Comscore Tracker

Tak Biasa, 5 Hewan Ini Memiliki Warna Biru yang Cantik 

Padahal, biasanya hewan jenis mereka gak berwarna biru 

Tahukah kamu hewan apa saja yang berwarna biru? Mungkin kamu akan menjawab ikan karena beberapa jenis ikan memang memiliki warna biru yang mencolok, misalnya ikan blue tang pacific yang muncul sebagai Dory di film Finding Nemo. Burung yang berwarna biru pun cukup umum, misalnya burung hyacinth macaw.

Namun, ternyata ada pula beberapa hewan yang sangat unik karena berwarna biru, padahal biasanya hewan-hewan sejenis mereka gak berwarna biru. Inilah enam contoh hewan unik dengan warna biru tersebut.

1. Augochloropsis sumptuosa

Tak Biasa, 5 Hewan Ini Memiliki Warna Biru yang Cantik armn.org

Lebah biasanya identik dengan warna kuning hitam. Namun, lebah yang satu ini beda. Lebah dari spesies Augochloropsis sumptuosa ini justru memiliki warna biru yang ngejreng pada tubuhnya.

Sedikit yang diketahui tentang perilaku lebah ini, tapi Discover Life menyebut lebah ini berukuran kecil yaitu hanya sekitar 11 mm dan tersebar di Amerika Serikat.

2. Penguin kecil 

Tak Biasa, 5 Hewan Ini Memiliki Warna Biru yang Cantik smithsonianmag.com

Sementara penguin biasanya memiliki warna khas pada tubuhnya, yaitu putih hitam yang polanya seperti tuksedo, little penguin alias penguin kecil (Eudyptula minor) sangat unik karena justru bulunya berwarna putih biru.

Penguin kecil adalah spesies penguin terkecil di dunia dengan tinggi rata-rata hanya 30 cm dan berat 1 hingga 1,2 kg, seperti dilansir Animal Diversity. Saat masih muda, bulu mereka berwarna biru terang dan semakin gelap saat makin dewasa. Penguin yang unik ini bisa kamu temukan di Australia sebelah selatan hingga ke Selandia Baru.

Baca Juga: Unik, 5 Hewan Ini Justru Diberi Nama Berdasarkan Hewan Lain 

3. Ular blue racer

Tak Biasa, 5 Hewan Ini Memiliki Warna Biru yang Cantik inaturalist.org

Warna ular yang umum biasanya adalah warna-warna gelap, seperti hitam,cokelat, atau warna-warna cerah seperti merah, kuning, dan hijau. Namun, ular blue racer (Coluber constrictor foxii) memiliki warna yang tak biasa, yaitu biru. Dilansir laman Ontario Nature, warna ular ini berkisar biru pucat hingga biru kehijauan.

Blue racer sendiri adalah subspesies dari Coluber constrictor atau biasa disebut eastern racer. Ukuran ular ini cukup besar dengan panjang mencapai 2 meter. Selain itu mereka juga bisa bergerak cepat, sesuai dengan namanya racer yang berarti pembalap. Meski besar dan cepat, ular ini tidak berbisa.

4. Iguana biru 

Tak Biasa, 5 Hewan Ini Memiliki Warna Biru yang Cantik blueiguanasouvenirs.com

Warna biru juga cukup jarang dijumpai pada kadal, yang biasanya berwarna hijau atau warna-warna gelap. Namun, iguana grand cayman(Cyclura lewisi) atau iguana biru memiliki warna biru pucat yang unik. Dilansir Smithsonian, warna biru kadal ini bahkan akan semakin mencolok saat musim kawin.

Warna biru yang dimiliki kadal ini memberikan perlindungan bagi mereka karena membuat mereka mudah berkamuflase di daerah bebatuan tempat mereka tinggal. Sesuai namanya, iguana ini adalah endemik Pulau Cayman Besar di Kepulauan Cayman di Laut Karibia.

5. Siput laut biru 

Tak Biasa, 5 Hewan Ini Memiliki Warna Biru yang Cantik australiangeographic.com.au

Terakhir, bahkan siput pun ada yang berwarna biru, yaitu siput laut biru (Glaucus atlanticus) atau disebut juga naga biru. Hewan ini memiliki penampilan yang sangat unik. Selain warna birunya yang mencolok, mereka juga memiliki enam alat gerak mirip sayap yang membuat mereka disebut naga biru atau kadang malaikat biru.

Pada saat berenang seperti pada foto di atas, siput laut biru sebenarnya berenang terbalik, lho. Mereka mengarahkan perutnya yang biru cerah ke atas serta bagian atas tubuhnya yang kelabu ke bawah. Menurut laman Oceana, itu memberikan mereka kamuflase terhadap predator dari atas dan dari bawah sekaligus.

Meski tampak cantik, siput laut biru memiliki bisa dan mampu menyengat. Itu karena makanan siput ini adalah ubur-ubur portugis yang beracun dan mereka bisa mengonsentrasikan sel penyengat dari ubur-ubur portugis untuk melindungi diri. Itu membuat sengatan mereka bahkan lebih berbahaya daripada ubur-ubur portugis itu sendiri!

Itulah lima hewan yang unik karena berwarna biru meskipun hewan sejenis mereka biasanya gak berwarna biru. Menurutmu, yang mana yang paling unik dari antara mereka?

Baca Juga: 5 Hewan yang Jago Menyamar Jadi Hewan Lain, Bikin Terkecoh!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya