Comscore Tracker

Bukan Iseng, 5 Alasan Kucing Suka Sembunyi di Bawah Selimut

Mulai dari stres hingga cari perhatian

Kucing kerap menunjukkan perilaku menggemaskan, tetapi juga sulit dimengerti. Salah satu kebiasaan yang membuat banyak pemilik kucing bingung adalah senang bersembunyi di bawah selimut.

Meski tampak menggemaskan, kebiasaan ini juga kadang dinilai mengganggu karena dapat meninggalkan beberapa bulu dan bahkan mungkin kotoran.  Lalu, apakah alasan kucing suka bersembunyi di bawah selimut? Adakah solusi untuk mengatasi perilaku ini? Pertanyaanmu akan dijawab dalam pembahasan berikut.

1. Naluri alami kucing

Bukan Iseng, 5 Alasan Kucing Suka Sembunyi di Bawah Selimutilustrasi kucing bersembunyi di bawah selimut (pixabay.com/StockSnap)

Kucing memiliki banyak insting yang penting untuk membantu mereka bertahan hidup. Dilansir Animal Quarters, di alam liar, kucing adalah predator sekaligus mangsa. Artinya, sementara mereka berburu hewan untuk dimakan, hewan lain yang lebih besar mungkin memburu mereka.

Bersembunyi di bawah selimut adalah naluri alami mereka dalam melindungi diri sebagai mangsa. Ini karena kucing melihat selimut sebagai ruang persembunyian yang bagus.

Sebagai predator, kucing harus cerdik. Untuk mencegah target buruan kabur, kucing akan berjongkok dan bersembunyi di suatu tempat yang tidak terlihat oleh mangsanya. Kucing yang tinggal di rumah mungkin memiliki insting bahwa di bawah selimut adalah tempat terbaik untuk bersembunyi sambil menunggu mangsa berikutnya.

2. Hangat dan nyaman

Bukan Iseng, 5 Alasan Kucing Suka Sembunyi di Bawah Selimutilustrasi kucing bersembunyi di bawah selimut (pixabay.com/Hans Braxmeier)

Saat akan tidur, kucing mungkin memilih bersembunyi di dalam selimut karena hangat dan nyaman untuk tidur, seperti dilansir Pawtrack. Kucing mungkin hanya meringkuk untuk bersantai atau benar-benar tidur pulas di bawah selimut karena tahu bahwa itu adalah tempat terhangat.

Untuk mencegah kebiasaan kucing tidur di bawah selimut, pertimbangkan untuk memberi tempat tidur sendiri di tempat yang hangat dan nyaman, seperti di pinggir jendela yang cerah atau di dekat elemen pemanas. Kamu juga bisa memberi kucing tempat tidur dengan pemanas yang akan membuatnya tetap hangat.

3. Sedang cemas dan stres

Bukan Iseng, 5 Alasan Kucing Suka Sembunyi di Bawah Selimutilustrasi kucing bersembunyi di bawah selimut (pixabay.com/jameshayes1111)

Dilansir Animal Path, kucing mungkin bersembunyi di bawah selimut saat merasa cemas atau stres. Pindah ke rumah baru, mengadopsi hewan peliharaan lain, atau adanya anggota baru dalam rumah adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan stres dan kecemasan pada kucing peliharaan. 

Bersembunyi di bawah selimut menjadi semacam kenyamanan baginya karena berat dan besar. Sama seperti selimut berbobot yang memberikan efek terapeutik pada manusia, bersembunyi di bawah selimut dapat membantu menenangkan kucing yang gelisah.

Baca Juga: Kucing 101: 6 Fakta Mata Kucing, Bisa Melihat di Cahaya Redup

4. Ingin bermain denganmu

Bukan Iseng, 5 Alasan Kucing Suka Sembunyi di Bawah Selimutilustrasi kucing bersembunyi di bawah selimut (pixabay.com/Mark Burnett)

Kucing peliharaan mungkin bersembunyi di bawah selimut karena ia ingin bermain denganmu, seperti dilansir Animal Path. Ini biasanya terjadi jika dia melihat kamu berbaring  di atas tempat tidur.

Biasanya, kucing akan bersembunyi di bawah selimut sambil bergerak ke sana ke mari untuk mendapatkan perhatianmu. Jika masih belum mendapatkan respons darimu, ia mungkin akan berusaha lebih keras mengajak kamu bermain dengan iseng mencakar atau menggigit kaki dan tanganmu.

5. Sedang ingin sendiri

Bukan Iseng, 5 Alasan Kucing Suka Sembunyi di Bawah Selimutilustrasi kucing bersembunyi di bawah selimut (pixabay.com/paperelements)

Dilansir Pawtrack, bersembunyi di balik selimut juga jadi cara kucing meluangkan waktu untuk menyendiri. Jika kucing merangkak di bawah selimut ketika tidak ada orang di kamar dan diam saja di bawah selimut, dia mungkin sedang mencari tempat yang gelap dan tenang di mana dia bisa menyendiri tanpa gangguan.

Jika kucing menunjukkan perilaku ini, biarkan ia menikmati waktu sendiri dan jangan coba mengganggunya. Mengganggu kucing yang sedang ingin sendiri akan membuat kucing kabur.

Ada banyak alasan kucing meringkuk di bawah selimut. Jika kamu merasa terganggu dengan perilaku ini dan ingin menghentikannya, penting untuk menentukan apa yang menyebabkan perilaku ini. Kamu mungkin juga perlu memberikan kucing tempat alternatif untuk meringkuk, seperti tempat tidur kucing dengan selimut atau kardus dengan selimut.

Baca Juga: 5 Alasan Kucing Selalu Menguap, Tak Melulu karena Ngantuk

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya