Comscore Tracker

10 Hewan dengan Migrasi Terjauh, Benar-benar Bisa Keliling Dunia nih! 

Apakah kamu pernah melihat mereka migrasi?

Tak hanya manusia, hewan-hewan, seperti mamalia, burung, reptil, serangga, dan ikan juga melakukan migrasi. Jika manusia modern menggunakan kendaraan, mereka masih sanggup melakukannya dengan kemampuan sendiri. Tujuan mereka bermigrasi adalah mencari makan, berkembang biak, dan melarikan diri dari cuaca buruk.

Dilansir dari laman Space, jarak yang diperlukan untuk mengelilingi bumi satu putaran adalah 40.075 km. Hebatnya, ada sebagian yang bisa melebihi jarak itu! Berikut hewan-hewan luar biasa dengan migrasi terjauh di dunia dilansir dari The Mysterious World.

10. Salmon (Salmo salar), 3.800 km

10 Hewan dengan Migrasi Terjauh, Benar-benar Bisa Keliling Dunia nih! wikimedia.org

Ikan salmon adalah salah satu hewan menakjubkan karena mereka bermigrasi dengan melintasi antara air tawar dan air asin. Setelah menetaskan telur, salmon tetap berada di perairan sungai selama 2-3 tahun. Selama masa itu, salmon mengalami banyak perubahan fisiologis. Perubahan ini membantu mereka untuk bermigrasi ke perairan laut tanpa menghadapi banyak kendala.

Antara 3-4 tahun ke depannya mereka lebih suka hidup di air asin. Mereka pun semakin banyak bereproduksi selama waktu itu. Kemudian mereka bermigrasi kembali ke air tawar atau sungai tempat mereka dilahirkan

Kekuatan navigasi salmon yang luar biasa membantunya melakukan perjalanan kembali dari air asin ke air tawar. Otak mereka dapat mendeteksi medan magnet yang tepat dari tempat kelahiran mereka. Kemampuan melompat dan indra penciuman mereka juga membantu selama migrasi ekstrem yang mencapai 3.800 kilometer.

9. Kupu-kupu raja (Danaus plexippus), 4.800 km

10 Hewan dengan Migrasi Terjauh, Benar-benar Bisa Keliling Dunia nih! wikimedia.org

Kupu-kupu raja adalah serangga asli Amerika Utara, namun kamu juga bisa menemukannya di Indonesia. Mereka membuat migrasi yang mengesankan dari keluarga serangga. Mereka menempuh jarak 4.800 km setiap tahun.

Kupu-kupu raja tidak dapat bertahan hidup dalam kondisi dingin. Itu sebabnya mereka bermigrasi ke bagian selatan California dan Meksiko untuk menghabiskan musim dingin. Bahkan mereka menghabiskan sebagian besar umur mereka untuk migrasi, mencapai 2-3 bulan. Sama dengan salmon, kupu-kupu raja menggunakan medan magnet bumi selama migrasi.

8. Rusa kutub (Rangifer tarandus), 5.000 km

10 Hewan dengan Migrasi Terjauh, Benar-benar Bisa Keliling Dunia nih! dissolve.com

Rusa kutub ditemukan di bagian utara Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Selama musim panas mereka mulai migrasi mencari makanan. Mereka membentuk kawanan besar dengan anggota mencapai 50 ribu rusa sebelum memulai migrasi. Rusa kutub dapat menempuh jarak 70 kilometer dalam sehari selama migrasi. Mereka punya kekuatan untuk berlari dengan kecepatan mencapai 80 km/jam. Mereka pun dapat berenang dengan kecepatan 10 km/jam.

Rusa kutub menghabiskan musim panas di daerah padang rumput yang luas. Mereka akan mengonsumsi 5 kg rumput dalam satu hari. Untuk musim dingin berikutnya, mereka bermigrasi ke arah Selatan. Tujuannya untuk melarikan diri dari iklim yang keras. Jejak rusa kutub yang kuat membantu mereka menggali salju untuk menemukan makanan mereka. Setiap tahunnya, mereka bisa menempuh jarak 5.000 km selama bermigrasi.

7. Sandpiper Semipalmated (Calidris pusilla), 5.300 km

10 Hewan dengan Migrasi Terjauh, Benar-benar Bisa Keliling Dunia nih! audubon.org

Meski kecil, burung pantai ini memiliki kekuatan migrasi yang sangat besar. Selama musim dingin, dari Kanada, mereka bermigrasi ke bagian selatan Amerika Serikat. Mereka memiliki kekuatan untuk melakukan penerbangan tanpa henti di atas lautan Atlantik. Pada pertengahan Mei, mereka kembali ke tempat asal mereka.

6. Capung (Anisoptera), 17.000 Kilometer

10 Hewan dengan Migrasi Terjauh, Benar-benar Bisa Keliling Dunia nih! wikimedia.org

Capung jadi salah satu anggota serangga dengan migrasi terbesar dan terjauh di dunia. Mereka bisa menjangkau 17.000 kilometer selama migrasi. Ada 5.200 capung yang berbeda di dunia. Adapun, 50 di antaranya melakukan migrasi. Sayangnya, tak ada capung yang bisa melakukan migrasi lengkap, hanya bisa dicapai dengan empat generasi capung.

Capung bermigrasi ke bagian selatan Asia selama musim dingin. Angin utara sangat membantu mereka selama perjalanan panjang. Capung juga menggunakan medan magnet bumi untuk mencapai tujuan yang tepat.

Baca Juga: 11 Fakta Menyedihkan Hewan Gelandangan, Mereka Dibuang Majikannya!

5. Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea), 20.000 Kilometer

10 Hewan dengan Migrasi Terjauh, Benar-benar Bisa Keliling Dunia nih! worldwildlife.org

Penyu belimbing adalah spesies penyu terbesar di dunia. Tak seperti penyu lain, menunjukkan perilaku migrasi yang kuat. Penyu belimbing akan melintasi samudra Atlantik dan Pasifik selama migrasi. Mereka melintasi jarak mencapai 20.000 kilometer selama migrasi.

Mereka melakukan migrasi untuk mencari makanan berkembang biak. Penyu belimbing melakukan perjalanan dari ujung Samudera Pasifik ke pesisir California untuk berburu ubur-ubur.

4. Anjing laut gajah utara (Mirounga angustirostris), 21.000 km

10 Hewan dengan Migrasi Terjauh, Benar-benar Bisa Keliling Dunia nih! wikimedia.org

Anjing laut gajah utara dapat ditemukan di pantai California. Mereka melakukan migrasi terjauh kedua di antara mamalia. Selama migrasi, mereka menghabiskan sebagian besar waktu di kedalaman lautan. Kemudian, mereka kembali ke lokasi yang tepat saat mereka memulai dengan medan magnet bumi.

Anjing laut jantan dan betina mengikuti rute yang berbeda selama migrasi. Itu karena mereka menyukai makanan yang berbeda. Pejantannya menyukai hiu kecil dan pari, terutama di teluk Alaska. Sementara, betinanya lebih memilih cumi-cumi sebagai mangsa utama mereka. Di musim dingin, mereka kembali ke daerah pantai untuk berkembang biak.

3 Paus Bungkuk (Megaptera novaeangliae), 22.000 Kilometer

10 Hewan dengan Migrasi Terjauh, Benar-benar Bisa Keliling Dunia nih! fineartamerica.com

Paus bungkuk menjadi mamalia dengan migrasi terjauh di dunia. Mereka melakukan perjalanan melintasi tiap lautan di dunia. Mereka menghabiskan musim panas di wilayah kutub dan memakan kril, plankton, dan ikan-ikan kecil.

Di awal musim dingin, mereka bermigrasi ke ekuator. Sirip ekor besar mereka membantu bergerak dengan mudah melintasi perairan laut. Adapun, paus betina dan paus kecil bergerak di kelompok pertama selama migrasi.

2. Sooty shearwater (Ardenna grisea), 65.000 km

10 Hewan dengan Migrasi Terjauh, Benar-benar Bisa Keliling Dunia nih! mnn.com

Burung ini mendapat gelar burung dengan migrasi terjauh kedua di dunia. Selama musim panas, mereka membuat koloni dan berkembang biak di Selandia Baru. Pada awal musim dingin, mereka bermigrasi ke wilayah Pasifik untuk mencari makanan. Setiap hari, burung ini menempuh jarak 900-1.000 kilometer. Sementara, mereka bermigrasi selama 200 hari perjalanan penuh.

Mereka menggunakan sistem angin global untuk mengikuti jalur migrasi yang benar. Mereka mengonsumsi cukup makanan, seperti cumi-cumi dan kril dari daerah Pasifik. Burung ini akan kembali ke Selandia Baru untuk berkembang biak.

1. Arctic Tern (Sterna paradisaea), 71.000 Kilometer

10 Hewan dengan Migrasi Terjauh, Benar-benar Bisa Keliling Dunia nih! npolar.no

Burung seberat 113 gram ini bisa membuat migrasi terpanjang di dunia! Selama migrasi per tahunnya, mereka melakukan perjalanan dari Arktik ke wilayah Antartika dan pulang kembali. Dengan migrasi, mereka bisa melihat lebih banyak cahaya siang daripada makhluk lain di bumi. Selain itu, mereka juga bisa melihat dua musim panas per tahun.

Mereka memulai migrasi di bulan September setiap tahunnya. Mereka menyentuh garis pantai Eropa dan Afrika selama migrasi ekstrem mereka. Mereka akan menghabiskan beberapa bulan di wilayah Antartika sekaligus pergantian bulu. Pada akhir musim dingin, mereka kembali ke wilayah Kutub Utara.

Itu tadi hewan dengan migrasi terjauh di dunia. Apakah kamu pernah melihat mereka sedang bermigrasi? Sampaikan pengalamanmu di kolom komentar, ya.

Baca Juga: 9 Hewan dengan Predikat Ayah Terbaik di Seluruh Dunia, Bikin Terenyuh!

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You