Comscore Tracker

Penelitian Buktikan Bahwa Kecerdasan Anak Diwariskan dari Gen Ibunya!

Siap jadi ibu cerdas?

"Entah akan berkarir atau menjadi ibu rumah tangga, seorang wanita wajib berpendidikan tinggi karena ia akan menjadi ibu. Ibu-ibu cerdas akan menghasilkan anak-anak cerdas." Itulah kata-kata yang pernah disampaikan Dian Sastro.

Mungkin banyak yang tak memahami, apa benar ada hubungannya antara gen kecerdasan ibu dengan kecerdasan anak-anaknya? Berikut ini ulasannya!

1. Faktanya memang kromosom ibu mewariskan kecerdasan pada anak

Penelitian Buktikan Bahwa Kecerdasan Anak Diwariskan dari Gen Ibunya!pixabay.com

Yup, ternyata hal ini bisa dibuktikan secara ilmiah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Washington, perempuan (dalam hal ini ibu), menurunkan gen kecerdasan lebih banyak karena perempuan memiliki dua kromosom X. Ayah hanya memiliki satu kromosom X. Kromosom inilah yang menentukan fungsi kognitif seorang anak.

Baca Juga: Usia 29 Tahun Dianggap Usia "Keramat" Menuju Tingkat Dewasa. Apa Alasannya?

2. Bahkan, penelitian pada tikus di laboratorium pun telah membuktikan teori ini

Penelitian Buktikan Bahwa Kecerdasan Anak Diwariskan dari Gen Ibunya!pixabay.com

Kecerdasan diyakini merupakan salah satu condition gen yang hanya dimiliki gen ibu. Studi laboratorium terhadap tikus yang dimodifikasi secara genetik pun membuktikan hal ini. Tikus-tikus yang telah disuntikkan gen ibu memiliki otak lebih besar dengan tubuh yang lebih kecil. Ukuran otak inilah yang membuat tikus-tikus menjadi lebih pintar.

3. Apakah ayah gak mewariskan gen kecerdasan sedikitpun?

Penelitian Buktikan Bahwa Kecerdasan Anak Diwariskan dari Gen Ibunya!pexels.com

Gen kecerdasan sebetulnya ada pada setiap orang, tetapi gen laki-laki seolah-olah di-non aktifkan oleh gen kecerdasan dari ibu. Bukti lain dari studi yang dilakukan oleh Medical Research Council Social dan Public Health Science Unit terhadap 12.686 orang berusia 14 hingga 22 tahun.

Pertanyaan yang diajukan berfokus pada IQ, ras, pendidikan dan status sosial-ekonomi. Dari serangkaian pertanyaan, disimpulkan bahwa prediktor terbaik dari kecerdasaannya adalah IQ ibu mereka.

Tapi, para ayah gak perlu kecil hati. Meski gen kecerdasan lebih condong diwariskan dari para ibu, para ayah tetap punya andil kok dalam pembentukan karakter fisik anak.

So, ladies, jadilah perempuan-perempuan cerdas berkarakter ya, agar bisa menghasilkan anak-anak yang membanggakan.

Baca Juga: Menurut Ilmuwan, Jenis Kelamin Anak Punya Pengaruh Terhadap Keretakan Rumah Tangga

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You