Comscore Tracker

5 Pelatih asal Prancis Ini Pernah Melatih Klub Premier League

Beberapa di antara mereka berprestasi

Belum lama ini beredar kabar mantan pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, menjadi calon terkuat menggantikan Ole Gunnar Solskjaer di posisi pelatih Manchester United. Sebelumnya, Zidane keluar dari Real Madrid pada akhir musim 2020/2021. Saat ini, ia berstatus tanpa klub. Kabar tersebut menjadi berita terhangat di dunia sepak bola pekan ini.

Sebelum Zidane, lima pelatih asal Prancis ini pernah membimbing klub asal Premier League dalam karier kepelatihannya. Beberapa di antara mereka pernah mencetak prestasi yang mentereng bersama klub-klub yang dilatihnya.

1. Jacques Santini

5 Pelatih asal Prancis Ini Pernah Melatih Klub Premier LeagueJacques Santini (tengah) bersama rekan-rekannya di stadion. (twitter.com/thfcnostalgia)

Mantan pelatih tim nasional Prancis ini pernah melatih klub Premier League, Tottenham Hotspur, usai ajang Euro 2004. Ketika itu, Jacques Santini hanya bertahan selama 3 bulan, yakni pada Agustus—November 2004.

Rentetan hasil kurang memuaskan membuat Jacques Santini terpaksa keluar dari Tottenham Hotspur. Ia kembali melatih setahun setelahnya bersama klub Prancis, AJ Auxerre.

Kiprahnya saat melatih sebenarnya sudah tidak diragukan lagi. Ia berhasil membawa klub Prancis lainnya, Olympique Lyon, menjuarai Division 1 (kini Ligue 1) 2001/2002 serta membawa timnas Prancis menjuarai Piala Konfederasi 2003.

2. Remi Garde

5 Pelatih asal Prancis Ini Pernah Melatih Klub Premier LeagueRemi Garde saat melatih klub asal Kanada di kompetisi MLS, Montreal Impact. (twitter.com/Remi_Garde)

Pelatih asal Prancis yang satu ini sebelumnya sempat melatih klub Premier League, Aston Villa, pada 2015/2016. Serupa dengan Jacques Santini, Remi Garde juga melatih klub Premier League sebentar saja, yakni selama 5 bulan pada November—Maret 2016.

Ketika itu, Aston Villa terseok-seok di ajang Premier League dan berada di zona degradasi. Saat ini, Remi Garde sendiri tidak melatih klub mana pun. Ia terakhir kali tampak bersama klub asal Kanada yang berkompetisi di MLS, Montreal Impact.

Baca Juga: 8 Pelatih asal Prancis yang Pernah Menangani Klub Premier League

3. Claude Puel

5 Pelatih asal Prancis Ini Pernah Melatih Klub Premier LeagueClaude Puel saat melatih klub Premier League, Leicester City. (twitter.com/LCFC)

Nama Claude Puel menjadi salah satu pelatih yang masuk dalam jajaran ini. Claude Puel sempat melatih dua klub Premier League, yakni Southampton dan Leicester City.

Bersama Southampton, ia hanya melatih selama semusim pada 2016/2017. Sedangkan, Leicester City memulai petualangan bersamanya pada 2017—2019.

Sebelumnya, Claude Puel sukses mengantarkan Southampton meraih posisi runner-up di kompetisi Carabao Cup 2016/2017. Untuk saat ini, Claude Puel menangani klub Prancis, Saint-Etienne, sejak Oktober 2019 lalu.

4. Gerard Houllier

5 Pelatih asal Prancis Ini Pernah Melatih Klub Premier LeagueGerard Houllier mengangkat trofi UEFA Cup untuk Liverpool pada 2000/2001. (twitter.com/LFC)

Gerard Houllier menjadi salah satu pelatih asal Prancis tersukses kala menangani klub Premier League. Kala itu, ia melatih dua klub di kompetisi tersebut, yakni Liverpool dan Aston Villa. Petualangannya di Inggris berawal dari Juli 1998 saat mengasuh Liverpool.

Gerard Houllier bertahan di Liverpool hingga Mei 2004 sebelum diganti Rafael Benitez. Prestasinya bersama Liverpool, di antaranya adalah 1 gelar FA Cup, 2 gelar Carabao Cup, 1 gelar Community Shield, 1 gelar UEFA Cup (kini UEFA Europa League), dan 1 gelar UEFA Super Cup.

Beberapa tahun kemudian, Gerard Houlier kembali ke Premier League dengan mengasuh Aston Villa pada 2010/2011. Sayangnya, ia hanya bertahan hingga akhir musim tersebut. Gerard Houllier meninggal dunia pada 14 Desember 2020 lalu pada usia 73 tahun.

5. Arsene Wenger

5 Pelatih asal Prancis Ini Pernah Melatih Klub Premier LeagueArsene Wenger saat melatih klub Premier League, Arsenal. (arsenal.com)

Siapa yang tidak kenal dengan sosok pelatih asal Prancis satu ini? Arsene Wenger memulai petualangannya bersama klub Premier League, Arsenal, sejak pertengahan 1996/1997. Namun, ia mundur dari kursi kepelatihan pada 2018. Keberhasilannya melatih Arsenal selama 20 tahun lebih tak lepas dari berbagai prestasi yang telah ditorehkannya.

Prestasi tersebut, di antaranya adalah 3 gelar Premier League, 7 gelar FA Cup, dan 7 gelar Community Shield. Tak sampai di situ, Arsene Wenger juga pernah membawa Arsenal mencapai babak final UEFA Champions League 2005/2006, meski harus puas meraih runner-up saat itu. Sejak keluar dari Arsenal, Arsene Wenger tidak melatih klub mana pun hingga saat ini.

Nama-nama pelatih asal Prancis yang pernah melatih klub-klub Premier League cukup pamor hingga saat ini. Akankah Zidane menjadi pelatih asal Prancis kesekian di kompetisi tersebut?

Baca Juga: 8 Pelatih yang Juara Liga sebagai Pemain dan Pelatih di Klub yang Sama

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya