Comscore Tracker

7 Fakta Burung Hantu Kelabu, Predator Ulung dengan Pendengaran Super 

Bisa terbang tanpa suara!  

Burung hantu kelabu atau great grey owl merupakan salah satu burung hantu berukuran besar yang memiliki pendengaran super. Mereka mampu mendeteksi lokasi mangsa yang ada di bawah lapisan salju tebal hanya dengan mendengarkan suaranya saja! Burung hantu ini juga muncul di serial film Harry Potter sebagai salah satu peliharaan keluarga Weasley. 

Tahukah kamu kalau burung hantu kelabu punya susunan bulu yang membuat pendengaran mereka makin tajam? Simak tujuh fakta menakjubkan dari burung hantu kelabu berikut ini deh! 

1. Tinggal di bumi belahan utara

7 Fakta Burung Hantu Kelabu, Predator Ulung dengan Pendengaran Super unsplash.com/jamesmhammond

Burung hantu dengan nama ilmiah Strix nebulosa ini bisa kamu temukan di bumi belahan utara. Menurut laman All About Birds, umumnya mereka hidup di Amerika Utara, Skandinavia, Rusia, Siberia, hingga Mongolia.

Mereka suka tinggal di daerah yang memiliki banyak pepohonan pinus dan tetumbuhan berdaun jarum untuk bersarang sekaligus beberapa area terbuka untuk terbang berburu mangsa. 

2. Burung hantu tertinggi di Amerika Utara

7 Fakta Burung Hantu Kelabu, Predator Ulung dengan Pendengaran Super wikimedia.org/Greg Schechter

Meskipun bukan yang terbesar, burung hantu kelabu merupakan salah satu yang tertinggi di Amerika Utara. Mengutip laman Owl Research Institute, mereka memiliki tinggi rata-rata antara 61-84 sentimeter. Rentang sayap mereka juga cukup lebar, yakni mencapai 150 sentimeter.

3. Bulu supertebal nan fluffy

7 Fakta Burung Hantu Kelabu, Predator Ulung dengan Pendengaran Super wikimedia.org/FunkMonk (Michael B. H.)

Biarpun terlihat besar, burung hantu kelabu termasuk ringan di keluarganya, lho. Bobot betina berkisar 1,2 kilogram, lebih berat dari jantan yang hanya 890 gram saja. Mereka punya bulu supertebal dan fluffy yang menciptakan ilusi kalau mereka bertubuh besar. Bulu mereka juga sangat halus sehingga memungkinkan mereka untuk terbang tanpa suara!

4. Wajah bulat unik

7 Fakta Burung Hantu Kelabu, Predator Ulung dengan Pendengaran Super wikimedia.org/Tobias H

Kamu bisa mengenali burung hantu kelabu dengan mudah dari bentuk kepalanya yang bulat dan susunan bulu pada wajahnya yang melingkar. Susunan bulu melingkar ini disebut facial disk.

Bentuk cekung dari susunan bulu ini memungkinkan mereka mengumpulkan gelombang suara dan mengarahkannya langsung ke telinga. Jadi, gak heran kalau pendengaran mereka sangat tajam. 

5. Lubang telinga asimetri

7 Fakta Burung Hantu Kelabu, Predator Ulung dengan Pendengaran Super wikimedia.org/noisytoy.net

Burung hantu kelabu memiliki dua lubang telinga yang asimetri atau miring. Satu lubang telinga lebih tinggi dari lainnya. Biarpun asimetri, hal ini justru membantu mereka melacak mangsa lebih akurat. Dibantu dengan susunan bulu unik pada wajahnya, mereka mampu menemukan sumber suara dengan tepat hanya dengan pendengarannya saja.

Telinga asimetri juga dimiliki spesies burung hantu lainnya seperti serak jawa (barn owl) dan long-eared owl. Bedanya, burung hantu kelabu tidak memiliki jambul yang menutupi telinganya.

6. Predator ulung dengan pendengaran super

7 Fakta Burung Hantu Kelabu, Predator Ulung dengan Pendengaran Super wikimedia.org/Arne List

Saat mencari mangsa, burung hantu kelabu sering bertengger di ranting pohon atau terbang rendah tanpa suara sambil mendengarkan dengan cermat. Mereka terkenal memiliki kekuatan kaki yang kuat.

Kekuatan hunjaman kaki mereka bisa menembus lapisan salju tebal untuk mencengkeram mangsa yang ada di baliknya. Dengan pendengaran luar biasanya, mereka bisa memperkirakan posisi mangsa di balik lapisan salju dengan akurat. Mangsa mereka tidak punya kesempatan untuk berlari sekalipun.

7. Pemangsa mamalia kecil

7 Fakta Burung Hantu Kelabu, Predator Ulung dengan Pendengaran Super wikimedia.org/Bengt Nyman

Burung hantu kelabu merupakan karnivor yang suka memangsa mamalia kecil, seperti tikus, tupai, hingga kelinci. Terkadang mereka juga memangsa ular, katak, dan burung berukuran kecil. Ketika populasi mangsanya menurun, burung hantu kelabu akan terbang ke arah timur laut untuk mencari makanan.

Setelah tahu tujuh faktanya, bagaimana menurutmu tentang burung hantu satu ini? Apakah mereka spesies burung hantu favoritmu? 


Sumber:

https://www.owlresearchinstitute.org/great-grey-owl

https://animals.net/gray-owl/

https://www.allaboutbirds.org/guide/Great_Gray_Owl/lifehistory

https://www.allaboutbirds.org/guide/Great_Gray_Owl/overview

https://birdeden.com/great-gray-owl-facts

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart. Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya