Apa itu Akuatik? Ini Pengertian dan 8 Cabang Olahraganya

Tidak hanya berenang atau loncat indah

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan olahraga renang, loncat indah, atau berselancar. Tahukah kamu kalau olahraga-olahraga tersebut termasuk dalam jenis olahraga akuatik?

Sederhananya, akuatik adalah jenis olahraga yang berkaitan dan dilakukan di dalam maupun permukaan air. Selain beberapa olahraga yang sudah disebutkan, ada beberapa olahraga akuatik yang sering dipertandingkan di berbagai level kejuaraan.

Apa saja cabang olahraganya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Pengertian olahraga akuatik

Apa itu Akuatik? Ini Pengertian dan 8 Cabang OlahraganyaNational Time Trial Timnas Renang Indonesia di Stadion Akuatik GBK, Jakarta. (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Sesuai namanya, akuatik adalah jenis olahraga yang dilakukan di dalam maupun di permukaan perairan buatan atau alami. Olahraga akuatik termasuk yang terpopuler di Indonesia selain sepak bola atau badminton.

Olahraga-olahraga akuatik bermanfaat bagi tubuh agar tetap bugar dan kencang. Kebanyakan olahraga akuatik juga dapat meningkatkan kinerja seluruh otot tubuh karena banyak organ tubuh yang digerakkan saat berolahraga.

Dengan berolahraga secara rutin, tubuh juga akan memiliki metabolisme yang lebih baik. Alhasil, seseorang memiliki energi yang lebih banyak dan daya tahan yang lebih baik.

Ada sejumlah cabang olahraga akuatik yang sering dilakukan sebagai sarana hiburan maupun dipertandingkan dalam kejuaraan. Contohnya seperti berenang, selam, polo air, hingga kano.

1. Berenang

Apa itu Akuatik? Ini Pengertian dan 8 Cabang Olahraganyailustrasi berenang (unsplash.com/@bmatangelo)

Olahraga akuatik yang paling populer adalah berenang. Peminat olahraga renang juga tidak memandang usia dan jenis kelamin. Selain mengasyikkan, olahraga renang juga mudah dilakukan karena sudah banyak fasilitas kolam renang untuk umum yang tersedia di setiap kota di Indonesia.

Olahraga renang juga diperlombakan di berbagai kejuaraan. Biasanya dibagi berdasarkan gaya renang atau jarak lintasan.

2. Loncat indah

Apa itu Akuatik? Ini Pengertian dan 8 Cabang OlahraganyaAtlet loncat indah Malaysia berlaga di SEA Games 2021, Hanoi, Vietnam / SEA Games 2021

Loncat indah adalah olahraga akuatik yang memadukan gerakan melompat di udara, meloncat ke dalam kolam, dan akrobatik. Dalam perlombaan loncat indah, biasanya terdiri dari lima nomor kategori lompatan. Mulai dari papan 1 meter, papan 3 meter, sinkronisasi 3 meter, sinkronisasi 10 meter, dan menara 10 meter.

Sedangkan gaya dalam loncat indah biasanya terdiri dari forward dive, backward dice, inward dicw, twist dice, armstand dive, dan reserve dive.

Baca Juga: Induk Organisasi Renang Nasional dan Internasional, Terlengkap

3. Renang indah

Apa itu Akuatik? Ini Pengertian dan 8 Cabang Olahraganyailustrasi renang indah (olympics.com)

Meski sama-sama menggunakan kata 'indah', olahraga renang indah berbeda dengan loncat indah. Renang indah atau synchronize swimming adalah cabang olahraga akuatik yang menggabungkan gerakan menari, senam, dan berenang.

Biasanya olahraga renang indah terdiri dari kategori tunggal, duet, trio, hingga beregu.

4. Snorkeling

Apa itu Akuatik? Ini Pengertian dan 8 Cabang OlahraganyaIlustrasi snorkeling (unsplash.com/taylorgsimpson)

Olahraga snorkeling termasuk kegiatan selam di dalam air yang menggunakan perlengkapan khusus seperti baju selam, alat bantu pernapasan, dan kacamata renang. Meski sama-sama kegiatan di dalam air, snorkeling berbeda dengan scuba diving.

Scuba diving biasanya seseorang akan lebih masuk ke dalam air dibanding snorkeling. Scuba diving umumnya juga menggunakan tabung oksigen dan alat yang lebih lengkap.

Baca Juga: 10 Macam-Macam Gaya Renang dan Manfaatnya untuk Tubuh

5. Polo air

Apa itu Akuatik? Ini Pengertian dan 8 Cabang Olahraganyailustrasi polo air (unsplash.com/Eugene Lim)

Cabang olahraga akuatik yang sering dipertandingkan di kompetisi internasional lainnya adalah polo air. Polo air merupakan olahraga yang menggabungkan beberapa cabang olahraga, seperti sepak bola, basket, renang, hingga gulat.

Aturan dasar polo air pun mirip dengan sepak bola, yaitu dimainkan dua tim dengan gawang di setiap tim. Kedua tim harus berlomba-lomba memasukkan bola ke gawang lawan.

Meski terlihat mudah, polo air memiliki tantangan tersendiri karena gerak tubuh di dalam air cenderung terbatas dan tidak sebebas di darat.

6. Kano

Apa itu Akuatik? Ini Pengertian dan 8 Cabang Olahraganyailustrasi olahraga kano (olympic.ca)

Meski tidak sampai masuk ke dalam air, permainan kano termasuk olahraga akuatik. Kano juga sering menjadi cabang olahraga yang diperlombakan di kejuaraan.

Kano adalah perahu kecil dengan desain khusus yang lancip dan hanya bisa diisi oleh satu orang. Olahraga kano juga terdiri dari beberapa jenis, seperti slalom dan sprint.

Baca Juga: 11 Perlengkapan Renang dan Kegunaannya, Wajib Tahu

7. Kayak

Apa itu Akuatik? Ini Pengertian dan 8 Cabang Olahraganyaolahraga kayak di Sungai Han (instagram.com/visitseoul_official)

Mirip seperti kano, cabang olahraga kayak merupakan olahraga akuatik yang mengunakan perahu kayak dan dayung. Olahraga kayak biasanya lebih ditujukan untuk kegiatan di perairan dengan arus deras dan ekstrem. Berbeda dengan kano yang biasanya dimainkan di perairan yang tenang.

8. Selancar

Apa itu Akuatik? Ini Pengertian dan 8 Cabang Olahraganyaunsplash.com/Guy Kawasaki

Tentu kamu sudah tidak asing dengan cabang olahraga ini. Selancar merupakan olahraga adrenalin yang dimainkan di pinggir laut atau pantai. Olahraga selancar juga harus dimainkan di tepi laut yang memiliki ombak tinggi agar atletnya bisa melakukan gerakan lincah dan indah.

Peselancar harus berdiri di atas papan sambil menerjang ombak laut yang menuju arah pantai. Oleh sebab itu, dibutuhkan kemampuan dan adrenalin tinggi untuk melakukan olahraga ini.

Nah, itulah tadi pembahasan lengkap tentang olahraga akuatik dan beberapa cabang olahraganya. Sejauh ini, olahraga akuatik apa yang sudah pernah kamu coba?

Baca Juga: Olahraga Equestrian: Sejarah, Jenis, dan Manfaatnya

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya