5 Bek Kanan Veteran yang Masih Berpartisipasi di Piala Dunia 2022

Ada yang sering bermain di ajang Piala Dunia

Piala Dunia 2022 ini banyak mempertontonkan kehebatan para pesepak bola ketika di lapangan. Salah satu posisi yang menjadi sorotan penggemar adalah bek kanan. Era sepak bola modern saat ini membuat pemain dengan posisi tersebut mempunyai tugas untuk mengamankan pertahanan sekaligus membantu penyerangan tim.

Ada beberapa pemain veteran dengan posisi bek kanan masih dipanggil oleh negaranya untuk berangkat ke Piala Dunia 2022. Pengalaman serta kemampuan para pesepak bola yang sudah berumur ini bisa membantu performa Timnasnya selama di ajang bergengsi antarnegara yang berlangsung di Qatar.

Siapa saja bek kanan veteran yang masih mendapat kesempatan untuk berangkat ke Piala Dunia 2022? Cek ulasan di bawah ini ya.

1. Dani Alves (39 tahun, Brasil)

5 Bek Kanan Veteran yang Masih Berpartisipasi di Piala Dunia 2022Dani Alves (twitter.com/CBF_Futebol)

Dani Alves merupakan bek kanan veteran yang sudah lama bertualang di kancah sepak bola Eropa dan pernah bermain untuk beberapa tim besar. Saat ini, ia memilih untuk berkarier di Meksiko dengan membela UNAM Pumas. Meski sudah berusia 39 tahun, sejauh ini dirinya masih sering bermain sebagai pemain utama dan sudah berkontribusi memberikan beberapa assist untuk tim pada 2022/2023.

Pemain kelahiran Juazeiro ini sering tampil reguler bersama UNAM Pumas sehingga masih dipanggil oleh Tite untuk bergabung dengan Timnas Brasil di Piala Dunia 2022. Ajang tersebut bukan yang pertama dalam kariernya. Dani Alves sudah membuat 125 caps dan menyumbang 8 gol untuk negara berjuluk Selecao ini. Sejauh ini, ia menjadi pemain cadangan di kejuaraan bergengsi antarnegara tersebut.

2. Denis Odoi (34 tahun, Ghana)

https://www.youtube.com/embed/BchvE4tS0aw

Denis Odoi adalah bek kanan asal Ghana yang berkarier di Belgia dengan membela Club Brugge. Dirinya didatangkan pada bursa transfer musim dingin 2022 dari Fulham FC. Pada 2022/2023, pemain 34 tahun ini sering tampil di skuat utama untuk kompetisi domestik dan juga Eropa.

Penampilan Denis Odoi bersama Club Brugge ternyata membuatnya dipanggil oleh Timnas Ghana di Piala Dunia 2022. Dirinya sudah membela skuat Black Stars ini sejak 2022 dan membuat 5 caps. Ia juga sudah merasakan atmosfer dengan tampil membela Timnasnya di kompetisi paling bergengsi antarnegara tersebut.

Baca Juga: 5 Peserta Piala Dunia 2022 dengan Pengalaman Minim di Piala Dunia

3. Cesar Azpilicueta (33 tahun, Spanyol)

5 Bek Kanan Veteran yang Masih Berpartisipasi di Piala Dunia 2022Cesar Azpilicueta (twitter.com/CesarAzpi)

Cesar Azpilicueta adalah bek kanan yang menjadi kapten dari Chelsea. Dirinya sudah bermain untuk tim asal London Barat tersebut sejak 2012. Ia ikut mengantarkan The Blues menjuarai berbagai kompetisi domestik dan juga Eropa. Pada 2022/2023, pemain asal Spanyol ini masih sering dipercaya untuk menjaga lini pertahanan klub.

Bek kanan kelahiran Pamplona ini ternyata masih dipanggil oleh Luis Enrique untuk bergabung dengan Timnas Spanyol yang berangkat ke Piala Dunia 2022. Ajang tersebut menjadi yang ketiga dalam kariernya. Azpilicueta sudah mencatat 43 caps dan membuat 1 gol untuk La Furia Roja. Dirinya juga sudah diturunkan untuk membela negaranya saat di Qatar.

4. Kim Tae-Hwan (33 tahun, Korea Selatan)

5 Bek Kanan Veteran yang Masih Berpartisipasi di Piala Dunia 2022Tae-Hwan Kim (instagram.com/holichwan)

Kim Tae-Hwan merupakan bek kanan yang berasal dari Korea Selatan. Pemain 33 tahun ini sekarang bermain untuk Ulsan Hyundai. Dirinya sudah mempersembahkan gelar domestik dan juga tingkat Asia bagi klub berjuluk Tigers tersebut. 

Kemampuan dan pengalaman Kim Tae-Hwan ternyata masih dibutuhkan oleh Timnas Korea Selatan untuk berkompetisi di Piala Dunia 2022. Dirinya debut pertama kali pada 2014 dan sudah membuat 19 caps untuk Taeguk Warriors. Pemain kelahiran Gwangju ini masih belum mendapat kesempatan dan hanya duduk di bangku cadangan pada gelaran bergengsi antarnegara tersebut.

5. Chris Gunter (33 tahun, Wales)

https://www.youtube.com/embed/QD2M56PBkYA

Chris Gunter adalah bek kanan yang didatangkan AFC Wimbledon pada bursa transfer musim panas 2022 dari Charlton Athletic. Pemain 33 tahun ini hanya dikontrak hingga 2023 mendatang. Pada 2022/2023, dirinya langsung masuk ke tim utama dan sering main untuk menjaga pertahanan klub asal London ini.

Meski berada di divisi kedua Inggris, Chris Gunter ternyata masih dilirik oleh Timnas Wales untuk berangkat ke Piala Dunia 2022. Ia sudah membela negara berjuluk Red Dragons ini sejak 2007 dan menorehkan 109 caps. Dirinya belum sekalipun tampil dan hanya menghuni bangku cadangan saat di Qatar.

Kelima bek kanan veteran di atas masih dipanggil oleh negaranya masing-masing untuk berangkat ke Piala Dunia 2022. Mereka bisa berfungsi sebagai seorang mentor untuk para penggawa muda agar bisa tampil semangat saat di lapangan. Menurut kalian dari pesepak bola di atas siapakah yang paling mencuri perhatian saat di Qatar?

Baca Juga: 5 Debutan Termuda Timnas Prancis di Piala Dunia, Camavinga Terbaru

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya