Comscore Tracker

Mengenal Penguin Adelie yang Mungil dan Menggemaskan

Penguin ini memiliki mata bulat yang lucu

Penguin merupakan salah satu jenis burung yang tidak bisa terbang. Kebanyakan penguin hidup di daerah dingin seperti Antartika. Meskipun tidak bisa terbang, penguin merupakan perenang yang andal.

Salah satu jenis penguin yang hidup di Antartika adalah penguin Adelie (Pygoscelis adeliae). Jenis penguin ini bertubuh mungil dengan mata bulat berwarna hitam. Simak fakta menarik tentang penguin Adelie di artikel ini.

1. Asal-usul nama

Mengenal Penguin Adelie yang Mungil dan MenggemaskanNama penguin ini berasal dari nama istri sang penemu (dok. Australian Antarctic Program)

Jenis penguin Adelie ditemukan oleh penjelajah asal Prancis, Jules Dumont d'Urville. Ia menemukan Penguin ini pada 1840 ketika sedang menjelajahi Benua Antartika. d'Urville kemudian memutuskan untuk memberikan nama seperti istrinya, Adele.

Nama ilmiah dari penguin ini adalah Pygoscelis adeliae. Kata 'Pygoscelis' ini sendiri memiliki arti berkaki kasar. Jenis penguin Pygoscelis sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yang salah satunya adalah penguin Adelie.

2. Kecil-kecil cabai rawit

Mengenal Penguin Adelie yang Mungil dan MenggemaskanPenguin Adelie berani menyerang predator yang bertubuh lebih besar (dok. Australian Antarctic Program)

Penguin Adelie merupakan jenis penguin yang memiliki tubuh paling kecil di antara semua penguin yang tinggal di Antartika. Namun, kamu jangan terkecoh dengan penampilannya. Penguin ini dikenal sebagai penguin yang pemberani.

Mereka tidak takut dengan hewan yang memiliki tubuh lebih besar. Penguin ini juga berani menyerang predator-predator yang ingin memangsanya. Mereka memanfaatkan siripnya untuk menyerang musuh.

3. Memakan ikan dan udang

Mengenal Penguin Adelie yang Mungil dan MenggemaskanPenguin Adelie yang akan menyelam (dok. Australian Antarctica Program)

Makanan penguin Adelie berbeda-beda tergantung tempat tinggalnya. Kebanyakan mereka memakan ikan kecil dan terkadang ubur-ubur. Penguin Adelie juga memakan hewan laut sejenis udang.

Hewan laut ini disebut sebagai krill (Euphasia sp.). Penguin ini juga memiliki kemampuan menyelam yang hebat. Biasanya mereka menyelam di kedalaman 70 meter di bawah laut, tetapi beberapa penguin bisa menyelam hingga kedalaman 175 meter.

Baca Juga: Kenalan dengan Penguin Gentoo, Perenang Tercepat di Keluarga Penguin

4. Dari kecil sudah hidup mandiri

Mengenal Penguin Adelie yang Mungil dan MenggemaskanAnak penguin Adelie yang menetas dalam 14 hari (dok. Australian Antarctica Program)

Penguin Adelie biasanya akan bertelur pada pertengahan November. Kedua induk akan bergantian menjaga telur mereka selama 11 hingga 14 hari. Induk penguin yang tidak menjaga anak-anak akan mencari makanan ke laut.

Pada usia tujuh hingga sembilan minggu, anak penguin Adelie akan pergi ke laut untuk pertama kali. Anak-anak penguin ini tidak hanya mencari makanan, tetapi meninggalkan koloni asal mereka. Kemudian, mereka akan kembali ke koloni mereka untuk berkembang biak pada usia tiga hingga lima tahun..

5. Penguin ini nakal!

Mengenal Penguin Adelie yang Mungil dan MenggemaskanPenguin Adelie yang sedang menjaga telurnya (dok. Australian Antarctic Program)

Ketika membangun sarangnya, penguin Adelie jantan akan mencari batu berukuran kecil yang ditemukan di sekitarnya. Mereka akan mengambil batu ini dengan paruhnya atau dengan menggulirkan batu tersebut. Dalam proses pembangunan, penguin ini akan mencari batu yang terbaik untuk menarik penguin betina.

Mereka akan berusaha keras untuk mendapatkan betina agar bisa berkembang biak. Sarang penguin akan dibuat sebesar dan semenarik mungkin. Jika penguin tidak bisa menemukan batu yang bagus, mereka tidak segan untuk mencuri batu dari sarang penguin lain!

Menggemaskan bukan penguin ini? Penampilannya penguin ini terlihat seperti sedang mengenakan setelan tuksedo. Selain itu, ciri khas penguin ini terletak di matanya yang memiliki lingkaran berwarna putih.

Apakah kamu tahu jenis-jenis penguin lain yang tidak kalah menggemaskan? Penguin mana yang menjadi favorit kamu? Bagikan tanggapan kamu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Penguin Galapagos, Spesies Penguin yang Hidup di Iklim Tropis

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya