Meskipun Kalah di Leg 2, Athletic Bilbao Raih Tiket Final Copa del Rey

Athletic Bilbao menang berkat gol tandang

Copa del Rey musim ini telah memasuki babak akhir usai menyelesaikan babak semifinal. Athletic Bilbao menjadi tim yang menantang Real Sociedad di partai final. Bilbao sendiri harus menelan kekalahan 2-1 di leg kedua melawan Granada.

Namun mereka berhak raih tiket final usai di leg pertama menang 0-1. Agregat 2-2, Bilbao lolos berkat unggul gol tandang. Athletic Bilbao pun berpeluang tambah gelar Copa del Rey musim ini. 

1. Agregat 0-1 bertahan hingga babak pertama

Meskipun Kalah di Leg 2, Athletic Bilbao Raih Tiket Final Copa del Reytwitter.com/AthleticClub

Athletic Bilbao bertandang ke markas Granada dengan bermodalkan unggul agregat 0-1 di leg pertama. Namun keunggulan tersebut belum sepenuhnya aman. Mereka mencoba mempertahankan gawang mereka dari gempuran Granada yang tampil agresif.

Bilbao yang mencoba menambah keunggulan agregat juga tak tinggal diam. Kedua tim saling jual beli serangan di babak pertama. Namun gol yang ditunggu belum juga tercipta hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama usai. Agregat 0-1 masih tetap bertahan untuk keunggulan Bilbao. 

2. Drama terjadi di babak kedua

Meskipun Kalah di Leg 2, Athletic Bilbao Raih Tiket Final Copa del Reymalaymail.com

Belum terciptanya gol di babak pertama membuat babak kedua menjadi lebih seru. Granada yang masih tertinggal agregat mencoba menjebol gawang Bilbao. Usaha Granada membuahkan hasil pada menit 48 melalui Carlos Fernandes. Berhasil mencetak gol, Granada semakin menggebu-gebu memburu gol kedua.

Pada menit 76, gawang Bilbao kembali jebol oleh pemain Granada, German Sanchez. Granada berbalik unggul agregat 2-1 dari Bilbao. Namun di sisa waktu babak kedua, Granada lengah. Bilbao berhasil membuyarkan kemenangan Granada setelah cetak gol pada menit 81 melalui Berchiche. Agregat 2-2, namun gol terakhir Bilbao membuat mereka unggul gol tandang. 

Baca Juga: Libas Granada, Athletic Bilbao Satu Langkah Menuju Final Copa del Rey

3. Bilbao ke final berkat gol tandang

Meskipun Kalah di Leg 2, Athletic Bilbao Raih Tiket Final Copa del Reytwitter.com/AthleticClub

Athletic Bilbao berhak ke final meskipun kalah di leg kedua babak semifinal. Mereka menelan kekalahan 2-1 di kandang Granada. Namun satu gol yang di ciptakan Berchiche di menit akhir sangat berarti untuk Bilbao. Bilbao berhasil mencetak gol saat bermain tandang.

Sementara Granada tak mampu mencetak gol saat leg pertama di kandang Bilbao. Leg pertama berhasil dimenangkan Bilbao dengan unggul satu gol tanpa balas. Dengan demikian, agregat 2-2 dengan Bilbao keluar sebagai pemenang karena unggul gol tandang. 

4. Berpeluang tambah gelar Copa del Rey

Meskipun Kalah di Leg 2, Athletic Bilbao Raih Tiket Final Copa del Reythesportsrush.com

Athletic Bilbao sudah ditunggu Real Sociedad di partai final. Sociedad lebih dulu memastikan lolos usai menghentikan kejutan Mirandes. Athletic Bilbao berpeluang tambah gelar juara Copa del Rey mereka. Real Sociedad bukanlah lawan yang terlalu tangguh bagi Bilbao. Kedua tim level yang setara dalam sepak bola Spanyol.

Dalam sejarah Copa del Rey, Athletic Bilbao adalah tim kedua tersukses. Mereka meraih 23 gelar dan hanya kalah dari Barcelona yang meraih 30 gelar Copa del Rey. Sementara Real Sociedad baru sekali menjadi juara dan 5 kali runner-up. Bilbao sangat berpeluang menambah gelar untuk mengejar perolehan gelar Barcelona. 

5. Mendobrak dominasi dua raksasa

Meskipun Kalah di Leg 2, Athletic Bilbao Raih Tiket Final Copa del Reybarcablaugranes.com

Keberhasilan Athletic Bilbao dan Real Sociedad ke final membuat dominasi Barcelona dan Real Madrid terhenti di Copa del Rey. Mereka membuktikan jika tim Spanyol lain bisa menyaingi dua raksasa tersebut. Apalagi kedua tim yang masuk final berhasil mengalahkan Barcelona dan Real Madrid.

Athletic Bilbao berhasil menyingkirkan Barca di babak perempat final dengan skor 1-0. Sementara Real Sociedad secara mengejutkan menang atas Real Madrid di Santiago Bernabeu dengan skor 3-4. Sociedad menyingkirkan Madrid juga di babak yang sama yaitu perempat final. 

Apakah Athletic Bilbao akan mampu meraih trofi Copa del Rey musim ini dengan mengalahkan Real Sociedad di partai final? 

Baca Juga: 5 Fakta Tersingkirnya Barcelona oleh Athletic Bilbao di Copa Del Rey

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya