Profil Kurnia Meiga, Eks Kiper Timnas Jual Emping di TikTok

Mantan kiper dengan segudang prestasi

Mantan kiper timnas Indonesia, Kurnia Meiga Hermansyah kembali mendapat sorotan setelah berjualan emping dan rengginang mentah di akun TikTok miliknya, @kurniameiga_1. Sebelumnya, mantan pemain Arema ini juga pernah menjual medali dan atribut sepak bola untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Padahal semasa masih aktif bermain bola, Kurnia Meiga menjadi pemain penting di Arema dan timnas Indonesia. Dia juga pernah mendapat penghargaan pemain terbaik Liga Super Indonesia pada 2009/10.

Lantas, bagaimana sepak terjang dan profil Kurnia Meiga? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Menimba ilmu di sekolah khusus olahraga

Profil Kurnia Meiga, Eks Kiper Timnas Jual Emping di TikTokKurnia Meiga, mantan kiper Arema dengan nomor punggung 1. (instagram.com/egahermansyah)

Kurnia Meiga Hermansyah lahir di Jakarta pada 4 Mei 1990. Pemain setinggi 187 cm ini mengawali karier sepak bolanya dengan bergabung ke Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan pada 2006.

Setahun berikutnya, Kurnia Meiga pindah ke Persijap Youth dan menimba ilmu selama setahun. Kemudian pada 2008/09, Kurnia Meiga resmi direkrut oleh Arema.

Dia memperkuat skuad Singo Edan sepanjang karier sepak bolanya tanpa pernah pindah ke klub lain. Bahkan hingga memutuskan istirahat karier pada 2019 hingga saat ini, Arema-lah yang menjadi klub terakhirnya.

2. Menyala bersama Arema

Profil Kurnia Meiga, Eks Kiper Timnas Jual Emping di TikTokilustrasi Kurnia Meiga (instagram.com/egahermansyah)

Kurnia Meiga pertama kali memperkuat Arema pada liga Indonesia musim 2008/09. Saat itu, dia bergabung bersama kakaknya, Achmad Kurniawan yang juga menjadi kiper Arema.

Seiring waktu, Kurnia Meiga sukses tampil cemerlang bersama timnas Indonesia. Dia pun didapuk sebagai kiper utama Arema setelah Markus Horison hijrah ke Persib Bandung.

Pada Indonesia Super League (ISL) 2009/10, Kurnia Meiga bahkan meraih penghargaan pemain terbaik. Sebagai kiper, dia mengalahkan nominasi lainnya seperti Christian Gonzales, Aldo Bareto, dan Ricardo Salampessy.

Kurnia Meiga juga sukses membawa Arema finish di peringkat dua ISL musim 2010/11, Runner-up Piala Indonesia 2010, Runner-up ISL 2013, dan Juara Inter Island Cup 2014.

Saat kompetisi sepak bola Indonesia berbenah, Kurnia Meiga sempat menjalani trial bersama Gamba Osaka, klub liga utama Jepang. Namun, dia akhirnya tetap memilih bermain di Indonesia dengan membela Arema Cronus.

3. Unjuk gigi bersama timnas

Profil Kurnia Meiga, Eks Kiper Timnas Jual Emping di TikTokKurnia Meiga (instagram.com/egahermansyah)

Kurnia Meiga mulai dipercaya membela timnas Indonesia sejak 2007. Saat itu, dia terpilih sebagai kiper timnas Indonesia U19. Setahun berikutnya, Kurnia Meiga kembali terpilih untuk membela timnas U21 dan U23 di bawah pelatih Rahmad Darmawan.

Selang waktu beberapa tahun, Kurnia Meiga kembali dipanggil untuk menjadi kiper utama timnas Indonesia pada Piala AFF 2016. Saat itu, dia didampingi kiper cadangan, yaitu Andritany dan Teja Paku Alam.

Kurnia Meiga pernah mengantarkan timnas menjadi runner-up Piala AFF 2010 dan runner-up SEA Games 2011 dan 2013.

Baca Juga: Kurnia Meiga, Sakit Mata dan Potensinya Comeback

4. Alami gangguan penglihatan

Profil Kurnia Meiga, Eks Kiper Timnas Jual Emping di TikTokKurnia Meiga (youtube.com/sport77)

Pada 2017, Kurnia Meiga mengalami gangguan penglihatan yang membuatnya lebih sering menepi dari lapangan. Gangguan ini mengakibatkan kemampuan penglihatan mata kanannya hanya sekitar lima persen.

Dalam wawancara Kurnia Meiga bersama Grace Tahir yang tayang pada 11 Agustus 2023, dia menjelaskan bahwa dokter selama ini hanya mengatakan gangguan yang dialaminya adalah penyakit langka, tapi tidak disebutkan namanya. Dia baru mengetahui kalau penyakit yang menyerangnya adalah papiledema.

Papiledema merupakan gangguan penglihatan karena pembengkakan saraf optik mata. Penyebabnya bisa beragam, seperti pendarahan dalam otak, cedera di kepala, tekanan darah tinggi, meningitis, dan sebagainya.

5. Jual medali hingga emping di TikTok

Profil Kurnia Meiga, Eks Kiper Timnas Jual Emping di TikTokKurnia Meiga (tiktok.com/kurniameiga_1)

Pada Mei 2023 atau sekitar enam tahun sejak mengalami gangguan mata, Kurnia Meiga mendapat sorotan karena keputusannya menjual medali dan atribut sepak bola yang pernah dipakai saat masih aktif bermain. Ia terpaksa menjualnya untuk memenuhi kebutuhan keluarga di tengah kondisi ekonominya yang kurang baik.

Baru-baru ini, Kurnia Meiga kembali disorot warganet setelah berjualan emping dan rengginang mentah di akun TikTok pribadinya, @kurniameiga_1 dengan sistem pre order. Terlihat bungkus emping dan rengginang yang dijual menggunakan stiker bertuliskan 1KM, yaitu diambil dari nomor punggung dan inisial namanya.

Demikianlah profil Kurnia Meiga, mantan kiper timnas Indonesia dan Arema yang menderita penyakit papiledema sehingga harus gantung sepatu.

Baca Juga: Profil Sandy Walsh, Bek Naturalisasi Timnas Kelahiran Belgia

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya