6 Fakta Unik Gas Hidrogen, Si Unsur Nomor Satu di Alam

Kenalan lebih mendalam dengan senyawa hidrogen, yuk!

Apakah kalian pernah melihat atau menaiki balon udara? Terbang ke angkasa dengan disuguhi pemandangan cantik dengan suasana romantis dan menyenangkan. Sebelumnya gas hidrogen digunakan untuk mengisi balon udara, namun sekarang digantikan gas helium.

Selain digunakan mengisi balon di masa lalu, hidrogen kita temui pada senyawa air. Pastinya semua tidak asing dengan benda cair ini. Segala kebutuhan 24/7 berhubungan dengan air, sebut saja minum, urusan kamar mandi, dan mencuci.

Hidrogen memiliki karakteristik dan fakta unik di balik nama serta wujudnya. Apa sajakah itu? Yuk, kita menggali ilmu bersama.

1. Apa itu hidrogen?

6 Fakta Unik Gas Hidrogen, Si Unsur Nomor Satu di Alamilustrasi hidrogen (pixabay.com/oakroot)

Hidrogen adalah unsur berbentuk gas dengan simbol H. Dia berada urutan ke-satu dalam tatanan tabel periodik. Bagaimana penampakan hidrogen? Ketika berada di suhu dan tekanan standar, wujud hidrogen adalah gas tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak larut dalam air.

2. Asal penamaan hidrogen

6 Fakta Unik Gas Hidrogen, Si Unsur Nomor Satu di Alamilustrasi penamaan hidrogen (pexels.com/Pixabay)

Atom hidrogen bersama helium timbul 379 ribu tahun setelah peristiwa Big Bang. Pada tahun 1766, hidrogen diidentifikasi sebagai unsur oleh peneliti Inggris bernama Henry Cavendish setelah memisahkan gas hidrogen.

Lalu, siapa yang menamai hidrogen? Seorang ahli kimia Prancis, Antoine Lavoisier, memberi nama hidrogen berasal dari bahasa Yunani. Kata ‘hydro’ yang memiliki makna air dan ‘genes’ berarti pembentukan.

3. Jumlah paling melimpah

6 Fakta Unik Gas Hidrogen, Si Unsur Nomor Satu di Alamilustrasi jumlah hidrogen melimpah (pexels.com/Alberlan Barros)

Hidrogen dikenal sebagai unsur paling banyak ditemukan. Bayangkan, ternyata 75 persen massa unsur alam semesta tersusun atas hidrogen. Bintang-bintang dan planet gas raksasa pun melimpah gas hidrogen. Bukan jumlah yang sedikit, bukan?

Walaupun jumlahnya tak terbatas, unsur hidrogen langka dijumpai secara bebas di bumi. Hidrogen dapat ditemukan setelah berikatan dengan unsur lain, contohnya air. Pembuatan unsur hidrogen dilakukan melalui reaksi skala laboratorium dan skala industri.