Fosil Ichthyosaurus Ditemukan oleh Gadis Berusia 11 Tahun

Ini adalah reptil laut yang bentuknya seperti lumba-lumba

Penemuan fosil dinosaurus terkadang terjadi secara tidak sengaja. Ada yang menemukannya saat sedang merenovasi rumah, ada pula yang ditemukan ketika sedang berlibur ke suatu tempat.

Salah satunya dialami oleh gadis berusia 11 tahun bernama Ruby Reynolds, yang menemukan fosil Ichthyosaurus. Berikut kisah lengkapnya!

1. Bukan dinosaurus, melainkan reptil laut

Sebenarnya Ichthyosaurus bukan termasuk dinosaurus, melainkan sejenis reptil laut. Bentuknya seperti lumba-lumba dan hidup di era Mesozoikum.

Panjangnya bervariasi, antara 1–20 meter. Mereka berkepala runcing, menghirup udara, berdarah panas, dan melahirkan.

Diperkirakan, Ichthyosaurus pertama kali muncul sekitar 250 juta tahun yang lalu dan bertahan hingga 90 juta tahun yang lalu.

2. Fosilnya kerap ditemukan di Inggris

Fosil Ichthyosaurus Ditemukan oleh Gadis Berusia 11 Tahunilustrasi bendera Inggris (pixabay.com/terimakasih0)

Saat bertamasya ke desa Blue Anchor bersama keluarganya pada Mei 2020, Ruby dan ayahnya menemukan sepotong fosil yang menempel di batu. Tepatnya di sepanjang muara Sungai Severn.

“Kami berdua sangat gembira karena kami belum pernah menemukan fosil tulang sebesar ini. Dan tidak lama kemudian dia (Ruby) menemukan potongan tulang lain yang jauh lebih besar,” ungkap Justin Reynolds, ayah Ruby.

Pada tahun 1811, fosil Ichthyosaurus juga ditemukan oleh gadis berusia 12 tahun bernama Mary Anning di pantai dekat rumahnya di barat daya Inggris. Jaraknya hanya 50 mil (80,4 kilometer) dari fosil yang ditemukan oleh Ruby Reynolds.

3. Bersama para peneliti dan kolektor, mereka menggali fosil tersebut

Setelah itu, ayah Ruby menghubungi Dean Lomax (peneliti di University of Bristol) dan Paul de la Salle (kolektor fosil amatir). Bersama-sama, mereka menggali dengan sekop untuk mengumpulkan fosil yang tersisa.

Lalu, mereka menghubungi Marcello Perillo (ahli paleontologi dari University of Bonn, Jerman) untuk memastikan jenisnya. Mereka menamakannya Ichthyotitan severnensis, yang diperkirakan bisa tumbuh hingga 82 kaki (25 meter).

Fosil ini dideskripsikan secara detail di jurnal PLOS One, yang diterbitkan pada 17 April 2024. Menurut mereka, Ichthyotitan severnensis hidup sebelum kepunahan massal yang mengakhiri periode Trias.