Comscore Tracker

5 Cara Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas Saat Tersesat di Hutan

Bermanfaat banget bagi yang suka ke gunung

Pernahkah kamu berpikir bahwa ketika kamu sedang melakukan pendakian atau aktivitas di hutan lainnya dan tiba-tiba tersesat tanpa membawa kompas. Belum lagi sinyal ponsel yang mendadak hilang di masa-masa penting seperti ini. Apa yang harus kamu lakukan? 

Tersesat memang bukanlah hal yang menyenangkan. Untuk itulah, kamu harus tahu cara menentukan arah mata angin tanpa kompas agar suatu saat jika hal itu terjadi, kamu sudah tahu bagaimana mengantisipasinya. Berikut ini lima cara yang akan membantumu! 

1. Dengan matahari

5 Cara Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas Saat Tersesat di Hutanunsplash.com/Jonathan Borba

Bukan hanya sekadar pusat tata surya, masih banyak kegunaan lain dari matahari, salah satunya sebagai penunjuk arah. Matahari memiliki kebiasaan untuk terbit di sebelah timur dan terbenam di barat. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan gambaran kasar tentang arah mata angin. 

Jika berdiri menghadap matahari terbit, maka sebelah kanan kita adalah arah selatan dan sebelah kiri sudah pasti arah utara. Sebaliknya, jika berdiri menghadap matahari terbenam, maka sebelah kanan adalah arah utara sedangkan sebelah kiri adalah arah selatan.

2. Bayangan

5 Cara Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas Saat Tersesat di Hutansurvivalist.com

Selain matahari, pada siang hari kita juga dapat menentukan arah lewat bayangan dengan cara berikut:

  • Letakkan tongkat di tanah dan tandai dengan batu di mana ujung bayangannya jatuh
  • Tunggulah sekitar setengah jam. Bayangan itu akan bergerak menjadi lebih pendek atau lebih panjang.
  • Setelah setengah jam, tempatkan batu lain di ujung bayangan baru.
  • Hubungkan dengan garis lurus antara batu pertama dengan kedua.
  • Arah utara diperoleh dengan melihat garis tegak lurus atau 90 derajat dari garis yang menghubungkan batu pertama dengan kedua

3. Pohon

5 Cara Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas Saat Tersesat di Hutanunsplash.com/Hector Ramon Perez

Mudah untuk menemukan matahari jika cuaca sedang cerah. Namun, bukan berati kita tidak bisa menemukan arah saat cuacanya mendung. Masih ada cara lain untuk menentukan arah yaitu dengan memanfaatkan alam. 

Lumut hanya bisa tumbuh subur dalam kondisi lembab. Kondisi lembap seringkali terjadi di area gelap. Cari lumut yang ada pada pohon atau tempat lain di mana air tidak terkumpul secara alami.

Jika kamu menemukan banyak lumut tumbuh pada satu sisi batang pohon, maka itu bisa mengarah ke arah barat atau matahari terbenam. Sementara yang tidak ditumbuhi lumut mengarah ke matahari terbit atau timur.

Selain dengan melihat posisi lumut, juga bisa dengan melihat perbedaan kelebatan tajuk pohon karena biasanya tajuk pohon yang lebih lebat berada pada intensitas cahaya matahari yang lebih tinggi atau sebelah timur. 

Baca Juga: Tahukah Kamu? Begini Sebutan Arah Mata Angin dalam Bahasa Bali

4. Dengan bintang

5 Cara Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas Saat Tersesat di HutanPhys.org

Saat matahari terbenam, sumber daya navigasi alami siang hari dapat digantikan dengan versi malam hari yang sama bermanfaatnya yaitu bintang. Bantuan navigasi yang paling jelas di langit malam adalah bintang terang yang disebut Bintang Utara atau Bintang Polaris. Seperti namanya, bintang ini akan memberi petunjuk tentang arah utara.

Melansid laman mec.ca untuk menemukan Bintang Utara, hal terbaik yang harus dilakukan adalah melacak Big Dipper  atau Bintang Biduk yang memiliki formasi melengkung dengan 7 bintang. Temukan bentuk seperti "sendok" pada Big Dipper. Tarik garis imajiner, maka ini akan mengarah langsung ke Bintang Utara. 

Namun sayangnya, Bintang Polaris tidak bisa digunakan sebagai alat bantu navigasi jika sedang berada di selatan khatulistiwa. 

5. Jarum atau silet

5 Cara Menentukan Arah Mata Angin Tanpa Kompas Saat Tersesat di Hutanoffgridsurvival.com

Jarum atau silet bisa digunakan sebagai alat pengganti kompas untuk menunjukkan arah. Untuk menggunakannya, ikuti cara berikut:

  • Gosokkan jarum atau silet ke magnet. Jika tidak ada magnet, gosok lah ke batu atau bisa juga pada rambut. 
  • Satukan jarum atau silet pada benda ringan dan tidak mudah tenggelam seperti gabus atau daun
  • Letakkan di atas air hingga mengapung
  • Ujung jarum akan menunjukkan arah utara dan selatan

Nah, itu dia lima cara menentukan arah mata angin tanpa kompas saat tersesat. Jika kamu pergi ke tempat yang belum pernah kamu tuju, alangkah baiknya untuk selalu sedia kompas. Jika tidak, kamu bisa melakukan lima hal di atas saat tersesat. 

Baca Juga: 5 Kisah Survival Ekstrem, Ada yang Sampai Mengamputasi Tangannya

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya