5 Pelari Tercepat di Dunia, 100 Meter Hanya 9 Detik!

Rekor masih dipegang Usain Bolt

Atletik merupakan salah satu cabang olahraga yang populer di berbagai negara. Salah satu nomor atletik yang menjadi rebutan banyak negara adalah lari 100 meter. Pada nomor lari 100 meter, rekor tercepat berhasil diraih dalam waktu kurang dari 10 detik.

Tidak heran kalau beberapa atlet dunia yang mampu lari 100 meter kurang dari 10 detik ini disebut orang tercepat di dunia. Para atlet profesional ini diukur berdasarkan kecepatan tertinggi atau waktu kecepatan rata-rata tertinggi per jam. Berikut daftar pelari tercepat di dunia dengan kemampuan berlari 100 meter hanya 9 detik.

1. Usain Bolt

5 Pelari Tercepat di Dunia, 100 Meter Hanya 9 Detik!Usain Bolt (olympics.com)

Pelari tercepat nomor satu di dunia hingga saat ini adalah Usain Bolt, yaitu lari 100 meter dalam waktu 9,58 detik. Rekor dunia ini didapat pada World Athletics Championship 2009 di Berlin, Jerman.

Usain Bolt merupakan atlet asal Jamaika yang lahir di Sherwood Content, kota kecil di Jamaika Utara pada 1986. Saat kecil, Usain Bolt ingin menjadi pemain kriket atau pemain sepak bola. Namun, gurunya saat itu justru melihat bakat lari pada Bolt, sehingga mendorongnya untuk fokus ke dunia atletik.

2. Yohan Blake

5 Pelari Tercepat di Dunia, 100 Meter Hanya 9 Detik!Yohan Blake (olympics.com)

Pelari tercepat di dunia nomor dua adalah Yohan Blake. Sama seperti Bolt, Yohan Blake juga berasal dari Jamaika, tepatnya daerah Parish of Saint James yang terletak di Jamaika Barat.

Yohan Blake mencetak rekor lari 100 meter dalam waktu 9,69 detik pada kejuaraan atletik di Lausanne, Swiss. Menariknya, Blake juga memiliki cita-cita saat kecil menjadi pemain kriket profesional, sama seperti Usain Bolt. Namun, kepala sekolahnya saat itu mendorong Blake agar menekuni olahraga lari cepat.

Selain itu, Usain Bolt kabarnya pernah ditanya tentang siapa manusia yang bisa menantangnya dengan serius. Lalu jawabannya adalah Yohan Blake.

3. Tyson Gay

5 Pelari Tercepat di Dunia, 100 Meter Hanya 9 Detik!Tyson Gay (tysongay.com)

Tyson Gay menjadi pelari tercepat di dunia yang ketiga dengan rekor lari 100 meter dalam waktu 9,69 detik atau sama seperti Yohan Blake. Rekor tercepat itu dia dapatkan pada kejuaraan atletik di Shanghai, China tahun 2009.

Tyson Gay merupakan pelari asal Amerika Serikat yang lahir pada 1982 silam. Tepatnya berasal dari kota Lexington, Kentucky.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Usain Bolt, Manusia Tercepat di Muka Bumi

4. Asafa Powell

5 Pelari Tercepat di Dunia, 100 Meter Hanya 9 Detik!Asafa Powell (instagram.com/asafasub10king)

Lagi-lagi dari Jamaika, pelari tercepat di dunia yang keempat adalah Asafa Powell dengan rekor tercepatnya pada lari 100 meter dalam waktu 9,72 detik. Hasil ini didapatkan Powell pada kejuaraan atletik di Lausanne, Swiss pada 2008.

Asafa Powell merupakan pelari kelahiran Spanish Town, Jamaika pada 1982. Dia diketahui merupakan anak terakhir dari enam bersaudara. Uniknya, semua saudara laki-lakinya juga memiliki kemampuan fisik dan kecepatan di atas rata-rata. Saudaranya yang bernama Donovan Powell juga merupakan atlet lari juga.

Baca Juga: 15 Cabang Olahraga Atletik dan Pengertiannya, Sudah Tahu?

5. Justin Gatlin

5 Pelari Tercepat di Dunia, 100 Meter Hanya 9 Detik!Justin Gatlin (olympics.com)

Pelari tercepat di dunia yang terakhir adalah Justin Gatlin. Dia merupakan atlet kelahiran New York City pada 1982, tapi dibesarkan di Pensacola, Florida.

Sepanjang karier olahraganya, Gatlin melewati berbagai rintangan dan naik turun. Pada sekolah menengah, Gatlin aktif sebagai pemain American Football meski pada akhirnya dia beralih ke cabang olahraga atletik.

Namun, kariernya sebagai atlet lari hampir selesai lebih cepat. Sebab, Gatlin mendapat sanksi berkompetisi selama empat tahun karena terbukti positif doping yang mengandung testosteron pada 2006. Saat itu, Gatlin kemudian mencoba kembali ke dunia American Football. Namun, gagal masuk ke NFL Houston Texans dan Tampa Bay Buccaneers.

Menariknya, Gatlin kembali aktif di dunia atletik pada 2010. Dia membuktikan bahwa dirinya masih layak sebagai pelari tercepat dengan usia yang sudah tidak muda lagi, yaitu 30-an tahun.

Pada 2015 atau saat usia 33 tahun, Gatlin sukses memecahkan rekor pribadinya, yaitu lari 100 meter dalam waktu 9,74 detik di kejuaraan atletik di Doha, Qatar. Pada 2019, Gatlin menjadi pelari tertua dalam sejarah yang mampu meraih medali di World Athletics Championship.

Itu tadi lima pelari tercepat di dunia dengan kemampuan lari 100 meter di bawah 10 detik. Hingga saat ini, rekor lari 100 meter tercepat masih dipegang oleh Usain Bolt dengan 9,58 detik.

Baca Juga: Sejarah Atletik di Dunia dan Indonesia, Berkembang Pesat

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Bayu Nur Seto

Berita Terkini Lainnya