Comscore Tracker

7 Hewan dengan Indra Penciuman Terbaik, sampai Puluhan Km

Tapi mencium bau ketidakberesan tak membuat mereka julid

Beberapa hewan memiliki kemampuan khusus yang tidak bisa ditandingi oleh manusia. Seperti mata setajam burung elang, kemampuan mendengar sebagus kelelawar, keahlian memanjat secakap monyet atau kemampuan berlari secepat cheetah. Selain itu, indra penciuman manusia pun tak sebagus hewan-hewan ini!

Jangan ragukan kemampuan hewan ini dalam mencium aroma dan bau! Bahkan, ada yang bisa mencium bau hingga jarak puluhan kilometer, lho! Hewan apa saja yang dimaksud?

1. Ular

7 Hewan dengan Indra Penciuman Terbaik, sampai Puluhan Kmtheconversation.com

Rata-rata ular memiliki indra penglihatan yang buruk. Tapi, semesta tetap adil. Ular mengandalkan indra penciuman dan peraba yang sangat sensitif.

Yang bikin unik, hidung ular berfungsi untuk bernapas, sementara mereka mencium bau lewat lidahnya! Itulah jawaban mengapa ular sering menjulurkan lidahnya keluar.

Lidah ini mengumpulkan aroma dari udara. Apabila lidah kembali ke mulut, maka akan menyentuh organ sensoris khusus yang bernama organ Jacobson, terang laman World Atlas. Letaknya ada di bagian langit-langit mulut dan berfungsi untuk memberitahu bau pada ular. Selain itu, ular tak perlu capek-capek membuka mulut untuk menjulurkan lidah.

2. Ngengat

7 Hewan dengan Indra Penciuman Terbaik, sampai Puluhan Kmbutterfly-conservation.org

Hewan mungil ini memiliki indra penciuman yang lebih baik dari manusia. Mereka mencium dengan antena, kaki, palpus dan bagian tubuh lain yang memiliki reseptor indra, terang laman Animal Corner. Indra penciuman ini punya fungsi penting, yakni menemukan makanan dan pasangan untuk kawin.

Contohnya, ngengat betina mencium aroma feromon yang dikeluarkan oleh ngengat jantan. Feromon ini tersebar ke udara melalui perut, sisik pada sayap hingga segmen tibia kaki. Yang bikin kagum, feromon yang dilepaskan oleh ngengat dapat dideteksi dari jarak delapan kilometer! What an unique ability!

3. Ikan hiu

7 Hewan dengan Indra Penciuman Terbaik, sampai Puluhan Kmscoopnest.com

"Ikan hiu bisa mencium aroma darah di lautan". Apakah mitos itu benar dan bisa dibuktikan secara ilmiah? Faktanya, beberapa jenis ikan hiu memang bisa mencium aroma darah dalam jarak seperempat mil (400 meter), ungkap laman Ripley's. Perlu dicatat, hiu tidak selalu menjadi agresif walau ada aroma darah yang tercium olehnya.

Di antara semua jenis ikan hiu, yang memiliki indra penciuman paling hebat adalah hiu putih besar (Carcharodon carcharias). Indra ini bernama olfactory bulb yang dikendalikan oleh 2/3 dari otak ikan hiu. Indra penciumannya ratusan kali lebih kuat dari manusia dan diandalkan untuk memburu mangsanya.

4. Beruang

7 Hewan dengan Indra Penciuman Terbaik, sampai Puluhan Kmbritannica.com

Walau otak beruang hanya sepertiga dari ukuran otak manusia, jangan remehkan kemampuannya dalam mencium aroma! Tak tanggung-tanggung, indra penciuman beruang lima kali dari yang dimiliki manusia, ujar laman World Atlas. Berkat ukurannya, indra penciuman ini 2.100 kali lebih baik dari manusia!

Beruang memanfaatkan indra penciumannya yang tajam untuk berbagai keperluan. Seperti menemukan pasangan, mencari makanan, melacak anak-anaknya serta menghindari bahaya. Yang lebih keren, beruang bisa mendeteksi bangkai hewan dari jarak 20 mil atau setara dengan 32,18 kilometer. Amazing, right?

Baca Juga: Sangat Kuat, Ini 7 Hewan dengan Kulit Paling Menakjubkan di Dunia

5. Gajah

7 Hewan dengan Indra Penciuman Terbaik, sampai Puluhan Kmnrdc.org

Indra penglihatan gajah tidak terlalu bagus. Oleh karena itu, gajah memanfaatkan indranya yang lain, yakni indra penciuman. Mereka bisa mendeteksi keberadaan air hingga 12 mil (19,3 kilometer), tutur laman Seaworld Parks & Entertainment. Lubang hidungnya ada di bagian ujung belalai dan berguna untuk bernapas, menyedot air dan mencium bau.

Apabila ada aroma yang memasuki lubang hidung, tujuh turbin olfaktorius akan bekerja. Turbinals merupakan ikal tulang yang mempunyai jutaan sel reseptor penciuman. Aroma ini diteruskan ke organ Jacobson yang letaknya ada di jaringan lunak di atap mulut. Gajah mengandalkan indra penciumannya untuk bertahan hidup di alam liar.

6. Anjing

7 Hewan dengan Indra Penciuman Terbaik, sampai Puluhan Kmcoldnosecompanions.com

Sahabat kesayangan manusia ini dikenal berkat indra penciumannya yang tajam. Berkat hal ini, tak jarang pihak kepolisian menggunakan anjing untuk melacak bau pada kasus kriminal. Menurut James Walker, mantan direktur Sensory Research Institute di Florida State University, indra penciuman anjing 10.000 kali lebih baik dari manusia.

Sementara, menurut Alexandra Horowitz, peneliti kognisi anjing di Barnard College, anjing bisa mendeteksi satu sendok teh gula di dalam satu juta galon air atau setara dengan dua kolam seukuran olimpiade, ungkapnya di laman Public Broadcasting Service (PBS). Kemampuannya sungguh luar biasa, ya?

7. Burung kiwi

7 Hewan dengan Indra Penciuman Terbaik, sampai Puluhan Kmstlouisschoolnewspaper.com

Terakhir, ada burung kiwi, burung mungil dengan panjang 35-45 cm dan berat 0,8-1,9 kilogram. Indra penciumannya lebih baik dari jenis burung lain. Burung kiwi adalah satu-satunya burung dengan lubang hidung di ujung paruhnya. Berkat ini, mereka bisa mengetahui apakah ada cacing atau tidak di dalam tanah untuk dimakan.

Nah, itulah 7 hewan yang mempunyai indra penciuman paling tajam dan lebih baik dari manusia. Kamu paling takjub dengan hewan yang mana nih?

Baca Juga: 10 Hewan yang Punya Motif Unik di Tubuh Mereka, Ada yang Bentuk Hati!

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya