Comscore Tracker

5 Fakta Misophonia, Ketika Kamu Merasa "Gila" Terhadap Suara Tertentu!

#SainSeru Ada suara yang gak kamu suka? Merapat yuk...

Apakah Kalian merasa risih atau bahkan tertekan ketika mendengar seseorang menguap? Jika iya, bias jadi kalian menderita misophonia. Misophonia sendiri merupakan suatu gangguan berupa kebencian terhadap suara tertentu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa hal mengenai misophonia yang wajib Kalian ketahui!

1. Penderita akan membenci suara yang spesifik

5 Fakta Misophonia, Ketika Kamu Merasa Gila Terhadap Suara Tertentu!understood.org

Kebanyakan sumber suara yang dapat menimbulkan misophonia berasal dari tubuh manusia seperti suara menguap, mengunyah, mendengkur, suara hentakan kaki, batuk, bahkan suara seseorang bernafas. Namun tidak menutup kemungkinan sumber-sumber suara eksternal seperti goresan kapur dan papan tulis, dentingan antar sendok, suara ketikan keyboard nyatanya juga mampu membuat penderita merasa terganggu.

2. Belum diketahui secara pasti penyebabnya

5 Fakta Misophonia, Ketika Kamu Merasa Gila Terhadap Suara Tertentu!allergictosound.com

Sampai saat ini dokter belum dapat memastikan apa penyebab dari misophonia. Meskipun begitu, misophonia bukanlah masalah pada telinga. Biasanya kondisi ini dimulai antara usia 9–13 tahun dan kebanyakan diderita oleh wanita.

Dokter berpikir jika misophonia adalah kelainan pada sebagian mental dan sebagian fisik. Hal itu karena terkait suara yang dapat mempengaruhi otak untuk memberikan respon otomatis pada sumber suara.

Baca Juga: Takut Jatuh Cinta? Ini 5 Tanda Bahwa Kamu Mengalami Philophobia Akut 

3. Terdiri dari beberapa level

5 Fakta Misophonia, Ketika Kamu Merasa Gila Terhadap Suara Tertentu!medicalnewstoday.com

Pada tingkat terendah, penderita hanya merasakan gelisah, tidak nyaman, jijik , dan terdesak untuk segera melarikan diri. Namun pada tingkat yang lebih parah, respon yang dilakukan oleh penderita dapat berupa, antara lain: kemarahan, kebencian, panik, stres, ketakutan, emosi, keinginan untuk membunuh, menghentikan apapun yang menimbulkan suara sampai berpikiran untuk bunuh diri.

4. Mempengaruhi Kehidupan Sosial Penderitanya

5 Fakta Misophonia, Ketika Kamu Merasa Gila Terhadap Suara Tertentu!ravishly.com

Penyakit ini dapat berdampak pada kehidupan sosial kamu. Aksi untuk menghindari apapun yang menimbulkan suara yang tidak kamu sukai, akan menjauhkanmu dari pasangan, keluarga atau teman sekamar. Atau lebih buruknya, bahkan kamu mungkin bisa menyerang seseorang yang membuat suara, baik secara fisik maupun verbal.

5. Pengobatan yang Terbatas

5 Fakta Misophonia, Ketika Kamu Merasa Gila Terhadap Suara Tertentu!news-medical.net

Karena misophonia baru diidentifikasi sebagai gangguan kesehatan mental, pilihan pengobatan yang tersedia sangat terbatas. Pada tingkat misophonia yang rendah, penderita hanya berusaha menghindari sumber suara sebagai aksi penanggulangan rasa tertekannya. Sejauh ini klinik misophonia hanya ada di Amerika dan sekitarnya.

Itu tadi beberapa fakta soal misophonia yang perlu kamu tahu. Apa kamu mengalaminya juga? Suara apa yang paling gak kamu sukai? Share di kolom komentar ya, supaya kamu bisa berdiskusi dengan pembaca lainnya tentang cara mengatasinya!

Baca Juga: Katsaridaphobia: Ini 5 Penjelasan Ilmiah Tentang Fobiamu Akan Kecoak!

Retno YC Photo Writer Retno YC

Dare to write

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya