Comscore Tracker

5 Alasan Ilmiah Kenapa Otak Manusia Itu Bisa Sering Melupakan Sesuatu

Manusiawi kalau kamu susah mengingat materi belajar

Banyak hal yang perlu kita ingat untuk beraktivitas sehari-hari. Mungkin kamu berpikir jika mengingat semua hal dalam kehidupan ini pasti menyenangkan.

Terlebih lagi, di sekolah kita sering dituntut untuk mengingat banyak hal. Namun, sayangnya ada saja yang kita lupakan. Kenapa sih kita harus lupa? Begini penjelasannya.

1. Lupa disebabkan karena otakmu gagal memanggil ingatan yang tersimpan

5 Alasan Ilmiah Kenapa Otak Manusia Itu Bisa Sering Melupakan Sesuatuunsplash.com/Ben White

Ingatan berisi informasi-informasi yang tersimpan dalam otak untuk diingat kembali. Informasi-informasi tersebut didapatkan dari pancaindra, seperti penglihatan, penciuman, peraba, pendengaran, dan pengecap.

2. Sebenarnya otak hanya mengingat informasi penting atau berkesan saja

5 Alasan Ilmiah Kenapa Otak Manusia Itu Bisa Sering Melupakan Sesuatuunsplash.com/Olga Delawrence

Ternyata, gak semua informasi direkam olah otak kita menjadi memori. Misalnya kamu mencoba mengingat uang kertas dari bentuk dan warnanya.

Dari hal tersebut saja kamu bisa mengidentifikasi bahwa itu adalah uang kertas. Namun, jarang di antara kamu yang akan mengingatnya sampai mendetail, seperti tulisannya yang kecil-kecil.

Baca Juga: 10 Benda yang Harus Kamu Jaga Kebersihannya tapi Sering Terlupakan

3. Informasi yang kamu rekam akan tersimpan sebagai ingatan jangka pendek

5 Alasan Ilmiah Kenapa Otak Manusia Itu Bisa Sering Melupakan Sesuatuunsplash.com/Daniel Hjalmarsson

Sementara itu, jika ingatan tersebut sering diulang-ulang akan menjadi memori jangka panjang. Sehari-hari kamu akan terpapar banyak informasi. Informasi-informasi yang berkesan untukmu akan tersimpan dalam ingatan jangka pendek.

Jika ingatan tersebut sering diulang-ulang akan menjadi memori jangka panjang. Sistem itulah yang sering digunakan dalam kegiatan belajar. Semakin sering kamu belajar semakin lama informasi tersebut akan bertahan.

4. Lupa disebabkan oleh alasan psikologis

5 Alasan Ilmiah Kenapa Otak Manusia Itu Bisa Sering Melupakan Sesuatuunsplash.com/Tadeusz Lakota

Dilansir dari buku karya Edward Thorndike, The Phychology of Learning, lupa disebabkan karena manusia jarang memanggil memori yang ada. Bisa juga karena ada memori lain yang lebih berkesan atau kekurangan petunjuk.

Itu sebabnya kita bisa tiba-tiba ingat akan suatu memori jika terpicu oleh suatu petunjuk. Ada juga penyebab kita lupa karena mengalami kejadian yang traumatis. Hal itu membuat kita gak ingin lagi mengingatnya. Kita bisa benar-benar lupa.

5. Lupa juga bisa disebabkan oleh alasan medis

5 Alasan Ilmiah Kenapa Otak Manusia Itu Bisa Sering Melupakan Sesuatuunsplash.com/Vittore Buzzi

Mungkin kamu sering lihat adegan hilang ingatan dalam serial teve atau film-film. Hal itu bisa terjadi karena gangguan atau kerusakan pada hipokampus. Biasanya hal tersebut bisa terjadi jika seseorang mengalami kecelakaan yang mencederai kepalanya.

Namun, kalau dipikir-pikir ada baiknya kita bisa melupakan sesuatu. Bayangkan kalau kita gak bisa melupakan kejadian menyedihkan seperti putus cinta atau keluarga meninggal, bisa-bisa kamu kena depresi.

Jadi, syukurilah anugerah lupa ini. Meski begitu, kamu juga perlu asah otakmu untuk mengingat hal-hal yang penting ya! Bisa dengan gaya hidup sehat dan makan-makanan bergizi.

Baca Juga: Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Pelupa

Topic:

  • Yudha
  • Tania
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You