Comscore Tracker

Sejarah SOS, Simbol Tanda Bahaya yang Kini Berganti Jadi "Mayday"

Biar minta tolong jadi cepat dan mudah

Tahukah kamu apa itu SOS? Eits, bukan SOS group band korea lho yang dimaksud. SOS adalah simbol tanda bahaya dalam keadaan darurat secepat mungkin. Dalam bahasa morse internasional, SOS disimbolkan dengan tiga titik, tiga garis dan tiga titik. Kamu masih ingat?

Yaps, dulu pernah diajarkan kok sewaktu pramuka. Kode ini bisa disampaikan menggunakan senter atau peluit tanpa menggunakan jeda atau spasi ya. Secara umum, SOS ini sudah menjadi simbol bahaya di seluruh dunia. 

1. SOS bukanlah singkatan

Sejarah SOS, Simbol Tanda Bahaya yang Kini Berganti Jadi Maydayunsplash.com/@nikkotations

Banyak yang mengira kalau SOS adalah singkatan dari "Save Our Soul", "Save Our Ship", "Survivor On Ship" atau kalimat lain. Ternyata ini semua keliru. SOS bukanlah sebuah singkatan melainkan hanya sebuah simbol yang digunakan agar pertolongan bisa diperoleh dengan segera.

2. SOS dipilih karena tanda ini dapat diingat dengan mudah

Sejarah SOS, Simbol Tanda Bahaya yang Kini Berganti Jadi Maydayunsplash.com/@thismasi

Terdiri dari 3 huruf dan satu kata saja membuat kata ini mudah diingat. Selain itu, simbol ini juga singkat sehingga tidak memakan waktu saat situasi genting. Oleh karena dianggap penting, simbol ini sering diajarkan dalam pramuka agar semakin banyak yang paham dan mengenal makna simbol ini. Dalam kode morse, SOS disimbolkan dengan tiga titik, tiga garis dan tiga titik atau bila dituliskan menjadi (...---...). Tiga titik mewakili huruf S dan tiga garis mewakili huruf O.

3. Pertama kali digunakan oleh kapal legendaris 'Titanic" saat menjelang ajalnya

Sejarah SOS, Simbol Tanda Bahaya yang Kini Berganti Jadi Maydayunsplash.com/@kmitchhodge

Ketika ditimpa kemalangan, Harold Bride, sang pelaut kapal legendaris yang pemberani terus berusaha mengirimkan sinyal SOS kepada beberapa kapal yang berada diradiusnya. Salah satunya adalah Kapal Californian yang hanya berjarak 8-15 mil dari kapal naas tersebut.

Kapal lain yang menerima sinyal bahaya ini adalah The Samson yang seharusnya bisa menyelamatkan setidaknya 200 jiwa bila merespon lebih dulu karena posisinya hanya 5 mil dari Titanic.

Satu-satunya kapal yang merespon kode SOS ini adalah Kapal Carpathia, yang ukurannya jauh lebih kecil dibanding dua kapal sebelumnya. Pada masa itu, kode SOS memang belum dikenal secara luas, makanya kedua kapal itu lebih memilih mengabaikan dan lambat untuk merespon.

Baca Juga: 7 Mitos dan Fakta di Balik Peristiwa Sejarah Dunia

4. Sebagai alternatif lain dari SOS adalah "Mayday"

Sejarah SOS, Simbol Tanda Bahaya yang Kini Berganti Jadi Maydayunspalsh.com/@johnnyabroad

"Mayday" bukan "may day". Keduanya itu berbeda ya. May day itu hari buruh yang jatuh setiap 1 Mei. Sedangkan "mayday" adalah alternatif lain dari SOS. Biasanya, "mayday" diucapkan melalui hubungan komunikasi radio. Sebenarnya, "mayday" berasal dari Bahasa Perancis yaitu "m'aidez" yang berarti "tolong saya". Kata ini juga biasa dipakai dalam dunia penerbangan lho.

Nah, itu dia simbol bahaya yang ada baiknya kalau kamu tahu. Semoga bisa membantumu dalam keadaan darurat.

Baca Juga: Dari “Roger” hingga “Mayday”, Ini 10 Istilah Wajib untuk Para Pilot

Vina Anggerina Photo Verified Writer Vina Anggerina

an ISFP-T // yuk berteman: @vinaanggerina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya