Comscore Tracker

Sungai Terpanjang di Asia, Ini 5 Fakta Menarik Sungai Yangtze

Rumah bagi bendungan hidroelektrik terbesar di dunia

Sungai Yangtze merupakan salah satu sungai yang terkenal di dunia yang letaknya berada di Tiongkok. Sumber Sungai Yangtze berasal dari Puncak Geladaindong di Pegunungan Tanggula yang mengalir dari barat ke bagian timur Cina melalui Qinghai, Tibet, Sichuan, Yunnan, Chongqing, Hubei, Hunan, Jiangxi, Anhui, Jiangsu, Shanghai, hingga Laut Cina Timur.

Sungai Yangtze memiliki lebih dari 700 anak sungai yang lima di antaranya memiliki panjang lebih dari 1.000 kilometer (621 mil). Setiap anak Sungai Yangtze berperan penting dalam perekonomian Tiongkok.

Selain fakta-fakta di atas, Sungai Yangtze masih memiliki beberapa fakta menarik lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan. Dilansir laman Travel China Guide dan Soft School, berikut ulasannya.

1. Sungai terpanjang di Asia

Sungai Terpanjang di Asia, Ini 5 Fakta Menarik Sungai Yangtzetripadvisor.co.uk

Sungai Yangtze juga biasa disebut dengan Sungai Chang Jiang yang dalam Bahasa Mandarin memiliki arti 'sungai panjang'. Sungai yang secara tradisional dianggap sebagai pemisah antara Tiongkok Utara dan Selatan ini memiliki panjang sekitar 6.397 km (3.975 mil).

Dengan panjangnya yang hampir 4.000 mil ini, Sungai Yangtze dianggap sebagai sungai terpanjang di Asia dan berada di urutan ketiga sebagai sungai terpanjang di dunia setelah Sungai Nil (Afrika) dan Sungai Amazon (Brazil).

Sungai Yangtze mengalir melewati beberapa kota, yaitu Yibin, Luzhou, Chongqing, Wanzhou, Yichang, Jingzhou, Yueyang, Wuhan, Jiujiang, Anging,Tongling, Wuhu, Nanjing, Zhenjiang, Nantong, dan Shanghai. Tiga di antaranya merupakan kota-kota terbesar di Cina, yaitu Wuhan, Shanghai, dan Chongqing.

2. Tempat lahirnya budaya Tiongkok selama berabad-abad

Sungai Terpanjang di Asia, Ini 5 Fakta Menarik Sungai Yangtzeamazingchinatrip.com

Sama halnya seperti Sungai Kuning, Sungai Yangtze juga merupakan tempat lahirnya budaya Tiongkok selama berabad-abad. Menariknya lagi, ditemukan fakta bahwa aktivitas di sungai terpanjang di Cina ini dapat ditelusuri sejak 27.000 tahun yang lalu yang merupakan awal dimulainya peradaban Tiongkok.

Beberapa budaya Cina yang lahir di tepian Sungai Yangtze yaitu meliputi budaya Bashu di Sichuan; Jingchu di Hubei dan Hunan; Wuyue di Jiangsu, Zhejiang, dan Shanghai.

Baca Juga: 5 Hewan Unik Ini Hidup di Sungai Nil, Mana yang Paling Menakutkan?

3. Rumah bagi bendungan hidroelektrik terbesar di dunia

Sungai Terpanjang di Asia, Ini 5 Fakta Menarik Sungai Yangtzexinhuanet.com

Di sepanjang Sungai Yangtze terdapat bendungan yang sangat besar yaitu Bendungan Tiga Ngarai atau Three Gorges Dam. Dengan panjangnya yang mencapai 2.335 meter (2.553,6 yd) dan tinggi sekitar 185 meter (607 kaki), Bendungan Tiga Ngarai dinobatkan sebagai bendungan hidroelektrik terbesar di dunia.

Tujuan utama dibangunnya Bendungan Tiga Ngarai adalah untuk mengendalikan banjir yang sering terjadi selama 2.000 tahun terakhir. Selain itu, Bendungan Tiga Ngarai juga berperan penting untuk pembangkit listrik, pelayaran, irigasi, akuakultur, hingga pariwisata. 

4. Delta Sungai Yangtze merupakan daerah terpadat dan termakmur di Tiongkok

Sungai Terpanjang di Asia, Ini 5 Fakta Menarik Sungai Yangtzeleonardo-newtonic.com

Delta Sungai Yangtze merupakan daerah yang paling makmur dan paling padat penduduknya di Tiongkok. Dilansir Travel Cina Guide, delta Sungai Yangtze menyumbang sekitar 10 persen dari total populasi di Tiongkok dan sekitar 20 persen dari PDB Tiongkok.

Beberapa kota di sekitar Sungai Yangtze yang memiliki populasi lebih dari satu juta jiwa, yaitu Shanghai, Nanjing, Hangzhou, dan Suzhou.

Delta Sungai Yangtze juga merupakan lumbung padi terbesar negara yang menghasilkan sekitar 70 persen beras dan 50 persen biji-bijian dari seluruh produksi negara. Selain itu, Sungai Yangtze juga menyediakan pasokan air untuk penduduk yang bermukim di sepanjang tepiannya dan menjadi rute transportasi penting di Tiongkok selama lebih dari 2.000 tahun.

5. Banyak hewan di Sungai Yangtze yang masuk daftar merah spesies terancam punah

Sungai Terpanjang di Asia, Ini 5 Fakta Menarik Sungai Yangtzeiucnredlist.org

Menurut World Wildlife Fund (WWF), cekungan Sungai Yangtze merupakan salah satu daerah yang paling beragam hayati di dunia, mulai dari pegunungan yang tinggi, hutan lebat, rawa basah, dan saluran air.

Selain itu, cekungan Sungai Yangtze juga kaya akan beragam fauna, meliputi 145 spesies amfibi, 166 spesies reptil, 378 spesies ikan, dan lebih dari 280 spesies mamalia.

Spesies-spesies ikan yang terkenal di Sungai Yangtze, yaitu lele kepala kuning, ikan tembaga, shad tiongkok, ikan mas, ikan teri, dan ikan puffer tiongkok. Namun sayangnya, banyak hewan di DAS Yangtze yang dimasukkan ke daftar merah spesies terancam punah oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam.

Status hewan-hewan tersebut beragam, mulai dari rentan (risiko tinggi bahaya di alam liar), terancam punah (risiko tinggi kepunahan di alam liar), hingga sangat terancam kepunahan (risiko kepunahan sangat tinggi di alam liar).

Beberapa hewan yang terancam punah di Sungai Yangtze, meliputi the finless porpoise, alligator tiongkok, yangtze turtle softshell giant, the chinese paddlefish, hingga yangtze sturgeon. Hewan-hewan tersebut terancam punah karena dimanfaatkan secara komersial, pengaruh pariwisata, dan juga polusi yang cukup tinggi di Sungai Yangtze.

Nah, itulah ulasan lima fakta menarik Sungai Yangtze yang merupakan sungai terpanjang di Asia. Tertarik untuk berkunjung ke Sungai Yangtze, Guys?

Baca Juga: 5 Sungai Terunik di Dunia, Ada yang Berwarna-warni!

Eliza ustman Photo Verified Writer Eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya