Dulu Dikira Bayi Alien, Dari Sinilah Asal Muasal Mumi di Foto Ini

Penemuan ini dulunya bikin geger para peneliti

15 tahun silam, para peneliti dibuat geger dengan penemuan mumi 'alien' di Gurun Pasir Atacama, Chile. Mumi yang ditemukan berupa tengkorak berukuran enam inchi atau sekitar 15 cm. Memiliki ukuran yang sangat kecil, sementara kepala mumi itu cukup besar. Para ilmuwan pun garuk-garuk kepala.

Sebagian orang mengira mumi ini adalah sisa-sisa primata non manusia. Sementara sebuah film dokumenter menduga mumi ini menjadi bukti kunjungan alien. Namun, seiring berjalannya waktu dan serangkaian pengujian yang telah dilakukan, banyak fakta baru yang terungkap tentang mumi itu.

1. Dilakukan penelitian yang sangat mendalam untuk bisa mengungkap fakta mengenai mumi kerdil ini

Dulu Dikira Bayi Alien, Dari Sinilah Asal Muasal Mumi di Foto Inimirror.co.uk

Dilansir dari BBC, Mirror.co.uk dan CNN, serangkaian pengujian itu menunjukkan jika mumi itu adalah kerangka bayi yang baru lahir dengan mutasi ganda pada gen-gen kunci. Meski tengkorak-tengkorak ini seukuran janin, namun tes awal menunjukkan jika tulang pada kerangka ini merupakan tulang anak berusia enam hingga 8 tahun. Hal ini memicu spekulasi-spekulasi liar tentang asal usulnya.

2. Tes DNA secara komprehensif mengungkap asal usul mumi ini secara rinci

Dulu Dikira Bayi Alien, Dari Sinilah Asal Muasal Mumi di Foto Inimirror.co.uk

Pengujian tes DNA secara komprehensif yang dilakukan akhirnya mengungkap segalanya. Sampel yang diekstrasi dari sumsum tulang rusuk digunakan untuk melakukan analisis urutan gen secara keseluruhan.

3. Badan kecil mumi ini didapat dari mutasi genetik yang terjadi

Dulu Dikira Bayi Alien, Dari Sinilah Asal Muasal Mumi di Foto Inimirror.co.uk

Dari tes DNA, diketahui jika anomali merupakan hasil dari mutasi genetik. Selain badannya yang sangat kecil, kerangka itu memiliki bberapa ciri fisik yang tidak biasa. Seperti tulang rusuk yang lebih rendah dari manusia pada umumnya, dan kepala yang berbentuk kerucut.

Pengujian ini memastikan jika tengkorak dan tulang-tulang itu merupakan tengkorak manusia. Diketahui jika mumi ini adalah bayi perempuan dengan beberapa mutasi pada gen yang terkait dengan dwarfisme atau kekerdilan, skoliosis dan kelainan pada otot serta tulang.

4. Saat masih hidup mumi ini mengalami gangguan tulang

Dulu Dikira Bayi Alien, Dari Sinilah Asal Muasal Mumi di Foto Inimirror.co.uk

Adanya pematangan proporsional dari tulang belulang membuat para peneliti percaya mutasi gen yang terjadi lebih dari satu. Tulang-tulang pada mumi ini mengalami gangguan penuaan yang langka. Sehingga membuat tulang ini nampak lebih tua dari usia aslinya.

5. Jadi sudah terungkap nih, kalau ini bukan mumi alien. Tapi mumi bayi perempuan dengan kondisi fisik yang cacat

Dulu Dikira Bayi Alien, Dari Sinilah Asal Muasal Mumi di Foto Inimirror.co.uk

Para peneliti menyakini bayi perempuan ini meninggal tidak lama setelah lahir. Bayi ini bisa dibilang lahir dalam kondisi yang cacat yang cukup parah sehingga kecil kemungkinan bisa bertahan lama. Detail pengujian pada mumi ini dipublikasikan di jurnal Genome Research.

IAKT Photo Verified Writer IAKT