dilanjutkan dengan proses reduksi pada metal oxide dengan cara dibakar bersama karbon. Proses ini akhirnya menghasilkan logam yang saat ini dikenal sebagai tungsten.

3. Sumber logam tungsten

6 Fakta Soal Tungsten, Logam Paling Tahan Panas di Duniaiol.co.za

Seperti logam kebanyakan, tungsten juga diperoleh melalui pertambangan. Seperti dilansir dari laman livescience, suplai terbesar tungsten saat ini (sekitar 80%) berasal dari cina. Tungsten di alam biasanya ditemui dalam bentuk senyawa mineral campuran seperti  scheelite, wolframite, huebnertie dan ferberite. Sedangkan, Untuk membuat tungsten murni sangatlah sulit karena titik lelehnya yang sangat tinggi.

Baca Juga: 6 Fakta Logam Rare Earth yang Tak Banyak Diketahui

4. Asal nama tungsten

6 Fakta Soal Tungsten, Logam Paling Tahan Panas di Duniaaustin-baum-p6bs.squarespace.com

Tungsten berasal dari bahasa swedia yaitu tung dansten yang jika digabungkan berarti "batu yang berat". Selain itu, tungsten dalam tabel periodik disimbolkan dengan huruf W yang membuatnya aneh karena tidak ada karakter huruf W dalam tungsten. Huruf W ini berasal dari wolframite yang merupakan mineral pertama dimana tungsten diisolasi pada tahun 1783.

5. Kegunaan tungsten

6 Fakta Soal Tungsten, Logam Paling Tahan Panas di Duniatungstenmind.com

Sifat tungsten yang tahan panas disebabkan oleh ikatan logam antar atom tungsten yang sangat kuat sehingga ini juga membuat tungsten memiliki struktur yang keras juga. Sifat tahan panas dan keras ini banyak dimanfaatkan untuk kehidupan manusia, misalkan pada bidang militer dimana tungsten digunakan sebagai bahan membuat peluru dan misil yang dapat menembus pelindung baja.

Selain itu, tungsten banyak digunakan untuk mengasah mata pisau gergaji dan juga sebagai perhiasan seperti cincin. Tungsten juga digunakan sebagai pengganti filamen karbon yang ditemukan Thomas Alva Edison untuk membuat lampu menyala lebih lama. Sifat tungsten yang tahan panas membuat lampu menjadi lebih tahan lama dibanding menggunakan filamen karbon.

6. Berperan dalam proses biologis pada beberapa bakteri

6 Fakta Soal Tungsten, Logam Paling Tahan Panas di Duniasciencenews.org

Beberapa organisme menggunakan logam tungsten dalam proses metabolisme tubuhnya. Seperti dilansir dari jurnal berjudul Tungsten in biological systems, beberapa bakteri seperti Clostridium thermoaceticum, C. formicoaceticum, dan Eubacterium acidaminophilum melibatkan tungsten sebagai kofaktor enzim metabolismenya.

Hal ini membuat tungsten menjadi logam transisi paling berat yang bisa terlibat dalam proses biologis. Hal ini disebabkan oleh sifat toksik tungsten yang rendah sehingga secara alami dibutuhkan oleh beberapa bakteri dan archaea. Namun, tungsten diketahui bisa sedikit toksik untuk beberapa hewan.

Nah, jadi itula 6 fakta dari logam tungsten. Logam ini jarang diketahui padahal sebetulnya kegunaannya sangat penting dalam kehidupan kita, salah satunya sebagai bahan membuat lampu. 

Baca Juga: Ini 10 Logam Terlangka di Dunia, Harganya Bisa sampai Ratusan Juta!

Deny Hung Photo Verified Writer Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya