7 Macam-Macam Push Up dan Manfaatnya Bagi Tubuh, Coba Yuk!

Nomor 2 butuh usaha lebih keras

Push-up merupakan salah satu gerakan latihan sederhana yang bisa dilakukan di mana saja tanpa memerlukan alat olahraga yang mahal. Push up adalah teknik olah tubuh yang menggunakan telapak tangan dan telapak kaki sebagai tumpuan utama.

Dalam melakukan push-up, jari-jari harus terbuka lebar agar posisi tumpuan tangan bisa menempel di lantai dengan jari kaki ditekan sekencang mungkin. Push-up termasuk olahraga ketahanan isometrik yang dilakukan menggunakan benda tidak bergerak untuk memicu kontraksi otot tubuh.

Ada banyak manfaat jika kamu rutin melakukan push-up, di antaranya menjaga kesehatan otot dan tulang, mencegah dan mengatasi sarcopenia, membentuk otot tubuh bagian atas, hingga bisa menurunkan berat badan, lho! Berikut IDN Times rangkum tujuh macam-macam push-up serta manfaatnya untuk tubuh.

1. Push-up

7 Macam-Macam Push Up dan Manfaatnya Bagi Tubuh, Coba Yuk!ilustrasi gerakan push-up (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Push-up yang paling umum dan yang sering kita lihat sehari-hari adalah push-up konvensional. Gerakan ini sering kita lihat dalam pendidikan di sekolah atau pelatihan militer.

Untuk melakukan push up konvensional ini, kamu bisa melakukannya dengan berbaring telungkup di lantai dengan telapak tangan setinggi dada. Kemudian, angkat tubuh sambil menempatkan kaki di lantai, rentangkan tangan sepenuhnya lalu tekuk hingga dada berada di antara kedua tangan.

Setelah itu, naik dan turunkan tubuh. Manfaat push-up konvensional ini yaitu bisa memperkuat otot-otot lengan dan dada.

2. Push-up satu tangan

7 Macam-Macam Push Up dan Manfaatnya Bagi Tubuh, Coba Yuk!One-Arm push-up (Pixabay.com/StockSnap)

Push-up selanjutnya yaitu push-up dengan satu tangan yang membutuhkan tenaga yang kuat dan juga tekad yang kuat. Untuk melakukan push-up ini, pastikan kamu sudah terbiasa melakukan push-up, karena gaya ini hanya memiliki tiga tumpuan saja. 

Macam-macam push-up yang satu ini memiliki tingkatan yang rumit, kamu perlu menjaga keseimbangan dalam push-up satu tangan dengan merentangkan kaki dengan baik yang tidak lebih dari lebar pinggang. Push-up satu tangan dapat memberikan manfaat dalam melatih kekuatan otot tangan dan kaki serta melatih keseimbangan.

3. Push-up miring

7 Macam-Macam Push Up dan Manfaatnya Bagi Tubuh, Coba Yuk!Ilustrasi posisi incline push up (Unsplash.com)

Push-up selanjutnya yang bisa kamu lakukan di rumah adalah push-up yang dilakukan menggunakan alat bantu barang-barang perabotan yang ada di rumah, seperti meja atau kursi. Untuk melakukan push-up ini hampir sama dengan push-up konvensional, tapi dengan kedua kaki berada di atas meja atau kursi.

Kamu juga bisa melakukan sebaliknya, yaitu kedua tanganmu bertumpu pada benda seperti kursi atau meja yang lebih tinggi daripada lantai. Lalu kedua kaki tetap lurus bertumpu pada lantai atau tanah.

Dalam melakukan push-up miring, bagian depan tubuh menjadi tumpuan sehingga memberikan tekanan di bagian lengan dan dada. Manfaat dari push-up miring ini dapat memperkuat otot-otot lengan dan dada.

4. Push-up spartan

7 Macam-Macam Push Up dan Manfaatnya Bagi Tubuh, Coba Yuk!push-up (instagram.com/sumargodenny)

Bagi kamu yang sudah terbiasa melakukan push-up, kamu bisa mencoba push-up jenis ini. Macam-macam push-up yang satu ini bisa dilakukan di tempat dan kondisi apa pun. Teknik ini biasa dilakukan dengan tangan bertumpu di tanah tetapi pada ketinggian yang berbeda.

Untuk melakukannya, kedua tangan ke samping tubuh tetapi satu tangan terletak di depan bahu dan yang lainnya di belakang. Push-up ini memiliki ritme gerakan yang cepat berpindah posisi, misalnya tangan awal yang berada di depan pada hitungan tertentu diubah ke belakang begitupun dengan tangan sebaliknya.

Push-up Spartan sangat berguna untuk kekuatan lengan, otot punggung dan juga dada.

5. Push-up berlian

7 Macam-Macam Push Up dan Manfaatnya Bagi Tubuh, Coba Yuk!ilustrasi diamond push-up (popsugar.com)

Gerakan push-up selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah push-up berlian yang dilakukan dengan cara menempatkan kedua telapak tangan yang lebih masuk ke dalam. Push-up berlian ini hampir sama dengan push-up konvensional.

Disebut dengan push-up berlian karena mempertemukan kedua ibu jari dan telunjuk seperti membentuk segitiga. Manfaat dari push-up berlian bisa melatih trisep dan dada bagian atas.

Baca Juga: 13 Gerakan Pendinginan Setelah Olahraga, Tubuh Jadi Rileks!

6. Push-up dinding

7 Macam-Macam Push Up dan Manfaatnya Bagi Tubuh, Coba Yuk!ilustrasi wall push-up (gymguider.com)

Push-up dinding termasuk salah satu macam-macam push-up yang paling mudah dilakukan. Cara melakukannya adalah cukup berdiri di depan menghadap dinding, lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Letakkan kedua telapak tangan di dinding dengan setinggi dan selebar bahu.
  2. Condongkan badan ke depan dan tarik napas saat menekuk siku.
  3. Dorong tubuh bagian atas ke arah dinding tanpa mengubah posisi kedua kaki.
  4. Dorong tubuh kembali ke posisi awal atau menjauh dari dinding. Lakukan gerakan ini berulang kali.

Baca Juga: 12 Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga, Jangan Terlewat!

7. Push-up berlutut

7 Macam-Macam Push Up dan Manfaatnya Bagi Tubuh, Coba Yuk!ilustrasi kneeling push-up (freepik.com/freepik)

Push-up berlutut adalah jenis push-up yang mengganti kaki dengan lutut sebagai tumpuan. Selebihnya, push-up berlutut sama dengan jenis push-up konvensional atau normal.

Berikut cara melakukan push-up berlutut:

  1. Posisi tubuh menghadap lantai dan gunakan lutut yang ditekuk untuk menjadi tumpuan.
  2. Letakkan kedua tangan di lantai selebar bahu.
  3. Turunkan dada ke arah lantai dan sampai dagu sedikit menyentuh lantai.
  4. Dorong kembali tubuh ke posisi awal dan ulangi gerakan tersebut.

Itulah macam-macam push-up serta manfaatnya bagi tubuh. Lakukan latihan fisik mulai dari macam push-up yang paling dasar dulu, ya!

Baca Juga: 17 Gerakan Yoga Asana yang Mudah, Lengkap dengan Gambarnya

Topik:

  • Bella Manoban
  • Cynthia Nanda Irawan
  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya