Comscore Tracker

5 Fakta Michelangelo, Maestro Seniman dengan Sifat Perfeksionis

Karya puisinya sungguh menakjubkan

Michelangelo merupakan salah satu seniman terhebat sepanjang masa yang sangat berkontribusi terhadap perkembangan di dunia seni. Pria asal kota Roma, Italia ini diyakini memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata bahkan melebihi sang ilmuwan fisika, Albert Einstein.

Keahlian dari sang maestro Michelangelo di bidang seni meliputi pemahat, pelukis, penyair, penulis hingga arsitek. Lalu apa sajakah fakta menarik dibalik kehidupan Michelangelo, berikut ulasannya :

1. Orang pertama dalam sejarah yang memiliki Autobiografi

5 Fakta Michelangelo, Maestro Seniman dengan Sifat Perfeksionisthevintagenews.com

Autobografi merupakan buku yang menjelaskan tentang perjalanan kehidupan seseorang secara detail yang didukung oleh fakta yang akurat. Dikarenakan banyaknya dari orang Italia yang sangat memuja Michelangelo pada saat itu maka semua orang ingin tahu tentang fakta-fakta menarik dari kehidupan sang maestro.

Itulah alasan mengapa Michelangelo menulis autobiografinya sendiri kemudian mempublikasinya di publik dan merupakan buku autobiografi pertama sepanjang sejarah. Semasa hidupnya, Michelangelo telah membuat dua buku autobiografi tentang dirinya.

2. Seorang peniru yang ulung

5 Fakta Michelangelo, Maestro Seniman dengan Sifat Perfeksionisfirenzetoday.it

Bukan sekadar peniru biasa, pada tahun 1496 Michelangelo pernah membuat gempar masyarakat Italia dengan meniru patung Romawi kuno yang bernama Sleeping Cupid lalu menyerahkannya kepada seseorang dan mengatakan bahwa patung tersebut asli. Patung hasil tiruannya tersebut berhasil terjual kepada Kardinal Riario dengan harga yang fantastis.

Berkat kasus tersebut nama dari Michelangelo pun semakin populer di kalangan masyarakat Italia dan melambungkan karirnya sebagai seniman. Diketahui Michelangelo beserta temannya Lorenzo de Medici mengubur patung asli dari Sleeping Cupid di suatu tempat yang sangat rahasia.

3. Mempunyai beberapa kebiasaan yang buruk

5 Fakta Michelangelo, Maestro Seniman dengan Sifat Perfeksionistheculturetrip.com

Michelangelo tidak pernah menikah serta memiliki keturunan. Akan tetapi ia pernah beberapa kali dikabarkan menjalin hubungan dengan beberapa wanita. Meskipun hidup dengan penuh harta, penampilan dari Michelangelo layaknya seperti orang melarat. Hal ini dikarenakan Michelangelo jarang mengganti pakaian dan jarang mandi. Di ujung usianya, sang seniman ini menghabiskan sisa hidupnya dengan menyendiri.

Baca Juga: Kisah Girija Srinivas, Pelukis 21 Tahun yang Terjebak di Tubuh Balita

4. Memiliki sifat pemarah dan perfeksionis

5 Fakta Michelangelo, Maestro Seniman dengan Sifat Perfeksioniskhanacademy.org

Menghasilkan karya-karya yang menakjubkan merupakan hasil dari sifat Michelangelo yang merupakan seorang perfeksionis. Michelangelo sangat keras pada dirinya sendiri dalam urusan pekerjaan. Suasana hatinya yang sering tidak stabil membuat ia merasa tidak puas dan sering emosi. Terlebih lagi, sifatnya yang selalu mengkritik membuat Michelangelo di jauhi oleh teman-temannya.

5. Kebanyakan karya dari Michelangelo adalah puisi

5 Fakta Michelangelo, Maestro Seniman dengan Sifat Perfeksionisthetimes.co.uk

Michelangelo dikenal sebagai seniman yang sangat produktif. Beberapa karyanya terdiri dari lukisan, patung dan tulisan-tulisan sastra termasuk puisi. Kebanyakan karya dari Michelangelo yang masih tersimpan adalah naskah puisi yang berjumlah ratusan. Ia sering menulis puisi yang membahas tentang cinta, nafsu, spiritualitas, kesetiaan dan jiwa manusia.

Nah, itulah 5 fakta menarik dari seniman asal Italia, Michelangelo yang memiliki bakat dan karya-karya seni yang menakjubkan.

Baca Juga: Lukisan Ini Terlihat Mengerikan, Kamu Harus Tahu 12 Fakta Tentang Pelukisnya!

Muhammad Idris Photo Verified Writer Muhammad Idris

impossible is the word only found in a Fool's dictionary. ( Napoleon Bonaparte )

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya