Comscore Tracker

8 Kebiasaan Ini Ternyata Dibenci Anjing, Diingat ya! 

Ternyata anjing gak suka dipeluk

Ketika kamu memutuskan untuk mengadopsi seekor anjing, berarti kamu siap untuk memenuhi semua kebutuhannya. Bukan cuma soal memberinya makan ketika lapar, atau membawanya ke dokter ketika sakit, lebih dari itu seekor anjing juga membutuhkan kasih sayang dari majikannya.

Kebanyakan orang akan mengekspresikan rasa sayangnya dengan memeluk anjing peliharaan. Tapi tahukah kamu, kalau anjing ternyata membenci pelukan? Dilansir treehugger.com, berikut ini 8 kebiasaan yang dibenci oleh anjing!

1. Memeluk terlalu erat dan sering 

8 Kebiasaan Ini Ternyata Dibenci Anjing, Diingat ya! unsplash.com/Helena Lopes

Memeluk seseorang menjadi salah satu cara kita dalam mengekspresikan rasa sayang. Tapi berbeda dengan manusia, kebanyakan anjing justru membenci pelukan. Alih-alih senang, anjing justru akan merasa stress dan terancam ketika dipeluk oleh seseorang, terutama jika dia tidak mengenal orang tersebut.

Biasanya anjing akan memberikan beberapa tanda untuk menunjukkan ketidaknyamanan di antaranya, menjauhkan kepalanya, menjilat bibir, menatap cemas, atau menghindari kontak mata saat dipeluk.

2. Membelai wajah atau menepuk kepalanya 

8 Kebiasaan Ini Ternyata Dibenci Anjing, Diingat ya! unsplash.com/Annie Spratt

Anjing biasanya mengartikan semua gerakan yang berasal dari atas sebagai ancaman, termasuk ketika kamu menepuk kepalanya. Selain benci ditepuk di bagian kepala, kebanyakan anjing juga merasa sangat tidak nyaman ketika ada manusia yang membelai wajahnya. Jadi alih-alih membelai wajah, sebagai gantinya kamu bisa membelai punggung atau memberikan camilan untuk mengekspresikan rasa sayang kamu padanya.

3. Berjalan terlalu cepat 

8 Kebiasaan Ini Ternyata Dibenci Anjing, Diingat ya! unsplash.com/Honest Paws

Seperti yang kita tahu, anjing sangat suka jalan-jalan. Dengan mengajaknya jalan-jalan, kamu bukan hanya memberi mereka kesempatan untuk menghirup udara segar, tapi juga memberi mereka kesempatan untuk menjelajahi lingkungan sekitar melalui indra penciumannya.

Bagi anjing, indra penciuman adalah segalanya. Memaksa mereka berjalan terlalu cepat ketika sedang jalan-jalan di luar akan membuat anjing merasa frustrasi karena tidak bisa mengenal lingkungan sekitarnya.

4. Jarang berlatih 

8 Kebiasaan Ini Ternyata Dibenci Anjing, Diingat ya! unsplash.com/Andrew Pons

Bagi beberapa manusia, aturan hanya akan membuat hidup terasa membosankan. Tapi percaya atau tidak, bagi anjing peliharaan, seperangkat aturan akan membuatnya jadi lebih bahagia. Namun karena mereka tidak bisa bicara, membaca, atau mengerti bahasa manusia, kamu membutuhkan cara lain untuk membuatnya mengerti.

Salah satunya dengan melatih mereka. Coba deh beri dia makan di jam yang sama setiap hari, mengajaknya olahraga di waktu yang sama, memberikan perintah untuk duduk, diam, tunggu, atau melompat dengan menggunakan gerakan tangan.

Baca Juga: 10 Ras Anjing Paling Berbahaya di Dunia, Pernah Membunuh Manusia

5. Berteriak ketika anjing melakukan kesalahan 

8 Kebiasaan Ini Ternyata Dibenci Anjing, Diingat ya! unsplash.com/Karsten Winegeart

Anjing benci suara keras. Untuk itu, hindari membentak mereka dengan suara keras.

Well, anjing memang tidak mengerti apa yang kamu katakan, tapi jangan lupa, mereka bisa merasakan emosi dan kemarahanmu. Membentak anjing dengan suara keras tidak akan membuat mereka mengerti. Sebaliknya, hal itu justru akan membuat anjing gelisah dan ketakutan.

6. Mendandani mereka secara berlebihan 

8 Kebiasaan Ini Ternyata Dibenci Anjing, Diingat ya! unsplash.com/Karsten Winegeart

Banyak orang mendandani anjing mereka dengan pakaian atau aksesori lain hanya karena terlihat lucu. Sayangnya, kebanyakan anjing kurang menyukai ini. Terlebih saat udara panas, memakaikan pakaian secara berlebihan akan membuat anjing merasa tidak nyaman. Eits, kamu tetap boleh kok mendandani anjingmu di saat-saat tertentu.

Misalnya saat musim dingin, kamu bisa memakaikan sweater untuk menjaganya tetap hangat. Meski begitu, pastikan kamu tidak mendandaninya secara berlebihan ya! Ingat, anjing sudah memiliki bulu yang berfungsi sebagai penghangat alami untuk menghadapi cuaca dingin.

7. Memasang pengharum ruangan beraroma kuat 

8 Kebiasaan Ini Ternyata Dibenci Anjing, Diingat ya! unsplash.com/Karsten Winegeart

Bagi seekor anjing, indra penciuman adalah segalanya. Bayangkan saja, mereka memiliki indra penciuman yang sepuluh ribu sampai seratus ribu lebih sensitif dari manusia dan bisa mengingat hingga satu juta aroma yang berbeda. Meski begitu, tidak semua aroma baik bagi mereka.

Aroma wewangian yang berasal dari bahan kimia seperti parfum justru dapat mengganggu, bahkan membuat hidung anjing iritasi. Jadi pastikan kamu tidak memasang pengharum ruangan yang memiliki aroma menyengat, atau menyemprotkan parfum saat berada di dekat anjing kesayanganmu!

8. Ditinggal sendirian 

8 Kebiasaan Ini Ternyata Dibenci Anjing, Diingat ya! unsplash.com/Florencia Viadana

Sama seperti manusia, anjing peliharaan tidak suka diabaikan apalagi ditinggalkan oleh pemiliknya. Tapi bagaimana pun, kita tidak bisa menghabiskan waktu terus-menerus bersama mereka. Jadi apa solusinya?

Well, kamu bisa menghabiskan waktu sebanyak mungkin dengan anjing kesayanganmu sebelum pergi agar dia tidak terlalu sedih, dan karena anjing tetap membutuhkan makan, minum, dan jalan-jalan, kamu juga harus mencari seseorang yang bisa merawatnya selama pergi.

Sebagai hewan peliharaan, anjing membutuhkan kasih sayang dari majikannya. Tapi kamu juga harus tahu bagaimana cara mengekspresikan perasaanmu dengan benar tanpa membuat mereka merasa gelisah.

Baca Juga: 7 Ras Anjing Paling Nakal, Sulit Dilatih dan Gak Setia pada Majikan 

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya