Angkasa dalam Lensa: Cincin Api hingga "Kelelawar" dari Luar Angkasa

Intip keindahan gerhana matahari cincin!

Bulan Juni dihiasi oleh berbagai peristiwa langit yang menakjubkan. Mulai dari gerhana bulan, konjungsi antarplanet, hingga yang paling spesial adalah gerhana matahari tahunan yang dapat diamati di Indonesia.

Namun selain semua hal yang bisa disaksikan dari Bumi tersebut, masih banyak peristiwa langit dan angkasa lain yang tak kalah menakjubkan. Penasaran apa saja? Intip potretnya berikut ini!

1. Melihat aurora di atas Bumi

Angkasa dalam Lensa: Cincin Api hingga Kelelawar dari Luar AngkasaNASA

Seperti asap vertikal yang berwarna hijau dan ungu, aurora menampakkan dirinya tepat di atas samudra yang membatasi benua Australia dan Antartika. Pemandangan indah ii terjadi ketika ion dari Matahari berinteraksi dengan medan magnet Bumi. NASA merilis potret tersebut pada 10 Juni 2020 dari International Space Station, markas antariksa yang berada di jalur orbit Bumi.

2. Galaksi spiral tertangkap teleskop Hubble

Angkasa dalam Lensa: Cincin Api hingga Kelelawar dari Luar AngkasaHubble Space Telescope/NASA

NGC 2608 berhasil tertangkap oleh Hubble Space Telescope pada 12 Juni 2020. Galaksi ini sangat mirip dengan Bimasakti dengan bentuknya spiral, warna, dan bintang penyusunnya. Salah satu hal yang membedakan keduanya adalah NGC memiliki sejumlah bintang terang berwarna merah yang bisa kamu lihat di sisi-sisinya.

3. Di bawah galaksi Bimasakti

Angkasa dalam Lensa: Cincin Api hingga Kelelawar dari Luar AngkasaBabak Tafreshi/ESO

Berada tepat di bawah lautan bintang, seseorang tampak mengarahkan tangannya ke galaksi Bimasakti. Ia adalah Babak Tafreshi, seorang pengamat bintang  sekaligus fotografer dari European Southern Observatory, Chile. Momen langka ini berhasil masuk ke dalam ESO's Picture of the Week pada 16 Juni 2020 lalu.

4. Starburst galaxy yang berantakan

Hubble Space Telescope juga menemukan starburst galaxy pada 16 Juni 2020. Galaksi ini mengalami tarikan gravitasi oleh galaksi lain sehingga ia tampak "berantakan". Lihat saja bintang-bintang dan komponennya yang tercecer. Tercatat bahwa galaksi ini bernama PLCK G045.1+61 1.

Baca Juga: Ini 7 Mitos Gerhana Matahari yang Harus Kamu Ketahui Kebenarannya!

5. Ilustrasi pendaratan astronaut di Mars

Angkasa dalam Lensa: Cincin Api hingga Kelelawar dari Luar AngkasaNASA

Pada 17 Juni 2020, NASA mempublikasikan sebuah ilustrasi karya seniman yang tak disebutkan namanya. Seperti yang bisa kamu lihat di atas, konsep ilustrasi tersebut seorang astronaut yang baru saja mendarat di Mars saat dilihat dari jendela pesawat angkasa. Karya ini sekaligus menjadi isyarat bahwa NASA segera mengirimkan astronautnya ke planet tersebut untuk menguji teknologi baru.

6. Nebula kupu-kupu

Angkasa dalam Lensa: Cincin Api hingga Kelelawar dari Luar AngkasaButterfly Nebula. NASA

Potret menakjubkan lainnya yang ditangkap oleh Hubble Space Telescope! Setelah galaksi, teleskop besar milik NASA ini berhasil menemukan Butterfly Nebula atau nebula kupu-kupu pada 19 Juni 2020.

Benda langit dengan nama asli NGC 6302 ini terdiri dari gas dan bintang yang membuatnya tampak demikian. Kamu bisa menjumpainya di konstelasi Scorpius.

7. Cincin api di angkasa

Angkasa dalam Lensa: Cincin Api hingga Kelelawar dari Luar AngkasaGerhana matahari (21/6) dari India. twitter.com/SpaceFoundation

Peristiwa paling spesial di bulan ini adalah gerhana matahari cincin yang muncul sekali dalam setahun. Fenomena yang terjadi pada 21 Juni 2020 ini hanya bisa terlihat di negara tertentu. Indonesia termasuk ke dalamnya, namun kita hanya kebagian menyaksikan gerhana matahari sebagian, seperti gambar yang diambil di atas.

Namun jika kamu penasaran bagaimana tampak si cincin api yang sesungguhnya, kamu bisa melihat video di atas. Ini merupakan tampak gerhana matahari cincin yang diambil dari daratan Tiongkok.

8. Kru International Space Station mengunjungi Matahari

Angkasa dalam Lensa: Cincin Api hingga Kelelawar dari Luar AngkasaNASA

Foto di atas menunjukkan bagaimana International Space Station (ISS) mengunjungi Matahari pada 24 Juni 2020. Tak perlu bingung, foto tersebut memang terdiri dari enam frame berbeda yang disatukan. Itulah kenapa terlihat seakan ada enam pesawat yang berada di depan Matahari.

9. "Kelelawar" yang memberikan sinyal aneh pada Hubble Space Telescope

Terakhir, pada 25 Juni 2020, Hubble Space Telescope mendapatkan sinyal aneh yang berasal dari bintang bernama 'Bat Shadow'. Bintang muda tersebut tampak seperti kelelawar karena ia memiliki bayangan hitam seperti sayap.

Sinyal aneh yang dimaksud adalah, bintang tersebut terlihat seperti "mengepakkan sayap". Para pengamat masih belum tahu apa yang menyebabkannya demikian. Namun yang jelas, selama 13 bulan pengamatan, bayangan hitam yang ada di bintang tersebut tampak bergerak-gerak. Coba tonton video di atas untuk membuktikannya!

Luar angkasa memang menakjubkan, ya! Dari semua potret di atas, foto mana yang menjadi favoritmu? Silakan tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 7 Peristiwa Langit Terbaik Juni 2020, Ada Gerhana Matahari Cincin lho!