Comscore Tracker

8 Zona Waktu Planet di Tata Surya, Samakah dengan Bumi 24 Jam/Hari? 

Kecepatan rotasi dan orbit mempengaruhi zona waktu

Tata surya kita memiliki 8 planet yang setiap hari berputar mengelilingi matahari. Zona waktu pada planet di sistem tata surya berbeda pada masing-masing planet.

Bumi memiliki zona waktu 24 jam per hari dan mungkin tidak sama dengan planet lainnya. Kecepatan rotasi dan kecepatan orbit menjadi alasan mengapa setiap planet memiliki perbedaan zona waktu yang berbeda.

Dilansir dari situs World Atlas dan Universe Today, berikut zona waktu yang berlaku pada setiap planet di sistem Tata Surya kita. 

1. Merkurius

8 Zona Waktu Planet di Tata Surya, Samakah dengan Bumi 24 Jam/Hari? businesslive.co.za

Merkurius memiliki jarak sekitar 35,98 juta mil dari matahari. Menurut Universe Today,  planet ini memiliki periode orbit 88 hari (tepatnya 87.969), yang berarti satu tahun adalah 88 hari Bumi atau setara dengan sekitar 0,241 tahun Bumi.

Karena lambatnya rotasi, planet ini membutuhkan sekitar 58,64 hari bumi atau 1,408 jam sehari di Merkurius untuk berputar pada porosnya.

Zona waktu ini dikenal sebagai waktu sideris. Diperlukan waktu sekitar 176 hari bagi planet ini untuk mengalami satu matahari terbit hingga matahari terbit keesokan harinya.

Hal ini disebabkan oleh kedekatan planet dengan matahari dan kecepatan tinggi mengorbit disekitar matahari. Sehingga Merkurius memiliki tahunan yang setara dengan 88 hari di Bumi. 

2. Venus

8 Zona Waktu Planet di Tata Surya, Samakah dengan Bumi 24 Jam/Hari? Pixabay.com/GooKingSword

Venus adalah planet kedua setelah Merkurius yang lebih dekat dengan matahari pada jarak sekitar 67,24 juta mil dari matahari. Menurut World Atlas, kecepatan rotasi venus menjadi yang paling lambat, hanya mencapai 4.0 mph dibandingkan dengan kecepatan rotasi bumi yang mencapai 1040 mph. Venus menyelesaikan orbit tunggal 224,7 hari sekali.

Hal ini dapat disimpulkan bahwa satu tahun di Venus bekerja sekitar 0,6152 tahun Bumi. Dalam setahun, planet ini hanya mengalami dua matahari terbit dan dua matahari terbenam.

Venus membutuhkan 243.025 hari bumi atau 5.832 jam untuk berputar pada porosnya. Dengan kata lain, satu hari dibumi setara dengan  243 hari di Venus. 

Baca Juga: Sudah Siap Pindah? 8 Planet Ini Diperkirakan Bisa Dihuni oleh Manusia

3. Bumi

8 Zona Waktu Planet di Tata Surya, Samakah dengan Bumi 24 Jam/Hari? Pixabay.com/PIRO4D

Bumi merupakan satu-satunya planet yang dihuni manusia. Planet ini mengalami putaran pada porosnya dalam waktu 23 jam 56 menit dan 4,1 detik. Sehingga dibutuhkan rata-rata 24 jam untuk satu hari matahari di bumi, dan ini waktu yang dibutuhkan matahari setiap kali muncul di bumi.

Zona waktu yang berlaku dalam satu hari dan malam adalah 24 jam. Planet Bumi kita membutuhkan 365,256 hari untuk mengelilingi matahari. Planet-planet lain di tata surya memiliki waktu yang berbeda dengan Bumi.

4. Mars

8 Zona Waktu Planet di Tata Surya, Samakah dengan Bumi 24 Jam/Hari? Pixabay.com/skeeze

Mars memiliki zona waktu yang hampir sama dengan bumi. Satu hari di planet Mars membutuhkan 24 jam, 39 menit dan 35 detik untuk berputar pada porosnya. Hal ini menyimpulkan bahwa satu hari di Mars sama dengan 25 jam di Bumi.

Mars memiliki kesamaan dengan kemiringan 25,19 derajat dibandingkan dengan bumi yang berada pada kemiringan 23,4 derajat. Variasi musim di Mars memakan waktu dua kali lebih lama dibandingkan dengan bumi karena jaraknya dengan Matahari. Akibatnya, satu tahun di Mars menjadi 687 hari di Bumi. 

5. Jupiter

8 Zona Waktu Planet di Tata Surya, Samakah dengan Bumi 24 Jam/Hari? Pixabay.com/TBIT

Jupiter merupakan planet terbesar dan hanya membutuhkan 9 jam, 55 menit dan 30 detik. Ini dapat disimpulkan satu tahun di Jupiter tidak hanya setara dengan 4.332,59 Bumi , tetapi 10.475,8 hari Yovian.

Kecepatan rotasi pada jupiter yang mencapai 28,148 mph menjadi alasan planet ini memiliki waktu yang lebih pendek. Di Jupiter, Matahari akan terlihat pada titik yang sama di langit dalam waktu sekitar sepuluh jam. Dalam satu tahun jovian, matahari akan terbit dan terbenam sekitar 10.476 kali.

6. Saturnus

8 Zona Waktu Planet di Tata Surya, Samakah dengan Bumi 24 Jam/Hari? Pixabay.co./12019

Planet Saturnus mengalami situasi yang sa dengan Jupiter. Kecepatan rotasi planet ini mencapai 22.058,67 mil per jam. Ini membuktikan bahwa Saturnus memerlukan waktu rata-rata 10 jam 33 menit untuk menyelesaikan satu putaran sidereal.

Dilansir dari situs Universe Today, Saturnus mengalami beberapa perubahan musim yang agak panjang. Tetapi karena menjadi raksasa gas, ini tidak menghasilkan variasi suhu. Jika diperkirakan, satu hari di Saturnus sama dengan setengah hari di Bumi. Satu tahun cronian di Saturnus setara dengan 24.491 hari waktu Saturnus. 

7. Uranus

8 Zona Waktu Planet di Tata Surya, Samakah dengan Bumi 24 Jam/Hari? Pixabay.com/AD_Images

Planet Uranus memiliki kemiringan 97,7 derajat, sehingga membuat salah satu kutub menunjuk hampir langsung menuju matahari selama perjalanan orbitnya.

Oleh karena itu, selama musim panas akan mengalami sinar matahari terus menerus selama 42 tahun, dan satu sisi yang menghadap jauh dari matahari mengalami 42 tahun tanpa sinar matahari. Satu hari di Uranus membutuhkan 17 jam, 14 menit dan 24 detik. 

8. Neptunus

8 Zona Waktu Planet di Tata Surya, Samakah dengan Bumi 24 Jam/Hari? zmescience.com

Neptunus adalah planet gas yang memiliki kecepatan rotasi berbeda di lintang yang berbeda. Neptunus memiliki rotasi samping sekitar 16 jam, 6 menit, dan 36 detik atau setara dengan 0,6713 hari di Bumi.

Kecepatan rotasi di khatulistiwa membutuhkan waktu 18 jam, sementara di kutub ekstrem membutuhkan waktu 12 jam. Neptunus disebut sebagai planet dengan kecepatan rotasi differensial tertinggi disemua planet di tata surya. 

Nah, zona-zona waktu yang berlaku di planet-planet dalam sistem tata surya berbeda dan dipengaruhi oleh jarak dan kecepatan orbit mengelilingi matahari. Pengetahuan tentang bumi dan antariksa selalu menarik untuk dipelajari bukan?

Baca Juga: Punya Lautan Juga! Ini 9 Fakta Jupiter, Planet Raksasa Pelindung Bumi

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya